Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kayumanis Kenari yang Enak, Lembut dan Spesial

Hidangan kue bolu kayumanis kenari cocok sekali disantap dengan secangkir teh.

Apalagi disantap saat sedang santai. Sudah pasti kegiatan santai anda akan dapat anda nikmati dengan begitu manis. Yuk, simak seperti apa membuat sajian kue bolu kayumanis kenari yang enak berikut ini.

kue kayu manis kenari

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kayumanis Kenari yang Enak, Lembut dan Spesial

Review

4.8 review 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Potong

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kayumanis Kenari yang Enak, Lembut dan Spesial

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 3 butir telur
  • 50 gram gula pasir
  • 75 gram tepung terigu
  • 25 gram margarin
  • 1 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
  • 25 gram gula merah
  • 25 ml air
  • 1 sendok teh kayumanis bubuk
  • 25 gram kenari, diiris panjang untuk taburan

Cara Membuat Kue Bolu Kayumanis Kenari yang Enak, Lembut dan Spesial

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Lakukan hal yang pertama dengan mempersiapkan peralatan. Hal ini tentunya menjadi langkah penting yang tidak sebaiknya dilewatkan. Dengan mempersiapkan peralatan, maka akan lebih mudah untuk anda dapat membuat adonan kue dengan lebih nyaman dan lebih mudah. Adapun, beberapa peralatan yang mungkin anda butuhkan untuk membuat kue kali ini diantaranya adalah mixer, oven, loyang, baskom dan beberapa wadah yang akan kita gunakan untuk menampung bahan-bahan kue yang sudah ditakar.
  2. Nah, setelah peralatan siap, maka selanjutnya kita akan takar bahan yang pertama yakni tepung terigu. Untuk menakar bahan ini, anda bisa melakukannya dengan memasukkan tepung dalam wadah timbangan takaran, lalu ukur dengan ukuran yang sesuai dengan takaran pada resep. Nah, setelah itu masukkan bahan ini dalam wadah untuk kemudian akan diayak dengan menggunakan saringan untuk memisahkan partikel kasarnya. Setelah itu, baru sisihkan sementara.
  3. Bahan selanjutnya adalah gula merah. Siapkan pisau dan talenan, lalu gunakan untuk menyisir gula merah dengan halus. Setelah itu, masukkan gula merah yang sudah disisir dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  4. Sementara untuk margarin, silahkan takar dan ukur dengan ukuran yang sudah ditetapkan dalam resep. Setelah itu, masukkan dalam wajan untuk kemudian bahan ini akan dipanaskan dengan menggunakan api yang kecil sampai bahan ini menjadi leleh. Setelah itu, matikan kompor dan angkat wajan untuk kemudian sisihkan sementara.
  5. Nah, untuk bahan-bahan sisanya anda hanya perlu menyisihkannya. Karena bahan-bahan tersebut bisa langsung dimasukkan dalam adonan dan dicampur secara merata.

Cara Membuat Kue Bolu Kayumanis Kenari:

  1. Pertama sebelum adonan kue dibuat, olesi terlebih dahulu loyang dengan menggunakan margarin secara merata hingga kebagian sudutnya. Hal ini dimaksudkan agar kue yang sudah matang tidak sulit dikeluarkan dari loyang. Setelah diberikan margarin, berikan pula taburan tepung kedalamnya, lalu sisihkan sementara.
  2. Dalam baskom, silahkan kocok telur bersama dengan gula pasir, gula merah yang telah disisir dan juga emulsifier sampai bahan ini mengambang secara merata.
  3. Setelah itu, masukkan tepung terigu kedalamnya bersama dengan kayumanis dan aduk-aduk bahan ini sampai emrata.
  4. Masukkan air kedalamnya bersama dengan margarin yang sudah dicairkan. Dan aduk-aduk secara perlahan.
  5. Nah, setelah semua bahan dimasukkan dan dicampur secara merata, maka kita masukakn adonan dalam loyang dan ratakan bagian atasnya dengan menggunakan spatula.
  6. Setelah itu, baru panggang dalam oven selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang.

Setelah matang, angkat dari oven dan tempatkan dalam wadah yang datar agar kue menjadi lebih mudah dingin. Setelah dingin, kini kue akan siap untuk disajikan dalam wadah dan disantap.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

loading...