Tips Mencari Kos-Kosan Untuk Pemula

Tips Mencari Kos-Kosan Untuk Pemula -Ngekos menjadi solusi bagi mereka yang harus bekerja atau menempuh pendidikan jauh dari rumahnya. Dengan ngekos mereka tidak perlu pulang pergi dari tempat kerja atau tempat belajar ke rumah, apalagi jika beda kota. Memilih kos-kosan yang tepat tentu akan bikin nyaman dan betah.

Nah, untuk para pemula yang sedang mencari kos-kosan, sebaiknya simak terlebih dahulu beberapa tips mencari kosan untuk pemula seperti berikut ini.

Tips Mencari Kos-Kosan Untuk Pemula

Tips Mencari Kos-Kosan Untuk Pemula

Untuk anda yang baru pertama kali kost, penting untuk menyimak beberapa tips mencari kos-kosan untuk pemula seperti di bawah ini.

Dari Jauh-Jauh Hari Survey Harga

Tips pertama untuk anda yang sedang cari kost yaitu melakukan survey harga dari jauh hari. Ini tentunya sangat penting apalagi jika anda memiliki budget yang terbatas. Kamar kos yang harganya murah tapi nyaman biasanya akan menjadi rebutan. Kamar kos yang harganya mahal dan eksklusif biasanya jarang diminati.

Oleh karena itu, anda sebaiknya menyiapkan waktu khusus untuk mencari kos, mensurvei harga, serta anda juga bisa membandingkan fasilitas antara satu kos-kosan dengan kosan lainnya.

Pilih Kamar Kos dengan Sewa Perbulan

Tarif kamar kos ada yang dibayar perbulan, per tahun dan ada juga yang pembayarannya per minggu. Anda sebaiknya memilih kamar kos yang tarif sewanya perbulan. Pasalnya, jika anda memilih kamar kos yang tarif sewanya per minggu akan membuat anda repot. Anda harus setiap minggu berkomunikasi dengan pemilik kosan untuk membayar sewa.

Jika anda menyewa per tahun, bisa saja anda tidak betah dan ingin pindah kosan karena berbagai faktor seperti lingkungan kosan yang kurang nyaman dan aman, tetangga kos yang berisik dan lain sebagainya. Jika anda memilih sewa kos perbulan setidaknya anda tidak perlu menunggu lama untuk bisa pindah kosan jika tidak betah.

Baca Juga  Resep Korean Cheese Ball

Lokasi Kos Pastikan Strategis

Tempat kos yang anda pilih pastikan lokasinya strategis, dekat dengan tempat makan, kendaraan umum ataupun tempat kuliah. Untuk mencari makan, setidaknya anda bisa jalan kaki ke warung. Selain itu, menyewa kost terdekat dengan tempat kuliah akan lebih menghemat ongkos.

Perhatikan Fasilitas Kos yang Didapat

Ketika anda survey mencari kosan, kemudian bertemu dengan pemilik kosnya, maka anda bisa bertanya seputar fasilitas yang akan anda dapatkan jika ngekos di tempat tersebut. Intinya anda jangan malu untuk bertanya. Jika anda sudah mengetahui apa saja fasilitas yang didapatkan tentunya anda akan lebih mantap untuk menyewa kosan di tempat tersebut.

Perhatikan Teman Kos

Hal yang tidak kalah penting lainnya mencari kos-kosan yaitu teman kos. Tempat kos biasanya memiliki tiga kategori yaitu khusus untuk pria, wanita ataupun campur. Anda bisa mempertimbangkan kategori tersebut sebelum menentukan pilihan.

Peraturan Kosan

Di awal peraturan kosan biasanya lupa untuk dibahas. Padahal hal ini sangat penting sekali. Anda bisa bertanya apakah ada jam malam yang berlaku atau tidak. Apabila anda telat membayar sewa kos apakah ada denda atau tidak. Masalah pembayaran listrik dan air juga sebaiknya ditanyakan. Boleh membawa barang-barang apa saja dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa tips mencari kosan untuk pemula yang bisa anda perhatikan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Tinggalkan komentar