5 Tips Mengolah Cumi Agar Lembut dan Tidak Amis

Tips Mengolah Cumi Agar LembutCumi menjadi salah satu seafood yang banyak disukai. Memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang lezat, membuat banyak orang ketagihan menikmati cumi, apalagi jika diolah menjadi hidangan yang lezat.

Hanya saja, ketika mengolah cumi tidak sedikit orang yang terganggu oleh bau amisnya. Sehingga jika tidak diolah dengan tepat, maka olahan cumi pun akan bau amis dan kurang lezat. Selain itu, cara mengolah yang tidak tepat akan membuat cumi menjadi alot.

Namun, meskipun begitu anda jangan khawatir karena ada beberapa tips mengolah cumi yang bisa anda lakukan di rumah dengan mudah agar tidak amis dan teksturnya lembut. Untuk mengetahui apa saja tipsnya, anda bisa simak di bawah ini.

Baca juga : Tips Mengolah Ayam Kampung Agar Empuk

Tips Mengolah Cumi Agar Lembut

Tips Mengolah Cumi Agar Lembut dan Tidak Amis

Yuk ikuti tips berikut ini sebelum anda mengolah cumi menjadi hidangan yang lezat, agar cumi lembut dan tidak bau amis.

Memilih Cumi Segar

Tips Mengolah Cumi Agar Lembut

Ketika anda membeli cumi-cumi, pastikan anda memilih cumi yang masih segar. Jika kondisi cumi masih bagus, maka anda akan menghasilkan hidangan cumi yang lebih lezat. Yuk perhatikan tips di bawah ini.

  • Cumi yang masih segar memiliki ciri-ciri mata bening, warnanya cerah, permukaan kulitnya masih bagus, serta daging teksturnya kenyal dan padat.
  • Selain itu, anda juga harus memperhatikan aroma cumi yang anda pilih. Apabila tercium aroma amis, maka kondisi cumi tersebut sudah tidak lagi segar.

Hindari Menyimpan Cumi Terlalu Lama

Tips Mengolah Cumi Agar Lembut

Setelah anda membeli cumi segar, sebaiknya jangan menyimpannya terlalu lama. Pasalnya, menyimpan cumi terlalu lama akan membuat bau amisnya semakin menyengat. Bahkan teksturnya akan menjadi berair dan lembek.

Oleh karena itu, sebagai cara agar cumi tidak bau amis dan empuk, anda harus mengolahnya langsung setelah dibeli. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai sajian yang nikmat sesuai keinginan.

Mencuci Cumi Hingga Bersih

Tips Mengolah Cumi Agar Lembut

Sebelum mengolah cumi, tentu langkah yang harus anda lakukan sebelumnya yaitu mencuci cumi hingga benar-benar bersih. Yuk perhatikan tips berikut ini.

  • Silakan ambil cumi yang sudah anda beli.
  • Kemudian cuci cumi hingga bersih di bawah air mengalir.
  • Anda harus membuang tinta yang terdapat pada perut cumi.
  • Kemudian agar cumi lebih mudah diolah anda harus membuang tulang rawan di bagian dalam cumi yang menyerupai plastik.
  • Setelah itu anda bisa kembali mencuci cumi hingga benar-benar bersih.

Lumuri Cumi Menggunakan Jahe dan Jeruk Nipis

Tips Mengolah Cumi Agar Lembut

Memanfaatkan jahe dan jeruk nipis bisa juga anda lakukan untuk menghilangkan bau amis pada cumi. Anda bisa menggunakan kedua bahan ini setelah cumi dicuci bersih.

  • Silakan lumuri cumi yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan air jeruk nipis. Lalu diamkan selama sekitar 5 hingga 10 menit. Air jeruk nipis mengandung zat asam yang dengan efektif akan dapat menghilangkan aroma amis pada cumi.
  • Selain menggunakan air jeruk nipis, anda juga bisa menggunakan jahe. Dengan cara membalurkan jahe yang sudah diparut pada daging cumi untuk menghilangkan aroma amis yang tidak sedap.

Merebus Cumi

Tips Mengolah Cumi Agar Lembut

Supaya ketika diolah daging cumi lembut, anda bisa merebusnya terlebih dahulu.

  • Silakan siapkan air dan rebus cumi selama sekitar 3 hingga 5 menit.
  • Setelah itu, silakan angkat dan tiriskan dalam air dingin.
  • Dengan cara ini daging cumi teksturnya akan menjadi lebih empuk dan lembut.

Lihat juga : Tips Menghilangkan Bau Amis Ikan dengan Bahan Sederhana

Itulah beberapa tips mengolah cumi agar lembut dan tidak bau amis sehingga olahan cumi yang anda buat akan semakin lezat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons