Print
Resep Cara Membuat Martabak Pandan Keju Legit dan Lembut

Resep Cara Membuat Martabak Pandan Keju Legit dan Lembut

Sajikan enaknya hidangan martabak pandan keju yang sedap di rumah anda dengan resep yang akan kami berikan kali ini. Penasaran seperti apa resep dan langkahnya? Mari simak informasinya dibawah ini hanya untuk anda. 

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword martabak pandan, resep martabak manis
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 15 menit
Istirahatkan 1 jam
Total Waktu 30 menit
Porsi 1 Adonan
Kalori 149.35 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1/2 sdt baking powder
  • 240 ml susu cair
  • secukupnya Pasta pandan
  • 50 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 25 g margarin, lelehkan

Bahan Isian:

  • 20 ml susu kental manis
  • 250 gram keju parut

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Martabak Pandan Keju Legit dan Lembut:

  1. Untuk membuat sajian kali ini kita akan dahulukan mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Cara ini sangat penting guna memudahkan anda membuat sajian martabak kali ini. Untuk itu, mari kita simak beberapa langkah persiapan berikut hanya untuk anda. 

  2. Pastikan anda sudah mempersiapkan beberapa peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat sajian kali ini. Persiapan yang dimaksud adalah sebuah baskom untuk membuat adonan. Kemudian persiapkan pula cetakan atau wajan untuk membuat martabak.

  3. Bila anda kesulitan menemukan cetakan martabak seperti pada umumnya. Maka anda bisa menggunakan wajan datar seperti teflon. Penggunaan wajan ini akan memudahkan anda untuk membuat sajian kali ini.

  4. Selesai dengan semua peralatan maka anda akan dapat melanjutkannya dengan mempersiapkan sebuah bahan-bahan yang ada pada resep. Pastikan semua bahan yang ada pada resep sudah anda persiapkan dengan merata. 

  5. Baru setelah itu, anda akan dapat membuat sajian kali ini. Maka dari itu, mari simak langsung informasi pembuatan martabak pandan dibawah ini.

Cara Membuat Martabak Pandan Keju Legit dan Lembut:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan awali dengan mengayak tepung terigu bersama dengan bahan-bahan kering seperti baking powder,ragi dan juga vanili. Ayak dengan merata dan pastikan tidak ada partikel kasar yang masih tersisa dari sajian ini. 

  2. Bila sudah selesai kemudian anda akan melanjutkan dengan menyiapkan wadah yang lain. Lalu silahkan campurkan gula pasir bersama dengan telur. Kocok semua sajian ini sampai mengembang dengan merata dan pastikan bila anda mengocoknya dengan merata.

  3. Kemudian setelah itu, campurkan sajian ini kedalam campuran tepung terigu yang sudah anda siapkan sebelumnya sedikit demi sedikit bergantian dengan menuangkan susu cairn sambil terus diaduk dengan mekrata dan perlahan. 

  4.  Tuangkan margarin kedalamnya bersama dengan pasta pandan yang sudah anda siapkan. Kemdian aduk-aduk dengan merata sampai adonan berubah warnanya menjadi lebih hijau. Setelah selesai kemudian sisihkan sajian ini selama kurang lebih 30 menit secara merata.

  5. Panaskan cetakan martabak yang sudah anda siapkan. Lalu olesi dengan menggunakan margarin bagian permukaannya dengan merata. Masukkan adonan kedalamnya dan ratakan bagian pinggirnya agar lebih tipis denga merata. 

  6. Masak sampai adonan berpori, lalu tutup dengan penutup dan masak sampai adonan martabak menjadi lebih matang dengan merata. Olesi dengan margarin bagian permukaan martabak dengan merata. 

  7. Angkat dan simpan ke tempat yang bersih. Lalu silahkan kucuri dengan susu kental manis secara merata kemudian setelah itu, berikan parutan keju dengan merata agar sajian ini tertutupi dengan sajian isian keju. 

Catatan Resep

Baru setelah itu, sajikan dalam wadah namun sebelumnya silahkan potong-potong terlebih dahulu sajian ini dengan merata.