Tips Membersihkan Kerang yang Baik dan Benar

Tidak bisa dipungkiri lagi, seafoood merupakan makanan yang disukai banyak orang.

Selain memiliki rasa yang enak dan lezat, seafood juga terkenal bergizi dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Banyak jenis seafood yang bisa kita jadikan aneka hidangan tertentu, salah satunya yaitu kerang. Kerang merupakan salah satu jenis seafood yang kaya akan protein hewani.

Kerang bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan nikmat. Hanya diolah dengan cara direbus saja pun kerang begitu nikmat. Agar anda mendapatkan nutrisi yang ada di dalam kerang, maka anda harus memilih kerang yang berkualitas. Selain memilihnya, anda juga harus memperhatikan bagaimana cara membersihkannya. Karena membersihkan kerang dengan baik dan benar akan menghilangkan semua kotoran dan melepaskan racun yang ada di dalamnya.

Tidak banyak orang yang tahu seperti apa cara membersihkan kerang dengan baik dan benar. Sehingga kebanyakan orang membersihkannya dengan asal-asalan sehingga hidangan yang didapatkan pun tidak sehat dan berkualitas.  Lantas seperti apa cara membersihkan kerang dengan baik dan benar? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

4.TIPS BERSIHKAN KERANG

Tips Membersihkan Kerang

  1. Ketika memilih kerang, maka anda harus memilih kerang yang masih dalam keadaan segar. Cara memilih kerang segar cukup mudah, ketukan cangkang yang membungkus kerang pada permukaan datar dengan lembut. Nah, apabila anda sudah melakukan itu namun kerang tidak menutup juga dalam beberapa menit atau kerang memiliki cangkang yang pecah dan rusak, maka sudah bisa dipastikan bahwa kerang tersebut bukanlah  kerang segar. Ketika dimasak, kerang yang cangkangnya tidak terbuka adalah kerang yang keadaannya sudah tidak segar, sudah mati bahkan sebelum diolah. Jika anda mendapatkan kerang yang sudah tidak segar dengan ciri yang sudah disebutkan tadi, maka anda jangan mengolahnya. Alangkah lebih baik membuangnya karena jika dipaksakan akibatnya akan sangat berbahaya.
  2. Apabila anda sudah mendapatkan kerang yang akan diolah, maka anda bisa langsung membersihkannya. Cara membersihkannya yaitu, pertama rendam kerang di dalam air yang sudah ditambahkan es batu dan garam secukupnya. Selain sebagai bumbu masakan, garam juga dapat membantu melepaskan kotoran yang terdapat pada kerang, serta mampu menghilangkan racun serta bakteri pada kerang. Untuk hasil terbaik, anda juga bisa menambahkan tepung maizena sedikit saja agar kotoran kerang keluar, serta dagingnya memutih. Jika sudah, anda bisa langsung menyimpan rendaman kerang tersebut di dalam kulkas selama kurang lebih  20-60 menit. Untuk membantu pasir keluar, maka anda bisa mengaduk-aduknya sesekali.
  3. Jika proses perendaman sudah selesai, anda bisa langsung mengeluarkan kerang satu persatu dari air yang digunkan untuk merendam. Jangan mengeluarkan kerang secara sekaligus dengan langsung menumpahkannya, karena jika seperti itu pasir yang menempel pada kerang akan tercampur kemballi. Jika kerang sudah dikeluarkan, anda bisa mencuci kerang tersebut dan membilasnya di bawah air mengalir. Agar kotorannya tidak menempel pada cangkang kerang, maka anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat lembut.

Itulah cara membersihkan kerang yang baik dan benar.  Jika anda tidak langsung mengolahnya, anda bisa menyimpan kerang yang sudah dibersihkan tadi  di dalam kulkas  agar tetap segar.

Share tips ini kepada orang di sekitar anda. Tambahkan juga komentar atau saran  anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

loading...
loading...