Print
Resep Nugget Tempe Kering yang Enak dan Mantap

Resep Nugget Tempe Kering yang Enak dan Mantap

Sajian nugget tempe adalah hidangan lezat yang akan tentu dapat anda buat di rumah. Sajian ini akan cocok diberikan pada si kecil untuk bekal makan siang yang enak. Nah, bagi ibu yang juga tertarik menyajikan hidangan istimewa yang sehat ini maka tak perlu khawatir. Anda akan dapat menyimak dengan mudah resep sajian nugget tempe kering dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword nugget tempe, tempe goreng tepung
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 19 menit
Total Waktu 29 menit
Porsi 10 Buah
Kalori 220 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 250 gr tempe
  • 2 btg wortel
  • 2 btg seledri, rajang halus
  • 1 btr telur
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 btg daun bawang, rajang halus
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam, atau secukupnya
  • 1 sdt gula pasir
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada bubuk

Bahan Pelapis:

  • secukupnya Tepung panir kasar
  • 1 btr telur, kocok lepas

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Nugget Tempe Kering yang Enak dan Mantap:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini langkah yang akan dapat anda lakukan adalah dengan memperhatikan langkah persiapan kali ini. Hal ini dikarenakan langkah persiapan berisikan tentang beberapa cara mengolah bahan yang tidak dijelaskan pada resep. Jadi demikian, dengan menyimak langkah persiapan kali ini maka anda akan lebih mudah membuat hidangan kali ini.

  2. Adapun langkah persiapan pertama yang penting dilakukan adalah dengan mengolah tempenya terlebih dahulu. Silahkan siapkan sebuah tatakan, wadah dan sebuah pisau. Kemudian potong tempe dengan bentuk dadu dengan merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.

  3. Untuk wortel bahan ini akan dapat anda cincang dengan bentuk dadu sebagai campuran dari sajian nugget tempe nantinya. Selesai dipotong dadu silahkan cuci terlebih dahulu sampai bersih dan merata. 

  4. Nah, setelah persiapan diatas dilakukan dengan merata maka langkah selanjutnya anda akan siap untuk membuat sajian tempe nugget kali ini. Mari simak dibawah ini caranya.

Cara Membuat Nugget Tempe Kering yang Enak dan Mantap:

  1. Untuk membuat sajian nugget tempe kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah ulekan. lalu kemudian haluskan terlebih bawang putih bersama dengan garam. Lalu aduk dengan merata.

  2. Masukkan potongan tempe kedalamnya dan ulek kembali sajian ini hingga tempe hancur dan berubah menjadi halus secara merata. Aduk kembali sajian ini dengan menggunakan sendok lidah atau sendok biasa agar bumbu halus tercampur dengan tempe. 

  3. Siapkan sebuah wadah, lalu masukkan tempe yang sudah dihaluskan kedalam wadah tersebut. Baru kemudian tuangkan tepung terigu kedalamnya dan tambahkan dengan gula pasir, telur, lada bubuk, kaldu bubuk dan ketumbar bubuk. Lalu aduk semua sajian ini dengan merata. 

  4. Tuangkan wortel yang sudah dicincang dengan merata dan masukkan pula potongan daun bawang dan seledri kedalamnya. Setelah itu, aduk-aduk semua hidangan ini dengan merata. 

  5.  Siapkan sebuah loyang kotak dan masukkan adonan tempe nugget kedalamnya. Kemudian kukus dalam panci selama kurang lebih 20 sampai dengan 30 menit hingga matang dan merata.

  6. Angkat nugget dan diamkan selama beberapa saat. kemudian setelah dingin, silahkan potong dengan ukuran sesuai selera anda. Masukkan dalam bahan pencelup yakni telur dan gulingkan sajian ini dalam tepung panir sampai semua bagian permukaannya terbaluti dengan bahan ini. 

  7. Bekukan terlebih dahulu nugget tempe dalam lemari es. Lalu goreng dalam minyak panas sampai sajian ini matang dengan merata.