Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Nangka yang Lembut Harum dan Lezat

Lezatnya sajian kue pukis nangka akan menghiasi seisi ruangan.

Ketika hidangan ini matang, aromanya akan tercium lezat dan nikmat sehingga menggoda anda untuk segera mencicipinya. Nah, agar anda bisa membuat hidangan ini dirumah mari simak resep mudahnya dibawah ini.

pukis-nangka.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Nangka yang Lembut Harum dan Lezat

Review

4.8 review 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Pukis Nangka yang Lembut Harum dan Lezat

Bahan-Bahan Kue:

  • 300 gram tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 250 gram gula pasir
  • 300 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 sendok makan margarin leleh

Bahan Biang Kue:

  • 1 sendok makan ragi instan
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 ml air

Bahan Topping:

  • Secukupnya buah nangka

Cara Membuat Kue Pukis Nangka yang Lembut Harum dan Lezat

Cara Persiapan:

  1. Untuk kali ini kita akan persiapkan bahan utama untuk topping kali ini, yakni buah nangkanya. Untuk mempersiapkan bahan ini dapat dilakukan dengan memisahkan buah nangka dengan biji berikut dengan serat-serat atau jerami yang ada pada buahnya.
  2. Setelah itu, silahkan potong-potong buah nangka dengan menggunakan pisau secara merata. Anda bisa memotongnya dengan bentuk kotak-kotak kecil dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan menyiapkan sebuah panci diatas kompor dan gunakan api yang kecil. Lalu tuangkan santan kelapa kedalamnya. Aduk-aduk dengan perlahan dengan satu arah dan rebus bahan ini sampai mendidih secara merata. Mengaduk santan selama proses perebusan akan menghindari santan dari resiko pecah yang membuat santan tidak terlihat cantik dan mengurangi rasanya.
  4. Kemudian olesi cetakan pukis dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dilakukan agar pada saat memasak adonan pukis, kue tidak sulit untuk dikeluarkan atau lengket pada cetakan. Untuk itu, pastikan bila anda melumuri bagian permukaannya dengan merata.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat hidangan adonan kali ini kita akan racik terlebih dahulu bahan biang untuk adonan. Caranya adalah dengan melarutkan ragi instan bersama dengan air hangat dan tambahkan terigu kedalamnya. Aduk dengan cepat dan pastikan ragi instan larut bersama dengan air hangat. Setelah selesai, angkat dan sisihkan sementara.
  2. Nah, setelah selesai lanjutkan dengan mengocok telur bersama dengan vanili bubuk dan juga gula pasir dengan mengggunakan mesin mixer. Aduk bahan ini sampai mengental secara merata.
  3. Tuangkan margarin kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semuanya merata. Tuangkan santan dan lagi, aduk-aduk semuanya secara merata.
  4. Masukkan bahan biang kedalamnya dan aduk-aduk kembali dengan menggunakan kecepatan sedang pada mesin mixer. Setelah itu, diamkan bahan ini selama kurang lebih 1 jam sampai mengembang.
  5. Panaskan cetakan pukis dan tunggu sementara sampai benar-benar panas. Baru setelah itu, tuangkan adonan kedalamnya sampai hampir penuh. Tutupi dan masak terlebih dahulu bahan ini sampai setengah matang.
  6. Buka penutup dan masukkan potongan nangka dibagian atasnya secara merata. Masak kembali sampai matang secara merata.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menyajikan hidangan ini dalam piring saji untuk dicicipi.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat