Resep dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Patin Tempoyak Pedas

Pepes ikan patin tempoyak merupakan makanan khas yang berasal dari daerah kota jambi.

Mengapa?, Ikan yang dipilih adalah ikan patin karena memiliki tekstur dagingnya yang lembut, enak dan juga nikmat selain itu ikan patin memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Untuk membuat masakan pepes ikan patin ini masih menggunakan bahan bumbu-bumbu tradisional.

Selanjutnya adalah tempoyak, yang merupakan bahan dasar dari durian yang diambil dagingnya, kemudian disimpan  atau dimasukan kedalam wadah yang baik dan bersih seperti toples agar harumnya durian tidak hilang, kemudian diberi garam dan gula secukupnya, dan yang paling unik adalah sebelum ditutup ada satu kebiasaan bahwa harus menamcapkan satu buah cabai di atas daging durian tersebut kemudian ditutup, lalu didiamkan selama tiga sampai empat hari dan bahkan bisa satu minggu. Semakin lama tempoyak disimpan pada wadah semakin enak rasanya. Jadi tempoyak itu merupakan pregmentasi dari buah durian. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat masakan pepes ikan patin tempoyak pedas ini, simak ulasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Patin Tempoyak Pedas

Review

4.9 review 92

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan pepes ikan tempoyak pedas

Bahan Utama :

  • Ikan patin 1 Kg
  • Daun pisang secukupnya
  • 30 cm Bambu hijau dibelah dua bagian (diusahakan bamboo hijau namun tua)
  • Tusuk gigi secukupnya

Bahan Bumbu :

  • 3 sendok makan tempoyak
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 biji rawit atau ( 5 cabe merah )
  • 1 ruas kunyit
  • 1 tangkai serai
  • Gula putih secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat Masakan pepes ikan patin tempoyak pedas

Cara membuat :

  1. Yang pertama adalah mengulek bawang putih, kemudian tambahkan bawang merah, kemudian garam, tambahkan pula gula sedikit, lalu cabe merah ( bias menggunakan cabe rawit) ulek hingga halus, lalu tambahkan pula serai di memarkan agar aroma bumbu wangi.
  2. Selanjutnya adalah menambahkan tempoyak pada ulekan yang berisi bumbu halus, kemudian ulek tempoyak bersama dengan bumbu halus, hingga tercampur rata.
  3. Setelah itu siapkan daun pisang sekitar 2 lapis, kemudian bahan bumbu sedikit diolesi pada daun pisang, kemudian ikan patin disimpan pada daun pisang, selanjutnya ikan patin di balut dengan bahan bumbu halus hingga rata.
  4. Setelah selesai bungkus ikan patin kemudian pada ujung daun pisang tusukan tusuk gigi pada kedua ujung daun pisang tersebut.
  5. Selanjutnya ikan patin yang sudah terbungkus dengan daun pisang di kukus kurang lebih 15 menit. Kemudian angkat.
  6. Setelah itu ikan patin yang dikukus tadi lalu ikatkan pada bambu, fungsi bambu sendiri agar memudahkan untuk membolak-balikan pada saat memanggangnya dan juga mampu bembuat masakan menjadi harum. Panggang pepes ikan patin menggunakan api yang sedang sekitar 10 menit. Kemudian angkat.
  7. Selanjutnya buka ikatan bambu dan juga tusukan giginya.
  8. Masakan Pepes Ikan Patin Tempoyak  Pedas, Siap disajikan

Demikianlah Resep Dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Patin Tempoyak nan Pedas yang bisa anda coba dirumah. Membuat masakan pepes ikan dengan cara yang sederhana, unik  dan sangat tradisional ini tentunya memiliki rasa yang benar-benar lezat. Kenapa demikian karena membuat masakan pepes ikan tempoyak ini ada beberapa tahapan seperti dikukus lalu kemudian dibakar yang membuat masakan pepes ikan patin ini sangat lezat kala disantap. Jadikan masakan pepes ikan tempyak nan pedas ini sebagai koleksi menu harian anda.

Berikut adalah video membuat pepes ikan patin tempoyak

Jangan lupa juga bagikan Resep Dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Patin Tempoyak Pedas ini agar teman dan keluarga anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda