Tips Membuat Kulit Ayam Krispi yang Gurih dan Lezat

Kulit ayam adalah salah satu bagian ayam yang lezat dan disukai banyak orang, terlebih lagi jika kulit ayam diolah dengan cara digoreng dan teksturnya renyah. Sensasi kriuk yang dihasilkan, serta rasanya yang gurih akan membuat ketagihan. Nah, agar kulit ayam goreng teksturnya renyah, yuk simak beberapa tips membuat kulit ayam krispi di bawah ini.

Tips Membuat Kulit Ayam Krispi yang Gurih dan Lezat

Mungkin banyak orang yang gagal membuat kulit ayam krispi karena tidak mengetahui tipsnya. Berikut ini tips membuat kulit ayam agar krispi.

Pisahkan Bagian Lemak dan Kulit Ayam

Tips Membuat Kulit Ayam Krispi

Langkah pertama kali agar kulit ayam goreng menjadi krispi yaitu membuang semua lemak yang terdapat di bagian bawah kulit ayam. Lemak yang masih terdapat pada kulit ayam akan membuat kulit ayam tidak krispi ketika digoreng. Walaupun tidak ada lemaknya, namun kulit ayam tetap akan terasa lezat. Dengan menghilangkan bagian lemak pada kulit akan akan mencegah kulit ayam berbau tengik.

Rendam dengan Menggunakan Air Kapur Sirih

Tips Membuat Kulit Ayam Krispi

Langkah berikutnya yaitu merendam kulit ayam dengan menggunakan air kapur sirih. Tujuan perendaman ini yaitu untuk membuat kulit ayam renyah ketika digoreng.  Silakan sediakan kapur sirih secukupnya saja, lalu anda bisa melarutkannya di dalam air. Tunggu beberapa saat hingga kapur sirihnya mengendap. Air sirih yang terdapat di bawah endapan itu yang nantinya akan digunakan.

Anda bisa merendam kulit ayam dalam air kapur selama kurang lebih 1 jam. Jika sudah, anda bisa mencuci kulit ayam menggunakan air yang mengalir hingga bersih.

Tambahkan Bumbu Garam dan Merica

Tips Membuat Kulit Ayam Krispi

Kulit ayam goreng memiliki rasa yang gurih. Namun, untuk menambah rasanya agar semakin nikmat, anda bisa menambahkan sedikit garam dan merica. Jika anda ingin rasanya semakin gurih dan lezat, anda bisa menambahkan bawang putih bubuk. Kemudian aduk hingga merata.

Celupkan Kulit Ayam Pada Putih Telur

Tips Membuat Kulit Ayam Krispi

Apabila kulit ayam sudah anda bumbui, anda bisa mencelupkannya ke dalam putih telur yang sudah dikocok. Jika sudah, silakan kulit ayam ditiriskan pada wadah kosong. Namun, jika kulit ayam yang akan anda goreng jumlahnya cukup banyak, anda bisa menuangkan putih telur sedikit demi sedikit, lalu mengaduknya hingga merata. Pastikan anda jangan menggunakannya terlalu banyak, yang terpenting kulit ayam semuanya telah dilapisi oleh putih telur.

Gunakan Tepung Beras Untuk Melapisi Kulit Ayam

Tips Membuat Kulit Ayam Krispi

Jika semua kulit ayam yang akan digoreng telah dilapisi dengan putih telur, langkah berikutnya yaitu melapisi kulit ayam dengan menggunakan tepung beras. Langkah ini dilakukan agar kulit ayam teksturnya krispi dan tahan lama.

Caranya yaitu, silakan ayak tepung di atas kulit ayam, kemudian anda bisa membalik-balikannya, lalu ratakan. Anda bisa menyimpan kembali kulit ayam pada ayakan. Silakan ayak kembali kulit ayam ini agar lapisan tepung yang terlalu banyak dapat berkurang.

Goreng

Tips Membuat Kulit Ayam Krispi

Silakan ambil wajan dan masukan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. Lalu minyak goreng tersebut silakan dipanaskan. Setelah panas, goreng kulit ayam dengan menggunakan panas tinggi, serta minyaknya banyak hingga semua bagian kulit terendam oleh minyak.

Karena menggoreng kulit ayam ini menggunakan suhu tinggi, maka menggoreng dengan menggunakan banyak minyak akan mencegah kulit menjadi gosong. Selain itu, dengan cara ini juga akan membuat kulit ayam matang dengan merata, renyah dengan sempurna dan tidak berminyak. Anda bisa menggorengnya dengan membalikan-balikan kulit dengan pelan-pelan hingga matang dan garing atau warnanya berubah menjadi coklat keemasan.

Nah, itulah beberapa tips membuat kulit ayam goreng krispi di rumah dengan mudah. Selamat mencoba.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons