Print
Resep Cara Membuat Roti Manis Sederhana Anti Gagal yang Lembut

Resep Cara Membuat Roti Manis Sederhana Anti Gagal yang Lembut

Sajikan dan nikmati enaknya hidangan roti manis sederhana di rumah anda. Dengan resep sederhana dibawah ini anda akan tentu bisa menyajikan roti manis buatan sendiri di rumah. Penasaran seperti apa? Mari simak resepnya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword aneka roti homemade, resep roti manis
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 30 menit
Diamkan 1 jam
Total Waktu 40 menit
Porsi 1 Adonan
Kalori 400 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 130 gr tepung cakra
  • 70 cc susu cair plain
  • 1 butir kuning telur
  • 30 gr gula pasir halus
  • 20 gr unsalted butter
  • 1/4 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt garam

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Roti Manis Sederhana Anti Gagal yang Lembut:

  1. Untuk membuat sajian kali ini terlebih dahulu ada baiknya jika anda mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep dengan merata. Sebab ketika anda sudah mempersiapkan semuanya dengan merata maka akan lebih mudah untuk anda membuat hidangan kali ini. Untuk itu, pastikan dengan baik bahwa semua bahan sudah anda persiapkan.

  2. Setelah itu, kemudian siapkan sebuah loyang dan olesi sajian ini dengan menggunakan margarin dengan merata. Lalu taburi dengan menggunakan tepung terigu asal tipis saja. Cara ini dilakukan agar loyang tidak lengket pada saat digunakan untuk membuat sajian kali ini.

  3. Nah, setelah itu kemudian anda akan dapat memanaskan oven dan set suhu pada angka 180 derajat. Cara ini penting dilakukan agar nantinya ketika adonan sudah siap dan sudah selesai dibuat maka anda akan dapat langsung menuangkan adonan dan memanggangnya dalam oven tanpa harus menunggu terlalu lama. 

  4. Siapkan pula mixer untuk membuat adonan kali ini. Agar anda tidak kesulitan pada tahapan pertama membuat dan mencampur adonan kali ini. Nah, setelah semua peralatan dan persiapan dilakukan maka anda akan dapat melanjutkan untuk membuat adonan roti manis kali ini. Penasaran seperti apa? Mari simak caranya dibawah ini. 

Cara Membuat Roti Manis Sederhana Anti Gagal yang Lembut:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah. Silahkan siapkan sebuah wadah atau baskom dengan ukuran yang sedang. Kemudian masukkan kedalamnya tepung terigu bersama dengan gula pasir. Lalu tambahkan pula garam dan aduk semua sajian ini dengan merata sampai tercampur.

  2. Baru kemudian pecahkan telur dan aduk sajian ini dengan menggunakan mixer secara merata sampai anda bisa memastikan bahwa semua bahan tercampur merata dan berubah menjadi lebih menggumpal. 

  3. Bila adonan sudah setengah kalis maka anda akan dapat mematikan mixer sementara. Baru kemudian masukkan susu cair kedalamnya sedikit demi sedikit dengan perlahan sambil adonan diuleni dengan merata serah jarum jam. Apabila anda mendapati susu masih ada namun adonan sudah kalis dengan sempurna maka anda bisa menghentikan pemberian susu.

  4. Masukkan butter bersama dengan garam kedalamnya. Lalu uleni kembali hidangan ini sampai lembut dan lebih elastis secara merata. Bila sudah selesai kemudian anda akan dapat membagi adonan menjadi beberapa bagian. Lalu ukur masing-masing adonan seberat 40 gram dengan merata. 

  5. Bulatkan adonan yang sudah anda pisahkan dengan merata. Kemudian gilas sajian ini dengan menggunakan rolling pin hingga bentuknya seperti sebuah guling. Kemudian tata adonan diatas loyang yang sebelumnya sudah kita olesi dengan menggunakan margarin secara merata. 

  6. Masukkan adonan dalam oven dan panggang sajian ini selama kurang lebih 30 menit sampai mengembang dan merata hingga matang.

Catatan Resep

Baru kemudian angkat sajian ini dan sajikan dalam wadah anda bisa memotong dan menghidangkan sajian ini dalam sebuah piring saji.