Print
Resep Cara Membuat Martabak Unyil Mini yang Enak dan Lezat

Resep Cara Membuat Martabak Unyil Mini yang Enak dan Lezat

Sajiikan enak dan lezatnya hidanan martabak Unyil di rumah anda dengan resep yang akan kami berikan kali ini. Penasaran seperti apa? Simak informasinya dibawah ini. 

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword martabak unyil, resep martabak
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Isitirahatkan 1 jam
Total Waktu 20 menit
Porsi 6 Orang
Kalori 149 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 350 ml air
  • 1 sdt bubuk vanili
  • 1/2 sdt baking powder
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 250 gram tepung terigu
  • 3 sdm mentega
  • Coklat meises secukupnya
  • Keju cheddar parut secukupnya
  • Susu kental manis putih secukupnya

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Martabak Unyil Mini yang Enak dan Lezat:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memperhatikan beberapa persiapan untuk membuat sajian kali ini. Cara ini adalah cara penting yang perlu anda dahulukan guna memudahkan anda membuat sajian kali ini. Untuk itu, maka mari simak beberapa informasi persiapan bahan dibawah ini hanya untuk anda. 

  2. Bahan pertama yang akan kita persiapkan adalah dengan mencairkan menteganya terlebih dahulu. Cara ini penting dilakukan agar nantinya bahan ini bisa didinginkan sementara pada suhu ruangan. Cara melakukannya adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. 

  3. Setelah wajan panas maka anda akan dapat menuangkan margarin atau mentega kedalamnya dan diamkan sajian ini agar lebih panas dan mencair dengan merata. Nah, setelah selesai kemudian angkat sajian ini untuk kemudian sisihkan sementara sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. 

  4. Parut juga keju sebagai bahan campuran atau bahan pelengkap dari sajian martabak kali ini. Anda bisa menampungnya dalam sebuah wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. 

  5. Siapkan pula cetakan martabak dengan ukuran yang kecil. Bila sudah selesai dengan semua persiapan diatas maka anda akan mulai dapat melanjutkan membuat hidangan kali ini dengan merata. Untuk itu, mari simak informasinya dibawah ini hanya untuk anda.

Cara Membuat Martabak Unyil Mini yang Enak dan Lezat:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat menyiapkan sebuah wadah kemudian masukkan kedalamnya tepung terigu bersama bahan kering yakni garam dan juga baking powder dan tambahkan bubuk vania. Aduk-aduk semua sajian ini dan ayak dengan merata menggunakan ayakan bila sudah selesai kemudian sisihkan sajian ini. 

  2. Langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menuangkan setengah takaran gula pasir kedalam campuran tepung terigu dan kali ini aduk-aduk kembali semua bahan ini secara merata.

  3. Kemudian masukkan telur kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata sampai semua bahan dalam campuran ini menjadi lebih merata dan lembut. Masukkan pula sedikit demi sedikit air kedalamnya dan aduk-aduk kembali dengan cepat semua sajian ini sampai tercampur merata dan lembut. 

  4. Setelah anda memastikan tidak ada adonan yang masih menggumpal maka anda akan dapat mengistirahatkan adonan selama kurang lebih 1 jam. Menjelang selesai didiamkan silahkan panaskan cetakan martabak dan olesi dengan menggunakan margarin secara merata.

  5. Panaskan sajian ini diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Baru tuangkan adonan kedalamnya secukupnya saja dan ratakan pinggirannya agar menjadi lebih tipis secara merata. 

  6. Bila adonan sudah agak matang, silahkan taburi bagian atasnya dengan menggunakan gula pasir lalu tutup sebentar dan biarkan sampai matang. Baru kemudian angkat dan sisihkan dalam sebuah wadah.

  7. Masing-masing martabak mini unyil ini akan dapat anda olesi dengan menggunakan margarin secaramerata. Lalu berikan topping yang anda inginkan.

Catatan Resep

Nah, setelah selesai kemudian hidangan ini akan siap untuk disantap.