Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi

Santan merupakan cairan putih yang berasal dari kelapa. Santan biasanya digunakan untuk memasak sayur atau hidangan tertentu. Dengan tambahan santan, hidangan yang dibuat akan terasa lebih enak dan gurih. Santan itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni santan kental, santan cair, santan instan dan lain sebagainya.

Nah, karena begitu pentingnya santan untuk masakan, maka tidak jarang ibu ibu membeli atau membuatnya dalam jumlah yang banyak sebagai stock. Namun,  santan yang disimpan  biasanya cepat basi dan tidak tahan lama meskipun baru disimpan beberapa hari saja.

Tips menyimpan santan yang baik dan benar harus anda ketahui agar santan tetap tahan lama, baik itu santan segar atau santan dalam kemasan. Jika santan tahan lama, anda bisa memakainya kembali dan tidak usah repot-repot untuk membelinya lagi, sehingga anda pun akan lebih hemat. Lantas apa saja tips menyimpan santan kelapa agar awet dan tidak mudah basi? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung pembahasan di bawah ini.

10.TIPS-MENYIMPAN-SANTAN.jpg

Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi

  1. Santan pada dasarnya memiliki umur pendek, yang mana santan segar hanya bisa tahan sekitar 4 hari itupun jika disimpan di dalam kulkas. Apabila santan tidak akan langsung anda olah, maka alangkah lebih baik apabila anda menyimpan santan di dalam freezer. Namun, sebelum menyimpannya akan lebih baik jika anda menambahkan terlebih dahulu garam ke dalam santan. Lalu rebus santan hingga mendidih. Jika sudah seperti itu, angkat santan dan tunggu sampai dingin. Kemudian, simpan santan di dalam wadah tertutup. Diketahui, dengan cara ini santan mampu bertahan kurang lebih 3 bulan.
  2. Jika santan segar akan anda simpan di dalam kulkas, maka alangkah lebih baik jika anda menyimpan santan tersebut di dalam plastik atau wadah yang tertutup rapat. Hindari menyimpan santan di dalam wadah yang terbuat dari kaleng logam atau wadah tersebut tidak kedap udara.
  3. Selain garam, anda juga bisa memasak santan bersama 1 buah cabai merah.  Masak santai sampai mendidih, lalu angkat dan tunggu hingga santan dingin. Kemudian, simpan santan di dalam wadah tertutup. Jangan aduk atau kocok santan yang sudah didinginkan atau disimpan, hal ini bertujuan untuk mempertahankan santan sehingga tidak mudah rusak.
  4. Sedangkan untuk santan kemasan bisa disimpan di dalam suhu ruangan. Yang terpenting santan tersebut belum melewati tanggal kadaluarsa. Namun, jika santan sudah dibuka anda harus menyimpannya di dalam kulkas atau lemari es. Akan lebih baik jika santan tersebut digunakan sebelum waktu 2 minggu. Agar kualitasnya tetap terjaga, anda harus memastikan untuk memindahkan santan tersebut ke dalam wadah atau tempat yang kedap udara.
  5. Selain santan yang masih dalam keadaan segar atau santan di dalam kemasan, menu makanan yang terbuat dari santan pun harus disimpan di dalam kulkas agar tidak mudah basi. Jika makanan tersebut akan dihidangkan kembali, alangkah lebih baik untuk menghangatkannya agar rasanya tetap terjaga.

Itulah tips menyimpan santan agar awet dan tidak mudah basi. Dengan tips ini santan yang anda beli tidak akan terbuang sia-sia.

Setelah mengetahui tips ini akan lebih baik untuk berbagi bersama dengan teman atau orang terdekat anda yang ada di sekitar. Sertakan juga komentar pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Info Menarik
loading...
loading...