Resep Kue Lumpang

Resep Kue Lumpang – Anda sedang ingin menikmati sajian kue basah yang cukup jarang ditemui? Ya, kue lumpang dapat dijadikan sebagai salah satu jajanan tradisional untuk dibuat di rumah yang rasanya sangat lezat dan proses pembuatannya pun cukup mudah.

Kue lumpang merupakan sajian kue basah yang berasal dari Palembang. Kata lumpang sendiri diambil dari bentukan kuenya yang terlihat seperti lumpang atau wadah untuk menumbuk padi, kopi, atau biji-bijian lain.

Bahan baku utama yang dibutuhkan untuk membuat kue lumpang adalah tepung terigu dan tepung beras yang dicamput dengan santan atau susu dan pandan. Cara membuatnya sangat mudah dimana anda hanya perlu mengukusnya selama beberapa menit.

Cita rasa kue lumpang sendiri terasa manis dan gurih dengan aroma pandan. Teksturnya yang kenyal juga semakin menambah kelezatannya.

Dalam resep ini, kami akan membagikan resep kue lumpang yang sedikit dimodifikasi agar terasa lebih lezat. Tentunya anda dapat dengan mudah membuatnya di rumah.

Yuk kita simak resep kue lumpang di bawah ini!

Resep Kue Lumpang

Kue lumpang merupakan kue khas Palembang dengan cita rasa manis dan gurih yang merupakan perpaduan dari penggunaan gula dan susu atau santan sebagai beberapa bahan utamanya. Tentunya kue yang satu ini dapat mengobati kerinduan anda akan kenikmatan jajanan tradisional atau mungkin anda sedang merasa bosan dengan cemilan yang itu-itu saja. Membuat kue lumpang ternyata cukup mudah lo sehingga anda dapat membuatnya sendiri di rumah tanpa perlu repot.

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, kue lumpang palembang, resep kue lumpang
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

Bahan Utama 1:

  • 250 ml air
  • 80 gram keju parut

Bahan Utama 2:

  • 100 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan Vla Keju:

  • 100 ml susu cair
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 3 lembar keju
  • Larutan maizenna secukupnya

Bahan Topping:

  • 20 gram kelapa parut yang telah dikukus

Langkah-langkah

Proses pembuatan kue lumpang:

  1. Siapkan perlatan untuk membuat tim. Cairkan bahan 1 (keju dan air) hingga tercampur merata.

  2. Siapkan wadah terpisah, campurkan semua bahan 2 kecuali pasta pandan lalu aduk hingga benar-benar merata. Tuangkan campuran keju secara perlahan hingga tercampur rata kemudian tambahkan pasta pandan, aduk kembali semua bahan hingga memiliki teksur yang halus tanpa gerindil atau gelembung.

  3. Siapkan cetakan kue lalu olesi dengan menggunakan margarin. Masukkan adonan sebanyak 3/4 cetakan saja. Kukus selama 25 menit lalu sisihkan.

Proses pembuatan vla keju:

  1. Siapkan perlatan untuk membuat tim. Panaskan susu cair, gula dan keju hingga semua bahan tercampur rata dan keju meleleh. 

  2. Masukkan larutan maizenna ke dalam campuran susu dan keju lalu aduk hingga merata. Setelah adonan terlihat meletup-letup, matikan api lalu sisihkan.

Cara penyajian kue lumpang:

  1. Tata kue lumpang di atas piring tuangkan vla keju diatasnya lalu taburi dengan parutan kelapa.

Kue lumpang diatas tentunya dapat dijadikan sebagai variasi pilihan cemilan terutama saat anda sedang ingin menikmati jajanan tradisional. Cita rasa kue lumpang yang manis sederhana dengan aroma pandan dan tekstur yang kenyal pastinya akan digemari semua orang.

Penggunaan susu sebagai salah satu bahan utama dari resep kue lumpang diatas menjadikannya terasa lebih creamy dan gurih, selain itu anda juga tidak perlu repot menggunakan santan. Terlebih lagi, penambahan vla keju dan taburan kelapa parut sebagai topping semakin memperkaya cita rasa dan teksturnya.

(Baca juga: Resep Donat Krim Korea)

Baca Juga  Resep Onde-Onde Tape Goreng yang Nikmat dan Empuk Serta Cara Membuat yang Mudah dan Praktis

Tinggalkan komentar

Rating Resep