Tips Memilih Tempe Berkualitas dan Cara Menyimpannya Agar Tidak Mudah Basi

Tempe merupakan bahan makanan yang murah dan mudah didapatkan.

Tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan bantuan jamur. Meskipun tempe merupakan bahan makanan yang sederhana dan murah, namun tempe memiliki kandungan gizi yang tinggi. Di dalam tempe terdapat kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Selain hanya digoreng, tempe juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang menggugah selera. Tempe bisa diolah menjadi sayur ataupun tumisan dengan menggunakan bumbu pilihan yang akan memberikan rasa.

Terkadang ketika memilih tempe banyak orang yang merasa kesulitan dalam membedakan tempe yang berkualitas dan tidak.  Nah, bagi anda yang sering mengalami hal sepert itu, anda bisa simak tips memilih tempe berkualitas untuk menu makan bersama keluarga di bawah ini.

8.TIPS-MEMILIH-TEMPE-BERKUALITAS.jpg

Tips Memilih Tempe Berkualitas

  1. Tempe berkualitas adalah tempe yang masih dalam keadaan baru dan segar. Tempe bekualitas memiliki kedelai yang rapat dan padat. Anda bisa memilih tempe seperti ini untuk diolah.
  2. Pilihlah tempe yang masih segar dan baru. Tempe segar dan baru bisa dilihat dari suhunya. Jika suhu tempe masih hangat dan aroma dari kedelai masih tercium, maka itu tandanya tempe tersebut masih baru dan segar.
  3. Pilihlah tempe yang memiliki serabut berwarna putih, tidak hitam atau tidak berwarna gelap.
  4. Tempe yang berbau dan berlendir merupakan tempe yang sudah basi dan tidak berkualitas. Oleh sebab itu, hindari memilih tempe dengan keadaan seperti itu.
  5. Pilih dan beli tempe yang berwarna putih. Jangan memilih tempe berwarna kuning, karena bisa saja tempe tersebut mengandung pewarna.
  6. Itulah beberapa tips memilih tempe berkualitas. Setelah tempe berkualitas anda dapatkan, anda juga harus tahu tips menyimpan tempe tersebut agar tidak mudah basi dan tetap sehat.

Tips Menyimpan Tempe Agar Tidak Mudah Basi

  1. Jika tempe yang sudah anda beli disimpan dengan baik dan benar, maka umur tempe pun akan panjang atau tidak akan mudah basi. Tempe akan tetap enak dan sehat meskipun disimpan dalam waktu yang cukup lama. Nah, bagi anda yang tidak akan langsung memasak tempe, anda bisa simak langsung tips menyimpan tempe agar tetap awet dan sehat seperti di bawah ini.
  2. Tempe yang masih dalam kedaan hangat merupakan tempe baru dan masih segar. Namun, sebelum disimpan alangkah lebih baik jika anda mengangin-anginkannya terlebih dahulu. Jika sudah, anda bisa langsung menyimpan tempe tersebut di dalam kulkas.
  3. Ketika hendak menyimpan tempe, anda harus membiarkan tempe dalam keadaan utuh. Tidak dibuka atau dipotong. Ketika masih dalam keadaan utuh, simpan tempe di dalam lemari pendingin atau kulkas.
  4. Selain itu, agar tempe tetap awet dan sehat anda bisa menyimpannya dengan cara mengukusnya terlebih dahulu. Kukus tempe selama kurang lebih 15 menit. Hal ini dilakukan untuk menghentikan proses fermentasi. Jika sudah, biarkan hingga dingin. Lalu anda bisa memasukannya ke dalam kulkas.
  5. Agar tempe tetap sehat dan enak dikonsumsi, anda bisa mengungkep tempe potong yang sebelumnya sudah dibumbui. Bumbu yang digunakan yaitu ketumbar, bawang putih dan garam, yang mana semua bumbu tersebut sudah dihaluskan. Lalu simpan tempe di dalam kulkas.

Itulah tips memilih dan menyimpan tempe. Semoga tips yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Jangan lupa untuk share tips bermanfaat ini kepada teman anda. Sertakan pula komentar anda pada kolom yang tersedia di bawah.

Loading...