Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Saus Teriyaki

Salah satu varian masakan ikan tuna adalah memasaknya dengan tambahan bumbu saus teriyaki yang tentunya sangat lezat dan nikmat.

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang besar dan hidup di laut, namun demikian ikan tuna ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja karena memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak mengkonsumsi ikan tuna ini baik untuk mencerdaskan otak sang anak. Dengan begitu anda bisa sajikan masakan ikan tuna saus tirayaki pada sang anak, adapun masakan ikan tuna yang cocok untuk anak anda adalah Sup Ikan Tuna Kuah Bening yang tidak kalahnya enak dan lezat dengan masakan ikan tuna lainnya.

Ikan tuna yang kaya akan kandungan gizi serta dagingnya yang putih dan empuk memiliki cita rasa yang lezat kala dimasak. Salah satunya yaitu masakan ikan tuna saus teriyaki dimana ikan tuna ini dilumuri dengan menggunakan bahan dari saus teriyaki yang dibuat sesudah menggoreng ikan tunanya. Untuk menambah kehangatan suasana di keluarga anda sebaiknya mencoba membuat masakan ikan tuna saus teriyaki ini bersama-dengan keluarga tercinta seperti suami ataupun anak anda dikala sedang libur. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat masakan ikan tuna saus teriyaki, yuk kita intip dibawah ini.

ikan tuna saus teriyaki

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Saus Teriyaki

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tuna Saus Teriyaki

Bahan Utama

  • 2 ekor ikan tuna yang segar
  • daun bawang
  • 3 buah tomat ukuran kecil
  • Air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • garam secukupnya
  • jeruk nipis untuk melumuri ikan tuna

Bahan Bumbu

  • Saus teriyaki secukupnya
  • 1 siung bawang putih
  • 1 bawang bombay ukuran kecil dipotong bulat
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap asin
  • 1sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tomat

Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Saus Teriyaki

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah melumuri ikan tuna dengan jeruk nipis dan juga garam, kemudian diamkan sekitar 10 menit, fungsinya dilumuri dengan jeruk npis adalah untuk menghilangkan bau amis ikan tuna.
  2. Selanjutnya adalah menyiapkan wajan kemudian panaskan minyak goreng untuk menggoreng ikan tuna hingga matang dan warnanya kecoklatan, kemudian sisihkan.
  3. Selanjutnya adalah membuat saus teriyaki, siapkan wajan kemudian beri minyak goreng sekitar 2 sdm, setelah panas kemudian tumis bawang bombay dengan menggunakan api kecil, setelah berubah warna tambahkan bawang putih.
  4. Lalu tambahkan tomat yang sudah dipotong-potong kecil
  5. Kemudian tambahkan air secukupnya hingga mendidih
  6. Selanjutnya masukan saus teriyaki, lalu merica bubuk, daun bawang, kecap asin, kecap manis dan juga saus tomat, aduk-aduk sampai matang, setelah itu tambahkan daun bawang, kemudian angkat
  7. Setelah ikan tuna disipkan pada wadah lalu siram ikan tuna dengan bumbu saus tirayaki diatasnya, sehingga terlihat menarik.
  8. Siap disajikan ditambah dengan nasi putih hangat

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Saus Teriyaki yang bis anda coba dirumah. Dengan membuat masakan ikan tuna teriyaki ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Rasa nikmat dan lezat tentunya akan menambah selera anda kala menyantapnya bersama dengan keluarga. Selamat mencoba

Jangan lupa share ya resep dan cara membuat masakan ikan tuna saus teriyaki ini kepada teman, saudara ataupun kerabat tercinta anda, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima kasih

loading...
loading...