Resep dan Cara Membuat Puding Roti Srikaya yang Enak, Lembut dan Nikmat

Anda mungkin sudah tidak asing dengan hidangan pudding.

Ya, makanan yang seringkali disajikan sebagai hidangan penutup ini memang memiliki citarasa nikmat yang begitu lezat. Rasa manis dan tekstur pudding yang lezat membuat sajian ini banyak diminati.

Nah sama halnya dengan resep pudding yang akan kami bagikan kali ini. Puding roti srikaya adalah sajian yang enak dan nikmat. Hidangan ini akan bisa anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa resep membuat pudding roti srikaya? Kita simak resepnya dibawah ini.

puding roti srikaya

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Puding Roti Srikaya yang Enak, Lembut dan Nikmat

Review

4.8 review 332

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Puding Roti Srikaya yang Enak, Lembut dan Nikmat

Bahan-Bahan Puding:

  • 12 lembar roti tawar
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 5 butir telur ayam
  • 700 ml susu cair
  • mentega untuk olesan
  • 75 gram gula pasir
  • 250 gram selai srikaya
  • 25 gram kismis
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

Cara Membuat Puding Roti Srikaya yang Enak, Lembut dan Nikmat

Cara Mempersiapkan Bahan Puding:

  1. Untuk yang pertama akan dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan puding. Hal ini penting sekali karena beberapa peralatan ini adalah peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan puding. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah sebuah loyang, oven, dan sebuah kocokan. Dengan mempersiapkan beberapa peralatan ini maka nantinya anda tidak akan dibuat pusing dengan harus bulak-balik ke dapur untuk mempersiapkan peralatan yang anda lewatkan. Nah mengingat pentingnya mempersiapkan peralatan ini maka sebaiknya anda tidak melewati langkah yang satu ini.
  2. Selesai mempersiapkan peralatan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Caranya buang atau potong bagian ujung roti yang berwarn coklat. Gunakan pisau untuk memotong bahan ini secara merata. Lalu sisihkan dalam wadah dan kita akan mulai mempersiapkan bahan-bahan lainnya.
  3. Bahan selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah kismis. Silahkan potong bahan ini menjadi dua bagian dan lakukan pada sisa kismis yang sudah anda siapkan. Gunakan dengan pisau dan belah dengan beraturan. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  4. Kemudian setelah itu lumuri loyang yang sudah anda siapkan dengan ukuran 22x10x5 cm dengan menggunakan mentega secara merata. Hal ini difungsikan agar loyang tidak lengket pada saat puding akan dikeluarkan nantinya.

Cara Membuat Puding:

  1. Untuk membuat puding bisa dilakukan dengan cara mengolesi setiap lembar roti yang sudah dibersihkan bagian pinggirnya dengan menggunakan selai srikaya yang sudah anda persiapkan. Lakukan dengan perlahan dan pada semua roti yang anda siapkan.
  2. Letakan roti diatas piring dan sisihkan sementara sebelum kita akan campur roti dengan bahan lainnya. Setelah diolesi dengan menggunakan selai srikaya maka lapisi kembali roti dengan menggunakan lembaran roti lainnya. Tumpuk dan potong menjadi empat bagian. Sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya, susun potongan doti dalam loyang yang telah diolesi mentega dan sisihkan sementara.
  4. Kocok telur bersama dengan susu, gula pasir, kayu manis dan vanili. Aduk-aduk secara merata sampai semua bahan ini tercampru secara keseluruhan. Tuangkan kedalam loyang yang berisi roti. Kemudian taburi dengan menggunakan kismis.
  5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 175 derajat celcius selama kurang lebih 50 menit atau sampai roti matang secara merata.

Setelah matang angkat sajian ini dari oven dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap untuk menyantapnya. Atau masukkan terlebih dahulu dalam lemari es agar rasanya lebih nikmat dan lebih lezat.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Info Menarik
loading...
loading...