Print
Resep Cara Membuat Roti Tawar Rumahan Buatan Sendiri

Resep Cara Membuat Roti Tawar Rumahan Buatan Sendiri

Ingin membuat sajian roti tawar sendiri di rumah? Dengan resep yang akan kami bagikan kali ini anda akan tentu bisa melakukannya dengan mudah dan sederhana. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep roti, resep roti tawar
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 1 jam
Diamkan 2 jam
Total Waktu 1 jam 20 menit
Porsi 2 Buah
Kalori 264.6 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tepung roti
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 sdm mentega tawar
  • 1 1/2 sdt ragi instan
  • 1 1/2 sdm gula/ madu
  • 300 ml air
  • 3 sdm Susu Anlene dengan formula MoveMax

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Roti Tawar Rumahan Buatan Sendiri:

  1. Untuk membuat sajian kali ini terlebih dahulu sebaiknya kita simak beberapa langkah persiapan untuk membuat sajian kali ini. Hal ini menjadi cara penting yang perlu untuk anda perhatikan dengan baik guna memudahkan anda membuat hidangan kali ini. Untuknya, mari simak beberapa langkah persiapan berikut.

  2. Bahan pertama yang akan kita persiapkan terlebih dahulu adalah pemilihan tepung. Karena resep kali ini adalah tentang pembuatan roti maka sebaiknya sesuaikan jenis tepung yang anda gunakan. Tepung roti umumnya memiliki kandungan gluten didalamnya. Selain itu, pemilihan jenis tepung pun akan mempengaruhi tekstur dan rasa pada roti. Maka dari itu, pertimbangkan dengan baik untuk menggunakan tepung roti.

  3. Selesai dengan pemilihan tepung maka bahan selanjutnya yang perlu anda persiapkan adalah susu Anlene bubuk. Jenis susu ini biasanya dijual bebas di pasaran. Hanya saja, perhatikan dengan baik formula yang terkandung dalam susu. Sebaiknya, gunakan susu Anlene dengan formula MoveMax untuk hasil yang lebih maksimal pada sajian kue yang akan kita buat kali ini. 

  4. Nah, apabila semua bahan sudah dipersiapkan dengan merata maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mulai membuat hidangan roti tawar kali ini. Adapun untuk caranya anda akan dapat menyimaknya dibawah ini. Seperti apa saja? Mari simak informasinya dibawah ini. 

Cara Membuat Roti Tawar Rumahan Buatan Sendiri:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Terlebih dahulu silahkan siapkan sebuah baskom dan masukkan beberapa bahan pembuatan sajian kali ini. Bahan yang dimaksud diantaranya adalah tepung roti yang bisa anda campurkan bersama dengan gula, garam dan juga susu Anlene bubuk yang sudah anda siapkan.

  2. Masukkan pula ragi instan kedalamnya bersama dengan air. Lalu aduk-aduk dengan merata semua sajian ini hingga adonan berubah menjadi lebih lengket dan menggumpal. Setelah seluruh adonan menyatu maka anda akan dapat memindahkan adonan diatas permukaan datar yang bersih.

  3. Taburi terlebih dahulu bagian atasnya dengan menggunakan tepung cara ini dilakukan agar tempat menguleni adonan tidak lengket pada saat adonan disimpan diatasnya. Kemudian baru uleni sajian ini dengan merata dengan sesekali menaburkan tepung diatasnya apabila anda mendapati adonan terlalu lengket atau terlalu basah. 

  4. Kemudian setelah adonan kalis maka anda bisa mendiamkan sajian ini dalam wadah yang sudah diolesi dengan minyak secara merata dan tutupi bagian atas wadah dengan menggunakan kain serbet selama kurang lebih 2 jam sampai adonan mengembang dengan merata. 

  5. Selesai didiamkan anda akan mendapati adonan roti mengembang dua kali lebih besar ukurannya. Kemudian setelah itu, masukkan dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan diberikan taburan tepung terigu dengan merata.

  6. Masukkan dalam oven dan panggang sajian ini diatas suhu 180 derajat selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang dan merata. 

  7. Baru setelah matang dan berwarna keemasan angkat sajian ini dan keluarkan dari oven. Setelah agak dingin maka anda akan dapat memotong-motong roti dengan ukuran yang lebih tipis.