Tips Penting Ketika Membeli dan Memilih Cumi Segar

Seafood merupakan makanan yang digemari banyak orang dan terbilang istimewa karena semua jenis bahan makanan yang berasal dari laut dkenal memiliki rasa yang spesial.

Nah, ketika memasak seafood anda jangan hanya fokus pada masakan yang akan dihasilkan. Anda juga harus memperhatikan ketika memilih atau membeli seafod di pasar, karena saat ini banyak sekali bahan makanan dari laut tidak dalam keadaan segar, salah satunya yaitu cumi.

Cumi merupakan salah satu seafood yang bisa diolah dan menghasilkan menu makanan yang lezat dan spesial. Cumi bisa diolah menjadi menu apapun dengan bumbu yang beragam. Namun, di sisi lain memilih cumi tidaklah mudah. Karena membedakan cumi yang masih segar dan sudah lama membutuhkan ketelatenan.

Ketika memilih cumi ada hal yang harus benar-benar diperhatikan agar tidak salah pilih ketika membelinya. Anda harus mengetahui tips memilih cumi yang segar agar menghasilkan makanan yang sehat dan bergizi. Di bawah ini tips penting membeli atau memilih cumi segar.

7.TIPS MEMILIH CUMI

  1. Ketika memilih cumi, pastikan anda memilih cumi yang masih segar. Yang mana cumi segar bisa anda lihat dari penampilannya. Disarankan anda memilih cumi dengan warna kulit yang masih putih, serta terdapat bercak cokelat kemerahan. Pastikan juga anda memilih cumi yag tidak ada robekan. Perlu anda ketahui, cumi yang sudah lama memiliki kulit berwarna merah muda, serta dagingnya berwarna kuning.
  2. Selain melihat dari kulitnya, cumi yang masih dalam keadaan segar juga bisa anda lihat dari matanya. Yang mana mata cumi yang berwarna bening tandanya cumi tersebut masih segar. Selain itu, kepalanya masih melekat dan kulit arinya memiliki warna putih bening. Apabila anda melihat cumi yang kulit arinya sudah berubah warna menjadi keunguan, maka anda jangan memilih cumi tersebut. Karena cumi seperti itu sudah tidak segar dan kualitasnya sudah berkurang.
  3. Cumi segar tidak mengeluarkan aroma amis. Ketika memilih cumi maka disarankan anda mencium baunya terlebih dahulu. Cumi yang masih segar memiliki aroma yang khas seperti air laut, serta tidak menyengat.
  4. Apabila anda ingin memasaknya dalam waktu yang cepat dan tidak terlalu lama, maka anda bisa memilih cumi berukuran kecil. Karena cumi besar memerlukan waktu lama agar cepat matang.
  5. Setelah mendapatkan cumi yang akan anda olah, maka segeralah untuk membersihkan cumi tersebut. Namun, jika anda tidak akan langsung mengolahnya, anda bisa menyimpannya terlebih dahulu di dalam kulkas. Batas waktu maksimal penyimpanan cumi di dalam kulkas yaitu sekitar 2 hari. Anda juga bisa menyimpan cumi di dalam freezer dengan suhu di bawah 18 derajat Celcius, yang mana penyimpanan dengan cara ini akan membuat cumi tahan sampai 2 bulan.
  6. Jika anda menyimpan cumi tersebut di dalam plastik, maka sebaiknya anda menyimpannya di dalam plastik tebal. Pastikan jika plastik yang digunakan untuk memilih cumi tersebut tidak ada jalan masuknya udara. Agar cumi tidak busuk, maka anda bisa menutup rapat cumi tersebut.
  7. Apabila di pasar terdekat tidak menyediakan cumi segar, maka anda bisa memlih cumi dalam keadaan beku.

Cumi yang sudah anda beli tersebut bisa langsung diolah menjadi menu yang nikmat. Jika tidak, pastikan anda menyimpannya dengan benar. Demikian tips memilih cumi segar. Semoga bermanfaat.

Share tips ini kepada teman atau sahabat anda. Berikan saran dan komentar pada kolom di bawah.

Loading...