Resep dan Cara Membuat Cupcake Coklat Tanpa Kuning Telur yang Legit dan Enak

Ingin menyajikan menu jamuan untuk arisan atau kumpul keluarga namun masih bingung dengan jenis makanan apa?

Tak perlu khawatir saat ini ada begitu banyak sumber yang bisa anda gali untuk membuat hidangan yang lezat. Salah satunya adalah resep cupcake coklat tanpa kuning telur kali ini. Sajian ini begitu lezat dan mudah untuk dibuat. Penasaran seperti apa resep membuat hidangan cupcake coklat tanpa kuning telur? Yuk, simak resep mudahnya dibawah ini.

cupcake-tanpa-kuning-telur.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Cupcake Coklat Tanpa Kuning Telur yang Legit dan Enak

Review

4.8 review 876

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Cupcake Coklat Tanpa Kuning Telur yang Legit dan Enak

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 100 gram margarin
  • 75 gram tepung terigu
  • 150 gram cokelat masak pekat
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 25 gram susu bubuk
  • 1/2 sendok teh cream of tartar
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 gram gula pasir
  • 150 gram putih telur

Bahan Hiasan:

  • 50 gram kacang mede, dicincang kasar
  • 150 gram buttercream

Cara Membuat Cupcake Coklat Tanpa Kuning Telur yang Legit dan Enak

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk mengawali langkah kali ini terlebih dahulu silahkan persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat adonan kali ini. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana tanpa harus pergi bulak-balik ke dapur. Adapun peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah mixer, oven, sebuah baskom, sebuah spatula, loyang muffin dan beberapa lembar kertas cupcake. Mengingat cukup pentingnya beberapa peralatan kali ini, maka sebaiknya anda tidak melewatkan langkah kali ini.
  2. Setelah selesai mempersiapkan peralatan, lanjutkan dengan memanaskan oven dibawah suhu 180 derajat. Tekan tombol start pada oven setelah anda mengatur suhu agar panas pada oven bisa mulai menyala.
  3. Bila sudah selesai lanjutkan dengan mempersiapkan loyang dengan menggunakan margarin. Oleskan secara merata hal ini difungsikan agar loyang tidak lengket pada saat anda memasukkan adonan kedalamnya.
  4. Selanjutnya adalah dengan memotong-motong cokelat masak pekat dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat sajian ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu memanaskan margarin dalam wajan. Caranya, masukkan margarin dengan ukuran yang telah ditetapkan dalam resep dan tunggu sampai margarin menjadi meleleh secara merata. Angkat margarin dan tambahkan dengan cokelat masak pekat. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk secara merata.
  2. Tuangkan campuran tepung terigu kedalam baskom bersama dengan suus, cokelat bubuk dan baking powder. Aduk-aduk bahan ini secara merata hinngga mengembang dan tercampur. Setelah itu, sisihkan sementara.
  3. Kocok putih telur bersama dengan garam dan cream of tar-tar sampai setengah mengembang. Tambahkan dengan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok secara merata hingga benar-benar mengembang.
  4. Kemudian masukkan margarin kedalamnya sambil diaduk secara merata sampai tercampur. Gunakan mixer pada kecepatan rendah dan sisihkan sementara.
  5. Setelah semua adonan dimasukkan dan dicampur silahkan tuangkan adonan kedalam loyang yang sudah anda siapkan. Masukkan adonan pada masing-masing loyang sekitar hampir 3/4 penuh.
  6. Selanjutnya adalah masukkan adonan kedalam oven dan panggang selama kurang lebih 25 menit hingga matang merata.
  7. Semprotkan buttercream dengan menggunakan spuit bunga dibagian atasnya dengan merata. Lalu taburkan dengan menggunakan kacang mete.

Setelah selesai sajikan dalam piring saji dan kini hidangan ini siap dinikmat.

Jangan lupa share dan berikan pula komentar anda.

loading...