Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan yang Enak, Istimewa dan Mengembang

Nikmati lembut dan istimewanya setiap gigitan dari kue lumpur kentang pandan yang sedap. Sajain kali ini akan dengan mudah dibuat dan dinikmati dirumah. Ingin tahu seperti apa resep kue lumpur kentang pandan yang enak? Mari simak resep mudahnya dibawah ini.

kue-lumpur-kentang-pandan.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan yang Enak, Istimewa dan Mengembang

Review

4.7 review 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan yang Enak, Istimewa dan Mengembang

Bahan-Bahan Kue:

  • 200 gram tepung terigu
  • 50 gram margarin cair
  • 250 gram kentang
  • 1/2 sdt garam
  • 2 putih telur
  • 200 cc santan
  • 5 kuning telur
  • 10 lembar daun suji
  • 200 gram gula pasir
  • 10 lembar daun pandan
  • 150 cc susu cair tawar
  • kismis secukupnya

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan yang Enak, Istimewa dan Mengembang

Cara Persiapan:

  1. Penting seklai untuk mempersiapkan beberapa peralatan dan ada pula bahan yang terdapat pada resep yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Untuk itu, pastikan bila anda tidak melewatkan langkah kali ini. Adapun beberapa peralatan yang akan digunakan untuk resep kali ini adalah sebuah wadah, cetakan kue lumpur, sebuah mixer dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka anda akan dapat membuat sajian ini dengan lebih mudah dan lebih sederhana.
  2. Bila sudah selesa, silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep seperti dengan membuat adonan pandannya. Untuk membuat sajian ini dapat dilakukan dengan menghaluskan dan pandan dan daun suji dalam blender. Caranya, masukkan dua bahan ini kedalam blender dan tambahkan sedikit air. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur secara merata.
  3. Setelah itu, tambahkan kedalamnya susu bersama dengan santan. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur dan warnanya menjadi lebih pucat. Aduk-aduk kembali secara merata.
  4. Matikkan mesin blender dan saring cairan ini dalam wadah untuk kemudian pisahkan antara sari pandan dengan ampasnya secara merata. Lalu sisihkan dalam wadah.
  5. Selanjutnya adalah dengan membersihkan kentang dalam tempat cuci piring. Silahkan bersihkan bahan ini dengan merata menggunakan air bersih sampai kotoran dihilangkan.
  6. Lalu rebus dengan menggunakan panci sampai semua bahan ini tercampur secara merata dan tekstur dari kentang menjadi lebih lembut dan lembek.
  7. Angkat dan haluskan dengan menggunakan ulekan sampai benar-benar halus dan tidak ada butiran yang masih tersisa. Setelah itu, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat sajian kali ini dapat dilakukan dengan menyiapkan sebuah wadah dan masukkan kedalamnya kuning telur bersama dengan gula pasir dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang tinggi sampai mengembang dan lebih kental.
  2. Setelah itu, tuangkan putih telur dan kembali aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai mengembang dan adonan terlihat lebih pucat secara merata.
  3. Tambahkan susu cair bersama dengan mentega meleleh dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur dan adonan menjadi lebih cair.
  4. Lalu tuangkan kentang yang telah dihaluskan dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur dan teraduk secara merata hingga merata.
  5. Masukkan tepung terigu dengan perlahan dan aduk-aduk dengan perlahan agar bahan ini tidak berantakan pada saat anda memasukkan sajian ini.
  6. Terakhir, masukkan bahan daun pandan yang sudah anda buat sebelumnya. Aduk-aduk kembali sampai adonan berwarna hijau. Aduk-aduk merata hingga tercampur.
  7. Panaskan cetakan dan masukkan adonan kedalamnya. Untuk kemudian masak sajia ini sampai matang dan masukkan kismis sebagai bahan taburannya. Lalu masak sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini bersama dengan keluarga.

loading...
loading...