Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Pandan Kukus yang Lembut, Legit dan Enak

Lezat dan legit, itulah kata yang cocok sekali menggambarkan betapa menggodanya sajian ini.

Tak heran, jika sajian kue bolu pandan banyak sekali dijual dipasaran. Kelezatan dan citarasa yang nikmat dari kue ini membuatnya banyak dijadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan dengan peminat yang terus bertambah dari hari ke hari.

Nah, bagi anda yang ingin menyajikan hidangan kue yang satu ini dirumah, tak perlu khawatir. Dengan resep kali ini anda akan dapat membuat sajian kue bolu pandan kukus yang lembut dibawah ini.

kue bolu pandan kukus

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Pandan Kukus yang Lembut, Legit dan Enak

Review

4.7 review 354

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Orang

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Pandan Kukus yang Lembut, Legit dan Enak

Bahan-Bahan Untuk Kue:

  • 120 gram tepung terigu
  • 6 butir telur ayam
  • 120 gram gula pasir
  • Secukupnya buttercream
  • Secukupnya keju
  • 20 gram tepung mazeina
  • 50 ml santan
  • 60 gram margarin
  • 1 sdt pasta pandan
  • 25 gram cokelat bubuk

Cara Membuat Kue Bolu Pandan Kukus yang Lembut, Legit dan Enak

Tips Mempersiapkan Bahan-Bahan:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan mempersiapkan peralatan sebelum anda mempersiapkan bahan-bahan. Hal ini penting sekali karena peralatan ini adalah beberapa peralatan yang akan anda butuhkan. Yang mana peralatan ini sebaiknya anda dekatkan dari jangkauan anda. Karena nantinya, ketika anda sedang membuat adonan apalagi dengan menggunakan mesin pengocok atau mixer, maka akan lebih sulit untuk anda beranjak dari tempat anda membuat adonan tersebut. Peralatan tersebut diantaranya adalah mixer, baskom, mesin penguru bahan kue dan beberapa wadah.
  2. Untuk bahan pertama yang akan dipersiapkan adalah tepung terigu. Silahkan masukkan tepung terigu kedalam wadah ukur kue, lalu ukur dengan takaran yang sudah disesuaikan. Sebaiknya anda tidak mengurangi atau melebihkan ukuran ini agar kualitas kue bisa sesuai dengan keinginan anda.
  3. Selanjutnya, untuk gula pasir masukkan gula kedalam wadah takar dan takar dengan ukuran yang disesuaikan. Lalu sisihkan sementara.
  4. Sementara untuk margarin, silahkan takar margarin dengan ukuran yang sesuai. Setelah itu, panaskan dengan menggunakan teplon atau wajan sampai margarin meleleh atau mencair. Gunakan api yang kecil untuk melakuka hal ini. Setelah mencair, angkat dan sisihkan dalam wadah.
  5. Untuk bahan-bahan lainnya, silahkan sisihkan dan dekatkan dari jangkauan anda.

Cara Membuat Kue Bolu Pandan Kukus:

  1. Olesi terlebih dahulu loyang dengan menggunakan margarin. Hal ini dimaksudkan agar kue tidak lengket ketika dikeluarkan dari kue. Setelah itu, taburkan tepung dibagain atasnya dan usahakan agar tepung ini melapisi bagain mentega padaloyang.
  2. Selanjutnya, siapkan baskom dan mixer, lalu kocok telur bersama dengan gula pasir sampai mengembang dan berwarna puith.
  3. Perlahan masukkan tepung terigu, mazeina dan aduk-aduk merata secara bergantian sampai semua bahan ini tercampur dengan bahan-bahan yag sebelumnya.
  4. Kemudian, masukkan santan bersama dengan gula pasir dan pasta pandan. Aduk-aduk semua bahan sampai adonan menjadi warna hijau dan warnanya tersebar dengan merata. Lalu masukkan mentega cair bersama dengan buttercream dan aduk secara merata.
  5. Setelah semua adonan diaduk merata, sekarang masukkan adonan kedalam wadah dan ratakan bagian atasnya. Jangan lupa tuangkan coklat bubuk untuk kemudian diaduk-aduk secara merata. Terakhir, masukkan parutan keju.
  6. Lalu kukus adonan dalam panci selama kurang lebih 50 menit atau sampai matang secara merata.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian sajian ini akan siap dihidangkan.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

loading...