Resep dan Cara Membuat Dorayaki Mini Praktis yang Sederhana dan Enak

Nikmati sajian lezat dari hidangan kue dorayaki. Sajian kue ini pada mulanya berasal dari Jepang, hanya saja kepopulerannya dibawa oleh salah satu tayangan kartun Jepang yang cukup terkenal di Tanah air yakni film Doraemon dimana si karakter robot kucing ini senang sekali dengan sajian kue yang satu ini.

Nah, untuk anda yang ingin membuat sendiri hidangan kue dorayaki mini yang praktis dan enak. Tak perlu khawatir berikut ini kami berikan beberapa tips dan resep yang akan memandu anda melakukannya. Simak resepnya dibawah ini.

dorayaki-mini.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dorayaki Mini Praktis yang Sederhana dan Enak

4.7 543

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dorayaki Mini Praktis yang Sederhana dan Enak

Bahan-Bahan Kulit:

  • 100 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 50 gram tepung gula
  • 60 ml susu cair

Bahan Isian:

  • 50 gram kacang merah
  • 1 lembar daun pandan
  • 125 ml santan
  • 30 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan margarin

Cara Membuat Dorayaki Mini Praktis yang Sederhana dan Enak

Cara Membuat Bahan Isian:

  1. Untuk yang pertama kita akan persiapkan bahan isian untuk resep kali ini. Adapun untuk membuat sajian kali ini dapat dilakukan dengan menyiapkan santan kelapa. Untuk mendapatkan ukuran 125 ml ini, santan kelapa bisa anda olah dari seperempat butir kelapa yang dicampurkan dengan air. Bila sudah selesai, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkannya dengan bahan-bahan yang lain.
  2. Setelah selesai dengan bahan diatas, lanjutkan dengan membersihkan kacang merah dengan mencucinya menggunakan air bersih. Ayak-ayak sampai semua bahan ini bersih dari kotoran secara merata.
  3. Bila sudah selesai, siapkan air dalam panci dan masukkan kacang merah kedalamnya. Rebus bahan ini secara merata sampai empuk dan merata.
  4. Bila sudah empuk, angkat dan kita akan masak bahan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya. Siapkan wajan diatas kompor dan gunakan api yang sedang.
  5. Lalu tuangkan gula merah bersama dengan santan, daun pandan, garam dan kacang merah yang sudah anda rebus. Aduk-aduk semua bahan ini sampai merata secara keseluruhan.
  6. Kemudian tambahkan dengan menggunakan margarin dan aduk merata sampai semua bahan ini menjadi lebih licin secara merata. Angkat sajian ini dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan Kulit:

  1. Untuk membuat sajian kali ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengaduk rata tepung terigu bersama dengan gula dan juga soda kue. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur.
  2. Selanjutnya silahkan masukkan campuran telur bersama dengan susu kedalam sajian ini. Lalu campurkan secara merata sambil diaduk-aduk sampai semuanya tercampur.
  3. Siapkan wajan dan ambil cetakan bula kecil yang sudah dilumuri dengan menggunakan margarin secara merata. Panaskan diatas kompor dan gunakan api yang sedang.
  4. Tuangkan adonan kedalamnya dan masak sampai matang. Jangan lupa balikan bagian bawahnya agar tidak gosong.
  5. Lakukan hal ini pada adonan yang masih tersisa untuk kemudian masak semuanya sampai matang dan mengembang.
  6. Ambil satu bagian dorayaki dan olesi dengan menggunakan bahan isian ditengahnya. Lumuri secara merata dan tutupi dengan bagian lainnya.

Kini sajian dorayaki mini sudah dapat anda nikmati bersama dengan keluarga tercinta.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons