5 Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket Pada Wajan

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket – Ikan sering dijadikan pilihan untuk menu makan lezat dan sehat. Rasanya yang gurih, ikan biasanya sering diolah dengan cara digoreng hingga kering dan tekstur dagingnya renyah. Meskipun begitu, ketika menggoreng ikan masalah kerap kali dialami, baik itu ikan yang menempel pada wajan hingga minyak goreng yang meletup keluar dan melukai tangan. Sehingga banyak orang yang merasa malas saat hendak menggoreng ikan.

Baca juga : Tips Mengolah Ati Ampela Agar Tidak Bau Amis

Namun, anda jangan merasa khawatir karena ada beberapa tips menggoreng ikan yang bisa anda ikuti. Dengan tips ini ikan tidak akan lengket dan letupan minyak bisa diminimalisir. Yuk simak tips menggoreng ikan agar tidak lengket berikut ini.

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket Pada Wajan

Tips menggoreng ikan agar tidak lengket sangat mudah diikuti. Anda hanya perlu memperhatikan wajan yang digunakan hingga suhu minyak untuk menggoreng ikan. Yuk simak tips menggoreng ikan agar tidak lengket berikut ini.

Menggunakan Wajan Bersih dan Minyak Goreng yang Baru

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket

Tips menggoreng ikan yang pertama yaitu menggunakan wajan bersih serta minyak yang baru. Jika kondisi wajan bersih maka akan mencegah ikan menempel atau lengket pada wajan. Lain halnya dengan wajan yang sebelumnya sudah digunakan, hal ini akan membuat ikan menjadi lengket.

  • Silakan ambil wajan bersih atau wajan yang belum digunakan.
  • Atau anda bisa mencuci wajan terlebih dahulu hingga bersih.
  • Lalu lap wajan hingga kering agar minyak tidak meletup ketika menggoreng ikan.

Tunggu Minyak Hingga Panas

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket

Tips selanjutnya yaitu memanaskan minyak untuk menggoreng ikan. Pastikan minyak goreng yang digunakan benar-benar panas.

  • Silakan tuangkan minyak goreng pada wajan yang sudah kering.
  • Kemudian silakan panaskan minyak goreng tersebut hingga meletup-letup dan permukaannya menjadi bergelembung. Anda dapat memanaskan minyak dengan menggunakan api sedang.
  • Supaya ikan goreng matang dengan merata, anda harus menggunakan minyak goreng lebih banyak. Ini dilakukan supaya permukaan ikan seluruhnya terendam.

Mengatur Suhu Minyak

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket

Mengatur suhu minyak juga harus anda lakukan sebagai tips menggoreng ikan agar tidak lengket dan meletup-letup. Perhatikan tips berikut ini.

  • Sebelum anda menggoreng ikan, anda sebaiknya kembali cek suhu minyak yang akan digunakan untuk menggoreng.
  • Apabila minyak sudah benar-benar panas, anda dapat mengecilkan api. Ini dilakukan supaya minyak tidak meletup-letup.
  • Kemudian anda bisa memasukan ikan yang akan digoreng dan masak menggunakan api kecil.

Hindari Terlalu Sering Membolak-Balikan Ikan

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket

Sering membolak-balikan ikan ketika menggoreng akan membuat tekstur ikan menjadi lembek, serta ikan mudah hancur.

Oleh karena itu, sebagai cara menggoreng ikan agar tidak lengket yaitu hindari membolak-balikan ikan terlalu sering jika ikan belum terlalu matang. Apabila sudah agak matang, anda bisa membalikannya untuk mematangkan bagian sisi yang lainnya.

Tambahkan Perasan Air Jeruk Nipis

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket

Tips lainnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan menambahkan perasan air jeruk nipis. Hal ini akan membantu mengurangi lengket dan mencegah minyak meletup ke luar.

  • Caranya yaitu, sebelum minyak panas atau meletup-letup, anda dapat menambahkan air jeruk nipis sebanyak 4 hingga 6 tetes.
  • Setelah itu, anda bisa memasukan ikan yang akan digoreng ke dalam minyak dan masak hingga ikan benar-benar matang.

Artikel menarik lainnya : Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau

Itulah beberapa tips menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan dan minyak tidak meletup-letup. Dengan mengetahui beberapa tips di atas kini anda akan dapat menggoreng ikan lebih mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons