4 Tips Membuat Tumis Jamur Supaya Tidak Lembek dan Tektsurnya Renyah

Tips Membuat Tumis Jamur Supaya Tidak Lembek – Menentukan menu makan untuk keluarga di rumah terkadang membuat banyak ibu kebingungan. Biasanya para ibu kehabisan ide masakan untuk menu makan, sehingga tak jarang menu yang sama disajikan. Padahal ada banyak inspirasi resep masakan yang bisa dijadikan pilihan. Salah satu bahan yang bisa anda olah yaitu jamur. Selain mengandung gizi yang bagus, jamur mempunyai rasa yang enak dengan tekstur yang kenyal. Jamur juga bisa diolah menjadi berbagi olahan, salah satunya ditumis.

Ada banyak jenis jamur yang bisa anda olah seperti jamur kancing atau jamur tiram. Anda bisa mengolahnya selang seling supaya tidak bosan. Nah, agar tumisan jamur yang anda buat lebih lezat dengan tekstur yang lembut namun tetap renyah, ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat mengolahnya. Berikut ini tips membuat tumis jamur supaya tidak lembek dan teksturnya renyah.

Tips Membuat Tumis Jamur

Tips Membuat Tumis Jamur Supaya Tidak Lembek dan Tektsurnya Renyah

Tips membuat tumis jamur agar tidak lembek, mulai dari memilih jamur yang masih segar hingga cara memasak yang tepat seperti berikut ini.

Baca juga : Tips Memasak Beras Merah Agar Pulen

Pilih Jamur yang Masih Segar

Tips Membuat Tumis Jamur

Saat membeli jamur, hal pertama kali yang harus anda perhatikan yaitu memilih jamur yang kondisinya bagus. Pastikan anda memilih jamur yang masih segar. Jamur segar akan membuat olahan jamur rasanya semakin enak.

  • Cara mengetahui apakah jamur yang anda beli segar atau tidak yaitu dengan melihat kelengkapan jamur.
  • Anda harus memilih jamur dengan bentuk yang utuh.
  • Selain itu, anda harus memastikan jamur kondisinya tidak basah, berlendir atau lembab. Karena bisa saja jamur dengan kondisi seperti itu sudah disimpan lama sehingga rasanya akan menjadi kurang enak.

Cuci Jamur dengan Baik dan Benar

Tips Membuat Tumis Jamur

Sebelum mengolah jamur, salah satu hal penting yang harus diperhatikan yaitu cara mencucinya. Mencuci jamur membutuhkan trik khusus, berbeda halnya dengan cara mencuci bahan makanan lainnya.

  • Ketika mencuci jamur hindari mengguyur, mencucinya di air mengalir atau sampai merendamnya. Pasalnya hal tersebut akan menjadikan jamur lembek saat dimasak.
  • Sebagai cara membersihkan jamur dari kotoran yang menempel, caranya yaitu menyiapkan kain bersih lalu basahi menggunakan air.
  • Kemudian silakan lap semua permukaan jamur dengan lembut hingga semua kotorannya hilang.

Hindari Memasak Jamur Terlalu Lama

Tips Membuat Tumis Jamur

Jika anda ingin mendapatkan tumis jamur dengan tekstur yang lembut namun renyah, ketika memasaknya pastikan tidak terlalu lama.

  • Setelah anda menumis bumbu-bumbu, anda bisa menambahkan air sedikit, bubuhi bumbu dan biarkan hingga air mendidih.
  • Kemudian anda bisa memasukan jamur. Aduk hingga tercampur merata.
  • Anda bisa menumisnya dengan menggunakan api sedang supaya jamur mudah matang.
  • Jika sudah matang, segera matikan api kompor dan tumis jamur bisa dipindahkan pada piring saji.

Jangan Hangatkan Kembali Tumis Jamur

Tips Membuat Tumis Jamur

Jangan kembali menghangatkan tumis jamur yang sudah matang. Anda sebaiknya tidak membuat olahan jamur terlalu banyak sebagai stok.  Karena menghangatkan kembali tumis jamur akan membuat cita rasanya berubah, serta teksturnya akan menjadi lembek dan basi.

Oleh karena itu, setelah tumis jamur matang anda harus langsung menghabiskannya. Jika ingin menyajikan kembali olahan jamur untuk menu makan selanjutnya, anda bisa kembali membuatnya. Buat tumis jamur secukupnya agar bisa langsung dihabiskan.

Lihat juga : Tips Merebus Ayam Agar Empuk dan Lembut

Itulah beberapa tips membuat tumis jamur supaya tidak lembek dan teksturnya tetap renyah. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons