Trik Mudah Mengupas Telur Rebus dengan Sempurna

Kegiatan memasak memang menjadi hal yang paling menyenangkan untuk banyak ibu di rumah. Betapa tidak, mampu mengolah dan menyajikan sendiri masakan buatan sendiri akan tentu memberikan kebanggan tersendiri untuk semua ibu. Apalagi bila hidangan makanan yang dimasak adalah resep yang mudah dan enak. Sehingga semua keluarga jatuh cinta dengan masakan yang ibu buat.

Akan tetapi, ketika mendengar kata memasak kebanyakan orang mengartikan kegiatan memasak sebagai sebuah kegiatan yang repot dan memakan banyak waktu. Betapa tidak, memasak bukan hanya tentang meracik bumbu. Namun juga mempersiapkan semua bahan yang perlu diolah dalam sebuah masakan.

Misalnya ketika hendak memasak sambal goreng telur yang mana tentu kita sudah pahami bahwa sajian ini dibuat dengan menggoreng telur yang direbus. Akan tetapi, kegiatan yang paling menjengkelkan adalah ketika mengupas telur rebus dimana si cangkangnya seringkali tidak terkupas dengan sempurna.

Trik Mudah Mengupas Telur Rebus dengan Sempurna

Akan tetapi, bila anda menyimak beberapa cara dan trik mudah mengupas telur rebus dibawah ini maka anda tidak akan lagi menemukan masalah semacam ini. Ada beberapa trik yang perlu dipelajari agar sajian telur rebus dapat dikupas kulitnya dengan sempurna. Mari simak dibawah ini informasinya.

Masukkan Telur Sebelum Air Mendidih

Trik pertama yang penting untuk diperhatikan dengan baik pada saat menginginkan telur rebus dapat dikupas dengan mudah dan sempurna adalah ketika anda merebus sajian telur itu sendiri.

Ada cara kunci yang penting diperhatikan ketika anda merebus telur. Jika biasanya kita seringkali merebus sesuatu pada saat air rebusan sudah mendidih. Lalu kita memasukkan bahan tersebut kedalamnya. Lain halnya lagi ketika anda menginginkan telur rebus yang anda masak dapat dikupas dengan sempurna.

Untuk mendapatkan telur rebus yang kulitnya mudah dikupas tanpa meninggalkan daging telur pada kulit, anda akan dapat memasukkan telur sebelum air mendidih. Cara inilah yang akan memudahkan telur untuk dapat dikupas dengan sempurna. Jadi demikian, tak perlu menunggu sampai air rebusan mendidih ketika anda hendak merebus telur.

Sebaliknya, apabila telur dimasukkan setelah air mendidih, hal ini akan menyebabkan kulit telur menempel dengan kuat pada bagian putihnya sehingga ketika dikupas kulit akan kemungkinan menempel pada bagian putih. Dan hal ini biasanya akan mungkin membuat telur yang dikupas cenderung hancur.

Tambahkan Soda Kue

Soda kue dalam menjadi alkalin (basa) alami yang memudahkan telur dapat dikupas dengan lebih mudah. Dengan memasukan soda maka telur akan dapat lebih licin dan lebih mudah untuk dikupas.

Jadi demikian, untuk memudahkan anda merebus telur yang kulitnya lebih mudah dikupas. Maka silahkan anda bisa memasukkan sebanyak 1 sendok teh soda kue kedalam rebusan air.

Hal inilah yang akan membantu melonggarkan ikatan antara putih telur bersama dengan cangkangnya. Nah, untuk itulah penting sekali memasukan soda kue saat merendam telur sebelum direbus. Sementara untuk ukuran air yang digunakan untuk merebus telur bisa anda sesuaikan dengan banyak telur yang dimasak atau direbus.

Tambahkan Cuka

Sama dengan ketika anda memasukan soda kue kedalam rebusan telur. Cuka pun bisa menjadi bahan basa alami untuk memudahkan telur mengelupas dari kulitnya. Sehingga demikian, telur yang direbus dapat dikupas dengan sempurna.

Cara yang satu ini memudahkan anda untuk dapat mengolah telur rebus yang dimasak menjadi sajian apa saja. Selain itu, tentunya telur rebus yang dikupas dengan sempurna memungkinkan masakan yang dibuat menjadi terlihat lebih sempurna dan cantik.

Dengan demikian, anda akan senantiasa menambahkan cuka kedalam rendaman air sebelum merebus telur. Jangan khawatir dengan rasa dari telur yang direbus. Sebab telur akan tetap memiliki rasa yang khasnya dan tidak akan berubah menjadi asam.

Tuangkan Perasan Air Jeruk Nipis

Selain menggunakan dua bahan diatas, anda pun akan senantiasa memanfaatkan perasan air jeruk nipis guna memudahkan anda untuk merebus telur agar lebih mudah dikupas.

Sama halnya dengan memasukan dua bahan asam diatas. Anda pun akan senantiasa memasukkan cair perasan jeruk nipis ketika air rebusan telur belum mendidih. Selanjutnya setelah matang anda akan mendapati bahwa telur lebih mudah dikupas nantinya.

Cara yang satu ini dapat menjadi pilihan bila anda tidak memiliki dua bahan diatas. Maka air perasan jeruk nipis bisa dijadikan alternatif untuk anda yang menginginkan telur rebus lebih mudah dikupas. Selain itu, tentunya air perasan jeruk nipis lebih mudah ditemukan sebab bahan ini akan dapat anda temukan di pasar sekaligus ketika anda membeli bahan-bahan makanan.

Rendam Rebusan Telur Matang dalam Air Es

Cara lain yang akan juga bisa anda aplikasikan dengan mudah di rumah adalah dengan langsung merendam telur rebus yang sudah matang dalam air es. Cara ini akan dapat memudahkan anda mengupas telur rebus dengan lebih sempurna tanpa khawatir bagian putih telurnya terangkat.

Caranya adalah dengan memastikan anda sudah menyiapkan air es didalam kulkas sebelum anda merebus telur. Kemudian setelah telur rebus matang secara merata maka selanjutnya anda akan dapat menuangkan air es didalam sebuah wadah.

Kemudian setelah itu, ambil satu per satu telur rebus yang matang dan masukkan kedalam rendaman air es didalam baskom. Diamkan sementara sampai telur menjadi lebih dingin merata.

Selanjutnya anda akan dapat mengupas telur. Selain lebih mudah mengelupas dari putihnya, telur yang direndam dengan air es pun akan tentu lebih mudah dikupas karena anda tidak perlu menggunakan alas sebab telur sudah dingin.

Dikocok-Kocok dalam Wadah

Selain itu, cara lain yang akan senantiasa anda coba adalah dengan mengocok telur didalam sebuah wadah. Cara ini akan dapat anda gunakan ketika anda hendak mengupas telur rebus dalam jumlah yang banyak.

Cara ini akan lebih efektif untuk memudahkan anda mengupas telur dan memungkinkan anda mengupas telur dalam waktu yang singkat. Untuk itu, cara ini akan menjadi alternatif yang baik yang akan dapat anda lakukan.

Caranya cukup mudah anda hanya perlu memasukkan telur rebus yang sudah matang dalam sebuah wadah yang besar. Kemudian isikan dengan air sebelum anda menutup wadah tersebut dengan merata.

Lalu setelah itu, kocok-kocok telur dengan cepat hingga dapat dipastikan anda meretakan bagian kulitnya dengan merata. Bila sudah selesai maka anda akan dapat dengan mudah mengupas kulit dari telur rebus tersebut.

Digulung Diatas Permukaan Datar

Cara terakhir yang akan senantiasa anda lakukan untuk mengupas telur rebus dengan sempurna adalah dengan menggulungnya diatas permukaan datar. Cara ini dapat anda lakukan setelah telur yang direbus matang secara merata. Angkat telur dan diamkan sementara kemudian gulungkan telur diatas permukaan datar seperti tatakan. Baru anda akan dapat mengupas kulitnya dari kulit yang sudah retak.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons