4 Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau dan Lebih Sedap

Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau – Jengkol memiliki aroma yang tidak sedap. Karena alasan inilah banyak orang yang tidak menyukai jengkol. Padahal sebenarnya bau jengkol  bisa dihilangkan sehingga sajian jengkol akan terasa lebih sedap.

Ada beberapa tips yang dapat anda coba untuk menghilangkan aroma tidak sedap jengkol. Mudah diikuti di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sederhana. Penasaran seperti apa tips mengolah jengkol agar tidak bau? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau

Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau dan Lebih Sedap

Jengkol bisa diolah menjadi berbagai sajian yang lezat, seperti semur jengkol, jengkol balado,  jengkol goreng dan lain sebagainya. Nah, agar sajian jengkol semakin lezat dan tidak bau anda bisa mengolahnya dengan tips berikut ini.

Baca juga : Cara Mengolah Hati Sapi Agar Empuk

Rendam Jengkol Selama Semalaman

Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau

Tips pertama yang bisa anda lakukan agar  jengkol tidak bau dan rasanya lebih sedap yaitu dengan merendam jengkol selama semalaman.

Silakan ambil jengkol yang akan anda olah. Lalu rendam di dalam air selama semalaman. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa merendamnya dengan air dan campuran kapur sirih atau susu. Tidak hanya dapat menghilangkan aroma tidak sedap pada jengkol, namun caranya ini juga diketahui ampuh mengurangi getah jengkol. Oleh karena itu, saat merendam jengkol pastikan semua bagian jengkol terendam dengan sempurna.

Cuci Jengkol Menggunakan Air Beras

Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau

Ketika mencuci beras, air cuciannya biasanya langsung kita buang. Padahal, air cucian beras ini bisa dimanfaatkan untuk mencuci jengkol. Ini dilakukan agar bau tidak sedap pada jengkol bisa hilang dan jengkol akan terasa semakin lezat.

  • Nah, apabila jengkol sudah direndam selama semalaman, anda bisa mencuci jengkol dengan menggunakan air beras.
  • Ketika mencucinya anda bisa sambil menggosok-gosok pelan supaya bau jengkol perlahan hilang.
  • Setelah itu, silakan rebus jengkol selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Ini dilakukan agar daging jengkol lebih empuk ketika dimasak.

Menambahkan Aneka Rempah-Rempah

Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau

Tips selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengurangi bau tidak sedap pada jengkol yaitu dengan merebusnya bersama aneka rempah.

  • Silakan siapkan rempah-rempah seperti serai, daun salam dan daun jeruk purut. Rempah-rempah ini diketahui efektif untuk menonjolkan aroma pada makanan. Selain itu rempah-rempah ini juga dapat membuat tekstur jengkol lebih empuk.
  • Selanjutnya silakan didihkan air secukupnya saja. Setelah mendidih, anda bisa memasukan jengkol dan rempah-rempah yang sudah disediakan.
  • Rebus selama beberapa saat atau kurang lebih 15 menit.

Rebus Jengkol Bersama Daun Jambu Biji

Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau

Daun jambu biji juga bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada jengkol. Caranya mudah sekali, seperti berikut ini.

  • Silakan siapkan daun jambu biji sebanyak 3 hingga 5 lembar berukuran sedang.
  • Kemudian cuci bersih daun jambu biji tersebut.
  • Setelah itu, rebus bersama dengan jengkol yang telah direndam selama semalaman. Anda bisa merebusnya selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Memanfaatkan Jahe

Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau

Jahe menjadi salah satu rempah yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan. Selain itu, jahe juga diketahui dapat membantu menghilangkan aroma tidak sedap pada jengkol.

Caranya yaitu, silakan siapkan jahe secukupnya saja. Kemudian silakan parut jahe. Anda bisa menambahkan parutan jahe ini ketika memasak jengkol. Aroma jahe yang kuat dapat menyamarkan aroma jengkol, serta dapat menambah cita rasanya.

Artikel lainnya : Cara Menyimpan Bawang Agar Awet

Itulah beberapa tips mengolah jengkol agar tidak bau dan lebih sedap. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons