Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tape yang Lembut, Enak dan Mudah

    Kue lumpur adalah salah satu makanan khas Indonesia. Kue lumpur terbuat dari tepung terigu bersama dengan campuran bahan-bahan yang lainnya. Kue ini merupakan jajanan yang murah meriah namun nikmat.

    Untuk menghasilkan kue lumpur yang lebih enak dan spesial dari kue lumpur biasanya, maka kita bisa mengkombinasikan bahan dengan bahan  tambahan. Kue lumpur yang ditambahkan tape akan menghasilkan kue yang sangat enak. Tambahan tape akan menjadikan kue ini semakin menggoda. Teksturnya yang lembut akan menyergap mulut dan membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan.

    Resep  kue lumpur tape sangat praktis dan sederhana. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan mudah dan hemat. Cara membuatnya pun mudah sehingga anda tidak akan merasa kesulitan ketika di dapur meskipun anda belum pernah membuatnya sama sekali. Nah, untuk anda yang penasaran dan ingin mencoba membuat kue lumpur tape, anda bisa simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini. ( Lihat juga :  Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Istimewa, Lembut, Sederhana dan Gurih )

    Resep-kue-lumpur-tape.jpg

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tape yang Lembut, Enak dan Mudah

    Review

    4,9 review 879

    Waktu Memasak

    Persiapan: 30 menit

    Memasak : 60 menit

    Total : 90 menit

    Jumlah Porsi

    25 buah

    Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Lumpur Tape yang Lembut, Enak dan Mudah

    • 400 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa
    • 150 gram tape
    • 260 ml air
    • 75 gram margarin
    • 75 gram nangka
    • 130 gram gula pasir
    • 1/4 sendok teh garam
    • 50 gram kismis
    • 160 gram tepung terigu protein sedang
    • 6 butir telur

    Cara Membuat Kue Lumpur Tape yang Lembut, Enak dan Mudah

    Cara Membuat Adonan

    1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan blender. Lalu blender santan bersama dengan  tape hingga benar-benar halus. Jika sudah, silahkan sisihkan terlebih dahulu.
    2. Kemudian, panaskan margarin bersama dengan air sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Jika sudah mendidih, anda bisa langsung mematikan api kompor.
    3. Masukan bahan bahan  yang lainnya seperti gula pasir, tepung terigu dan garam. Aduk merata  dan kembali nyalakan api kompor. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga kalis. Jika sudah seperti itu, anda bisa langsung mengangkat dan mendinginkannya terlebih dahulu.
    4. Masukan telur satu demi satu sambil dikocok hingga merata. Lalu anda bisa menambahkan tape yang sudah diblender sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga merata.  Sisihkan.

    Cara Membuat Kue Lumpur Tape

    1. Siapkan cetakan kue lumpur. Lalu panaskan cetakan kue lumpur tersebut.
    2. Jika cetakan kue lumpur sudah panas, anda bisa menuangkan adonan kue ke dalam cetakan tersebut. Tunggu beberapa saat hingga adonan setengah matang.
    3. Setelah adonan setengah matang, anda bisa menabur nangka yang sebelumnya sudah dipotong kotak kecil dan kismis yang sudah dipotong-potong. Setelah itu, anda bisa menutupnya dan diamkan hingga kue matang sempurna.
    4. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya.
    5. Lakukan langkah  yang  sama hingga semua adonan benar-benar habis.

    Kue lumpur tape sudah selesai dibuat. Anda bisa langsung menyajikannya di tengah-tengah keluarga. Kue lumpur tape  ini akan sangat nikmat jika disantap bersama dengan teh hangat. ( Artikel  lainnya : Aneka Resep Kue Lumpur )

    Itulah resep dan cara membuat kue lumpur tape. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman anda. Terimakasih.