Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Kacang Hijau yang Sedap, Nikmat dan Lembut

Hidangan kue pukis kacang hijau adalah sajian istimewa yang sedap.

Sajian ini akan bisa anda sajikan sebagai cemilan keluarga. Pembuatannya yang mudah dan rasanya yang menggoda akan tentu membuat anda semakin penasaran dengan hidangan ini. Simak langsung resepnya dibawah ini yuk!

pukis-kacang-hijau.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Kacang Hijau yang Sedap, Nikmat dan Lembut

Review

4.8 review 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Pukis Kacang Hijau yang Sedap, Nikmat dan Lembut

Bahan-Bahan Kue:

  • 100 gram kacang hijau
  • 75 ml air hangat
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok makan ragi instan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3 butir telur
  • 200 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 175 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa
  • 50 gram kismis

Cara Membuat Kue Pukis Kacang Hijau yang Sedap, Nikmat dan Lembut

Cara Mempersiapkan Bahan Pada Resep:

  1. Pada resep kali ini bahan utama yakni kacang hijau perlu diolah terlebih dahulu sebelum dimasak dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Untuk itu, terlebih dahulu silahkan anda persiapkan semua peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat hidangan kali ini. Adapun beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah sebuah kocokan atau mixer, beberapa baskom dan sebuah piring saji.
  2. Setelah selesai dengan peralatan kita akan kembali dengan mempersiapkan kacang hijaunya. Bahan ini perlu dikukus terlebih dahulu. Untuk itu, silahkan siapkan kukusan dan panaskan diatas kompor.
  3. Cuci terlebih dahulu kacang hijau sampai bersih secara merata. Lalu kupas kulitnya secara merata. Setelah itu, masukkan dalam kukusan dan kukus sampai mekar dan mengembang.
  4. Saring kacang hijau yang telah matang lalu haluskan dengan menggunakan mesin blender secara merata. Setelah itu, ambil sebanyak 300 gram dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian anda akan siap membuat adonan.
  5. Untuk bahan taburan, silahkan potong atau belah kismis menjadi dua bagian. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat adonan kali ini dapat dilakukan dengan membuat adonan biangnya terlebih dahulu. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan ragi instan dengan gula pasir. Lalu larutkan dengan menggunakan air hangat. Aduk-aduk dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  2. Selanjutnya adalah dengan mengocok telur bersama dengan gula pasir dan garam dalam wadah yang lain. Lalu aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai mengembag.
  3. Masukkan kacang hijau yang telah dihaluskan kedalamnya dan aduk-aduk semuanya secara merata. Lalu tuangkan tepung terigu sambil diayak dengan perlahan dan aduk-aduk semuanya dengan merata.
  4. Masukkan larutan ragi instan kedalamnya dan aduk-aduk secara merata sampai tercampur. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  5. Siapkan cetakan pukis lalu tuangkan adonan kedalamnya. Jangan lupa olesi dengan mengggunakan margarin agar tidak lengket. Tutupi dan masak sampai setengah matang. Buka dan taburi kismis dibagian atasnya. Tutup kembali dan masak sajian ini sampai matang merata.

Setelah matang, angkat dai cetakan dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menikmati hidangan ini bersama dengan keluarga.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat