7 Tips Memilih Buah Anggur yang Baik dan Benar

Tips Memilih Buah Anggur – Ketika membeli buah anggur, anda harus memilih buah yang masih segar dan kualitasnya bagus agar awet dan tahan lama. Untuk memudahkan anda memilih buah anggur yang tepat, yuk simak beberapa tipsnya berikut ini.

Tips Memilih Buah Anggur

Tips Memilih Buah Anggur yang Baik dan Benar

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih buah anggur . Yuk simak tips memilih buah anggur berikut ini.

Lihat juga : Cara Menyimpan Cabai Agar Tidak Mudah Busuk

Pilih Buah yang Masih Terdapat Batangnya

Tips Memilih Buah Anggur

Buah anggur akan dipanen dengan batangnya. Anggur yang masih terdapat batangnya lebih bagus untuk dipilih. Jika anggur sudah terlepas dari batangnya, itu tandanya anggur sudah terlalu matang. Anggur yang sudah terlepas dari batangnya akan lebih mudah busuk.

Sebagai tips memilih buah anggur yang baik dan benar, maka anda harus memilih buah anggur yang masih terdapat batangnya. Perhatikan juga warna batangnya ketika memilih anggur, pastikan anda memilih buah anggur dengan batang yang warnanya masih kehijauan.

Perhatikan Bentuk Buah

Tips Memilih Buah Anggur

Tips selanjutnya yang harus anda perhatikan saat memilih buah anggur yaitu bentuk buahnya. Yuk simak beberapa tipsnya berikut ini.

  • Ketika memilih anggur pastikan buahnya mempunyai butiran padat dan tidak memiliki kerutan. Jika buah berkerut dan lembek, maka itu tandanya buah anggur sudah tidak layak untuk dikonsumsi.
  • Jangan pilih buah anggur yang terdapat lubang atau cacat.
  • Ketika anda menyentuh kulit buah anggur terasa lengket, itu tandanya buah anggur tidak bagus untuk dikonsumsi sehingga anda jangan memilihnya.

Perhatikan Warna Anggur

Tips Memilih Buah Anggur

Selain bentuk buahnya, anda juga harus memperhatikan warna anggur yang akan dipilih. Kualitas anggur ternyata bisa dibedakan dari warnanya. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Pilihlah buah anggur yang warnanya masih cerah dan tidak pucat. Selain itu, pastikan buah anggur memiliki warna merata. Warna anggur yang tidak merata tandanya anggur belum matang sempurna.
  • Jangan memilih buah anggur yang mempunyai bintik coklat ataupun corak lainnya karena bisa menandakan buah anggur sudah mulai membusuk.

Cium Aroma Anggur

Tips Memilih Buah Anggur

Buah anggur memiliki aroma khas sebagai tanda bahwa keadaannya masih segar. Aroma tersebut akan tercium saat anda mendekatkannya ke hidung.

  • Ketika memilih buah anggur, pastikan anda memilih yang aromanya masih segar, serta manis.
  • Jangan memilih buah anggur yang aromanya seperti cuka yang kuat karena anggur mulai membusuk.

Hindari Memilih Anggur yang Terdapat Jamur

Tips Memilih Buah Anggur

Jamur yang terdapat pada anggur akan dengan mudah menyebar dan membuat proses pembusukan menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan tampilan anggur apakah terdapat keberadaan jamur atau tidak.

  • Anda bisa menekan buah anggur dengan lembut. Jika buahnya terasa empuk, sebaiknya anda jangan memilih anggur tersebut.
  • Jika pada buah anggur terdapat bintik berwarna abu-abu atau putih, sebaiknya jangan dipilih.

Memilih Anggur yang Warnanya Pekat

Tips Memilih Buah Anggur

Hal lainnya yang harus diperhatikan saat memilih anggur yaitu kepekatan dari warna anggur. Pekat yang dimaksud bukan berarti warnanya tua.

Tipsnya yaitu, apabila anda memilih anggur hijau, maka pilihlah warna yang paling hijau. Begitupun dengan jenis anggur lainnya. Apabila warna anggur semakin pekat, maka antioksidannya semakin tinggi.

Memperhatikan Ketebalan Kulit

Tips Memilih Buah Anggur

Jika kulit anggur tipis, maka itu tandanya anggur tersebut memiliki kadar air yang banyak. Sedangkan jika kulitnya tebal, maka anggur tersebut memiliki kadar air yang sedikit.

Sebagai tips, jika anda ingin memilih anggur yang memiliki kadar air yang banyak, maka pilihlah anggur dengan kulit tipis.

Baca juga : Cara Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama

Itulah beberapa tips memilih buah anggur yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons