Tips Memilih Warna Cat Eksterior Rumah

Tips Memilih Warna Cat Eksterior Rumah – Memiliki rumah yang indah dan nyaman tentu menjadi dambaan semua orang. Berbagai cara tentu akan dilakukan untuk menciptakan rumah yang indah, termasuk memilih warna cat yang cantik untuk interior dan eksterior rumah.

Seperti yang kita ketahui, warna memiliki pengaruh untuk tampilan rumah secara keseluruhan. Memilih warna yang tepat akan membuat rumah nampak semakin bagus dan menarik. Nah, agar tidak salah pilih berikut ini beberapa tips memilih warna cat eksterior rumah.

Cat Eksterior Rumah

Tips Memilih Warna Cat Eksterior Rumah

Sebelum memilih warna cat eksterior rumah, anda sebaiknya perhatikan beberapa tips di bawah ini.

Pilih Cat Waterproof

Tips pertama memilih warna cat eksterior rumah yaitu pilihlah cat yang sifatnya waterproof. Pasalnya, bagian depan rumah merupakan bagian yang rentan terkena dampak cuaca. Oleh karena itu, anda bisa memilih cat rumah eksterior yang sifatnya waterproof. Cat ini terbuat dari acrylic dan polimer yang bersifat dapat menahan rembesan air serta anti bocor. Dimana rembesan air jika dibiarkan akan menyebabkan munculnya lumut pada dinding rumah.

Selain itu, beberapa keunggulan lainnya jika anda memilih cat waterproof yaitu tahan lama dan kuat. Penggunaannya mudah dan cepat kering. Selain itu, cat jenis ini sifatnya elastis, dapat mengikuti pemuaian sehingga tidak akan mudah rontok.

Pilih Cat yang Tidak Merusak Dinding

Selain memperhatikan warna, anda juga harus memperhatikan bahan cat. Sesuaikan bahan cat dengan material dinding rumah anda. Tentunya penggunaan cat pada dinding tembok akan berbeda dengan dinding batu atau kayu. Untuk dinding tembok, sebaiknya anda memilih cat yang lebih tebal. Supaya bisa menutup semennya.

Sedangkan jika dinding rumah anda terbuat dari batu atau kayu, anda bisa memakai cat yang sedikit tipis. Hal ini dilakukan agar kesan alami dari bahan tersebut tetap terlihat. Pastikan dinding dibersihkan hingga benar-benar kering sebelum dicat supaya tidak terkelupas.

Baca Juga  Resep Serabi Nangka

Sesuaikan dengan Dekorasi

Tips memilih cat eksterior selanjutnya yaitu dengan memperhatikan konsep desain eksterior rumah. Apabila rumah anda menerapkan konsep minimalis, anda bisa memilih warna yang lembut atau sifatnya netral seperti warna putih, abu-abu dan lain sebagainya. Jika rumah anda menggunakan konsep dekorasi klasik, maka warna yang bisa dijadikan pilihan yaitu warna krem. Selain itu, anda juga bisa memilih warna cerah yang akan menampilkan kesan luas.

Mengkombinasikan dengan Warna yang Ada

Agar tampilan rumah lebih menarik dan unik, tidak ada salahnya jika anda mengkombinasikan beberapa warna. Salah satu tips dalam mengkombinasikan warna yaitu jangan mengkombinasikan warna gelap dengan warna gelap atau warna terang dengan warna terang.

Jika ingin mengkombinasikan beberapa warna, anda bisa memilih warna netral. Misalkan warna putih, abu-abu dan krem. Jika ingin menampilkan kesan ceria, anda bisa mengkombinasikan warna cerah seperti merah dan kuning dengan warna netral.

Sesuaikan dengan Warna Cat Interior Rumah

Anda juga bisa memilih warna cat berdasarkan warna cat interior rumah. Ini merupakan tips paling mudah dan sederhana agar tampilan rumah secara keseluruhan terlihat serasi.

Itulah beberapa tips memilih warna cat eksterior rumah yang bisa anda perhatikan. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat .

Tinggalkan komentar