Print
Resep Cara Membuat Martabak Pelangi Manis yang Nikmat dan Lezat

Resep Cara Membuat Martabak Pelangi Manis yang Nikmat dan Lezat

Nikmatnya hidangan martabak pelangi kini akan bisa anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Hal ini dikarenakan pada kesempatan kali ini kami akan berbagi resep mudah ini hanya untuk anda. Penasaran seperti apa saja sajian dari resep kali ini? Simak dibawah ini informasinya. 

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword martabak pelangi, resep martabak manis
Waktu Persiapan 25 menit
Waktu Memasak 10 menit
Istirahatkan 1 jam
Total Waktu 35 menit
Porsi 1 Teflon
Kalori 149.35 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 500 ml susu UHT full cream
  • 1 sendok teh ragi instant
  • 1 butir telur
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 3 Perasa Makanan
  • 1 sendok teh baking powder
  • secukupnya Meises ( Bisa diganti dengan keju atau yang lain sesuai selera )
  • 3 Pewarna Makanan ( Biru, Merah, Hijau, atau yang lainnya )

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Martabak Pelangi Manis yang Nikmat dan Lezat:

  1. Persiapan menjadi langkah penting yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan langkah persiapan berisikan beberapa cara mengolah bahan yang ada pada resep. Mari simak beberapa langkahnya dibawah ini hanya untuk anda. 

  2. Campurkan dan ayak bahan-bahan kering yang ada pada resep untuk membuat adonan kali ini. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah tepung terigu bersana dengan garam. Ayak dengan perlahan dan pastikan tidak ada partikel kasar yang masih tersisa pada sajian kali ini. 

  3. Bila sudah selesai dengan sajian ini maka anda akan dapat menyisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. 

  4. Selesai dengan persiapan diatas silahkan pastikan bahwa semua bahan yang ada pada resep sudah anda persiapkan dengan merata. Hal ini dikarenakan ketika semua bahan sudah tersedia maka anda akan lebih mudah membuat sajian kali ini. 

  5. Baru setelah itu, anda akan dapat melanjutkan untuk membuat sajian kali ini. Untuk itu, simak langsung pembuatan hidangan martabak pelangi manis kali ini. 

Cara Membuat Martabak Pelangi Manis yang Nikmat dan Lezat:

  1. Siapkan campuran tepung terigu dalam wadah kemudian masukkan gula kedalamnya bersama dengan ragi instan. lalu aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai benar-benar tercampur. 

  2. Tuangkan susu UHT kedalamnya bersama dengan telur. Lalu aduk-aduk semua sajian ini dengan cepat dan pastikan tidak ada adonan yang masih menggumpal. Ketika anda sudah memastikan bahwa adonan sudah tercampur dan lembut maka anda akan dapat menyisihkan adonan ini selama kurang lebih 1 jam. Cara ini dilakukan agar adonan menjadi lebih mengembang dan merata. 

  3.  Setelah itu, masukkan baking powder kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini tercampur dan lebih mengembang. Lalu bagi adonan menjadi tiga bagian dalam wadah yang terpisah.

  4. Masing-masing bagian silahkan berikan warna yang berbeda yang sudah anda siapkan sebelumnya dengan merata. Baru aduk-aduk sampai sajian ini tercampur dan berubah warnanya sesuai dengan yang anda harapkan.

  5. Panaskan teflon atau wajan datar dan olesi dengan margarin secara merata. Panaskan dengan api yang kecil lalu kemudian masukkan satu sendok adonan kedalamnya. Tutup bagian atasnya dan biarkan bagian permukaan martabak menjadi lebih bersarang atau berlubang.

  6. Setelah itu, taburkan toping diatasnya dan lipat menjadi dua bagian. Kemudian anda akan dapat mengangkat sajian ini dan sisihkan dalam wadah. 

Catatan Resep

Lakukan hal yang sama pada sisa adonan yang masih ada. Setelah selesai hidangkan semua sajian ini dan nikmati ketika masih hangat sebab rasanya akan lebih nikmat.