Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Pandan Kukus yang Lezat, Lembut dan Enak

Lezat dan nikmat adalah sajian yang lezat dan empuk.

Hidangkan sajian ini untuk dijadikan kudapan lezat dirumah dan disantap bersama dengan keluarga dirumah. Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian kue bolu sarang semut pandan kukus yang nikmat, maka mari kita simak resepnya dibawah ini.

kua sarang semut pandan kukus

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Pandan Kukus yang Lezat, Lembut dan Enak

Review

4.8 review 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Potong

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Sarang Semut Pandan Kukus yang Lezat, Lembut dan Enak

Bahan-Bahan Kering Membuat Kue:

  • Tepung terigu protein sedang: 150 gram
  • Tepung maizena: 85 gram
  • Gula pasir: 400 gram
  • Garam: 0,25 gram
  • Soda kue: 1 sendok teh

Bahan-Bahan Basah Membuat Kue:

  • Air putih: 400 mililiter
  • Telur ayam: 6 butir
  • Secukupnya pasta pandan
  • Susu kental manis cokelat: 150 gram
  • Margarin: 100 gram
  • Bahan Kucuran
  • Susu kental manis putih
  • Susu kental manis coklat

Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Pandan Kukus yang Lezat, Lembut dan Enak

Tips Mempersiapkan Peralatan dan Bahan-Bahan:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan kue. Beberapa peralatan ini penting untuk anda persiapkan, karena dengan begini anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih nyaman. Nah, adapun beberapa bahan tersebut diantaranya adalah mixer, kukusan, panci, loyang, baskom dan beberapa wadah yang akan digunakan untuk menampung bahan-bahan kue. Untuk itulah, langkah yang satu ini sebaiknya tidak anda lewati.
  2. Setelah selesai mempersiapkan peralatan, lanjutkan dengan mempersiapkan terigu. Caranya, masukkan terigu kedalam wadah penimbang dan ukur dnegan takaran yang pas. Setelah itu, masukkan dalam wadah dan saring dengan menggunakan ayakan. Hal ini dimaksudkan untuk memisahkan partikel kasar dari pastikel halus tepung yang akan kita gunakan. Setelah itu, baru sisihkan sementara.
  3. Bahan selanjtunya adalah margarin, takar margarin dengan ukuran yang sudah ada pada resep. Setelah itu, masukkan margarin dalam wajan untuk kemudian tempatkan diatas kompor dan gunakan api yang kecil sampai margarin meleleh secara merata. Setelah meleleh, angkat sajian ini dan sisihkan sementara agar margarin lebih hangat.
  4. Nah, untuk bahan-bahan sisanya anda hanya perlu menyisihkannya untuk kemudian bahan-bahan tersebut akan kita campurkan secara langsung pada adonan kue dan langsung dicampur secara merata.

Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Pandan Kukus:

  1. Sebelum memulai membuat adonan kue, silahkan olesi loyang terlebih dahulu dengan menggunakan margarin secara merata. Pastikan jika bagian sudut pada loyang bisa diolesi dengan mentega secara merata. Hal ini dimaksudkan agar kue tidak menempel dan lengket pada loyang dan sisihkan sementara.
  2. Selanjutnya, masak gula dalam panci hingga agak gosong dan tuangkan air panas kedalamnya. Lalu masak gula pasir sampai larut dalam air. Setelah itu, angkat sajian ini dan dinginkan sementara.
  3. Dalam baskom, silahkan campurkan telur bersama dengan garam dan kocok dengan menggunakan mixer sampai bahan ini menjadi mengembang dan tercampur merata.
  4. Masukkan satu persatu abahn-bahan kering seperti tepung terigu bersama dengan tepung mazeina, soda kue dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata.
  5. Tuangakn karamel kedalam adonan kue bersama dengan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk-aduk sampai bahan ini tercampur merata. Jangan lupa masukkan susu kental manis agar rasanya lebih lezat. Aduk kembali sampai merata.
  6. Setelah semua bahan diaduk dan dicampur, masukkan adonan ini kedalam loyang untuk kemudian ratakan bagian atasnya dengan menggunakan spatula. Baru setelah itu, siapkan kukusan dan kukus dengan kukusan selama kurang lebih 70 menit. Jangan lupa tutup bagian atasnya dengan tutup panci yang dialasi dengan lap.

Sajikan setelah dingin da matang.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

loading...
loading...