Print
Resep Membuat Pepes Tempe Campur Cumi Asin yang Hangat dan Nikmat

Resep Membuat Pepes Tempe Campur Cumi Asin yang Hangat dan Nikmat

Hangat dan nikmat mungkin adalah dua kata yang tepat menggambarkan betapa spesialnya sajian kali ini. Hidangan yang praktis ini akan tentu bisa anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Resepnya pun akan kami bagikan kali ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword pepes tempe, pepes tempe cumi asin
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 25 menit
Total Waktu 35 menit
Porsi 4 Orang
Kalori 198 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tempe
  • 5 buah cumi asin
  • 50 gram leunca
  • 50 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 3 lembar daun salam, potong-potong
  • 2 tangkai daun kemangi
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 buah cabai merah keriting, iris miring
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 1/4 sendok teh gula pasir

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 2 siung bawang putih

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Pepes Tempe Campur Cumi Asin yang Hangat dan Nikmat;

  1. Persiapan kali ini menjadi langkah penting untuk dilakukan sebab ada beberapa cara pengolahan bahan yang tidak dicantumkan pada resep. Dengan menyimak cara kali ini maka tentunya anda akan lebih terbantu mengolah beberapa bahan terutama bahan utama sebelum dicampurkan dengan sajian lainnya. 

  2. Bahan utama cara pengolahannya adalah dengan terlebih dahulu dikukus dalam sebuah kukusan kira-kira selama 10 menit. Hal ini dilakukan agar tempe menjadi lebih lembut dan mudah dihancurkan.

  3. Angkat tempe apabila sudah dikukus dengan merata. Kemudian siapkan sebuah wadah dan masukkan tempe kedalamnya setelah itu, haluskan tempe dengan menggunakan ulekan secara merata. Sisihkan dalam wadah nantinya akan kita campurkan dengan bahan dan bumbu lainnya. 

  4. Untuk bahan cumi asin anda akan dapat mengolah sajian ini dengan cara menyeduhnya dalam sebuah wadah dan tuangkan air panas kedalamnya. Seduh cumi untuk mengurangi kadar garamnya agar tidak terlalu kentara.

  5. Bila sudah selesai angkat dan tiriskan sajian ini dengan merata. Baru setelah itu, siapkan sebuah wajan kemudian masukkan minyak goreng dan panaskan dengan merata. Goreng cumi asin sampai berkulit. 

  6. Angkat, lalu iris bahan ini dengan ukuran yang lebih tipis. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara nantinya bahan ini akan kita jadikan sebagai bahan campuran.

Cara Membuat Membuat Pepes Tempe Campur Cumi Asin yang Hangat dan Nikmat:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan ambil tempe yang sudah dihaluskan dengan merata kemudian masukkan leunca bersama dengan potongan cumi asin.

  2. Tambahkan daun bawang yang sudah diiris dengan halus, kemudian setelah itu masukkan kemangi dan daun salam. Aduk-aduk kembali dengan semua bahan campuran lainnya. 

  3. Masukkan pula cabai keriting bersama dengan santan. Lalu tuangkan kocokan telur kedalamnya. Bumbui dengan garam dan gula pasir lalu aduk dengan merata. 

  4. Setelah semua bumbu dan bahan tercampur dengan merata maka langkah selanjutnya silahkan ambil satu lembar daun pisau. Lalu berikan adonan tempe dan atur dengan menggunakan sendok. 

  5. Bungkus dengan rapi dan hati-hati, terakhir sematkan lidi dimasing-masing ujungnya untuk menahan agar pepesan tidak kembali berantakan.

  6. Siapkan sebuah kukusan dan kukus tempe kedalamnya dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 30 menit sampai matang dan menyatu.

Catatan Resep

Bila hidangan ini sudah selesai dikukus maka keluarkan dari kukusan dan hidangan dalam piring saji. Sajian ini akan lebih nikmat bila disantap saat masih hangat.