Resep dan Cara Membuat Puding Coklat Ketan Hitam yang Lezat

Hidangan puding sebagai makanan penutup merupakan sajian yang sangat lezat.

Jika biasanya anda mendapatkan puding dengan cara membeli. Sekarang anda tidak perlu lagi pergi jauh-jauh untuk mendapatkannya, karena kini kami akan berbagi makanan penutup berupa puding. Puding kali ini berbeda dari sebelumnya, jika anda menemukan puding coklat saja sekarang anda bisa mengkonsumsi puding coklat berpadu ketan hitam sehingga menjadikan makanan kali ini lebih istimewa.

Mungkin sebagian besar dari anda belum mengetahui dan merasa awam mendengar puding ketan hitam ini, namun setelah menyimak artikel ini anda akan mengetahuinya dan akan segera membuatnya sendiri dirumah untuk disajikan ditengah keluarga anda. Sudah tidak sabar lagi ingin membuatnya? Yuk langsung saja simak resep dan cara membuat puding coklat ketan hitam yang lezat dan spesial.

puding coklat ketan hitam

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Puding Coklat Ketan Hitam yang Lezat

Review

4.7 review 326

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat puding coklat ketan hitam

  • 1 sachet nutrijel coklat
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 ons ketan hitam
  • 7 sendok makan susu kental manis
  • 900 ml air putih matang
  • Vla instan nutrijel

Cara Mempersiapkan Bahan-Bahan:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan-bahan. Hal ini penting sekali karena bahan-bahan ini adalah bahan yang akan anda gunakan untuk membuat sajian ini.
  2. Untuk bahan pertama adalah agar nutrijel coklat, bahan yang satu ini bisa anda dapatkan di supermarket. Akan tetapi, biasanya terdapat dua jenis agar yakni yang dijual dalam kemasan kecil dan kemasan besar. Nah, agar yang dimaksud disini adalah agar yang dijual pada kemasan besar. Untuk itu, maka pilihlah jenis agar yang satu ini untuk kemudian nantinya porsi yang didapatkan bisa pas.
  3. Selanjutnya untuk ketan hitam. Sama halnya dengan bahan yang diatas, bahan yang satu ini pun bisa anda dapatkan dari supermarket atau penjual beras. Hanya saja, sebiaknya pilihlah jenis beras ketan dengan kualitas yang paling baik agar nasi ketan yang dihasilkan bisa lezat dan nikmat.
  4. Begitupun dengan bahan vla instant. Selain merk nutrijel ada juga merk lain yang menjual vla instant dengan jenis yang mirip. Dengan demikian anda bisa memilih salah satunya.
  5. Sementara untuk bahan sisanya, anda hanya perlu menyisihkan bahan-bahan tersebut untuk kita campur secara langsung pada bahan-bahan lainnya.

Cara untuk membuat puding coklat ketan hitam:

  1. Langkah pertama, siapkan rice cooker. Cuci bersih ketan hitam kemudian masukkan ke dalam rice cooker dan masak. Berikan air agak sedikit banyak supaya ketan hitam menjadi lebih lembut.
  2. Sambil menunggu ketan hitam matang, maka buatlah adonan untuk membuat pudingnya. Masukkan nutrijel rasa coklat, susu kental manis, gula dan air ke dalam panci yang telah anda sediakan. Masak diatas api sedang sambil terus diaduk, supaya bahan adonan puding tidak ada yang menggumpal, aduk sampai mendidih. Kemudian angkat.
  3. Ketan hitam yang sudah matang kemudian masukkan ke dalam cetakan yang anda inginkan. Lalu tambahkan puding diatasnya. Diamkan.
  4. Agar cepat beku masukkan puding ke dalam lemari pendingin. Dinginkan selama beberapa menit.
  5. Setelah itu Keluarkan puding dari lemari pendingin, kemudian sajikan.

Itulah resep puding coklat ketan hitam yang nikmat yang bisa anda hidangkan. Dengan menyajikan hidangan penutup ini maka akan memberikan sensasi yang berbeda pada keluarga anda. Kenikmatan dari puding coklat ketan hitam ini tidak akan mudah untuk dilupakan sebaba rasanya yang memikat dan tingkat kekenyalan yang sangat nikmat.

Jangan lupa bagikan dan berikan komentar anda di kolom komentar dibawah ini. Selamat menikmati dan selamat mencoba!

loading...
loading...