4 Tips Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Basi dan Tahan Lama

Tips Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Basi  – Kesal karena nasi yang anda masak cepat basi? Ternyata agar nasi tidak cepat basi dan tahan lama ada beberapa tips memasak nasi yang dapat anda ikuti. Dengan mengikuti tips ini nasi yang anda masak akan menjadi wangi, empuk dan tidak mudah basi. Yuk simak tips memasak nasi agar tidak cepat  basi di bawah ini.

Baca juga : Cara Menyimpan Bawang Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Basi

Tips Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Basi dan Tahan Lama

Tips memasak nasi berikut ini bisa anda ikuti dengan mudah agar nasi tahan lama, mulai dari cara mencuci beras hingga cara memasak nasi yang tepat.

Cuci Beras dengan Benar

Tips Memasak Nasi

Tips memasak nasi agar tidak cepat basi yang pertama yaitu mencuci beras dengan baik dan benar. Cuci beras yang akan dimasak hingga bersih. Pastikan beras yang akan anda masak bersih dari semua kotoran. Saat mencuci beras sebaiknya tidak dilakukan lebih 3 kali dicuci dengan air. Mencuci beras sebanyak 3 kali sudah cukup agar beras bersih. Ketika mencuci beras pastikan anda melakukannya dengan merata.

Mencuci beras semakin banyak tidak akan membuat beras menjadi lebih bersih. Justru mencuci beras lebih dari 3 kali akan membuat beras kehilangan serat. Nah, berikut ini cara mencuci beras yang benar.

  • Pertama-tama silakan tuangkan air sampai beras terendam.
  • Kemudian aduk-aduk beras sampai kotoran yang terdapat pada beras terangkat.
  • Selanjutnya buang kotoran yang terdapat pada beras dan tiriskan.
  • Anda bisa mengulangi langkah ini sebanyak 3 kali.

Gunakan Takaran Air yang Tepat Saat Memasak Nasi

Tips Memasak Nasi

Tidak hanya cara mencuci beras yang harus diperhatikan, anda juga harus memperhatikan takaran air yang digunakan saat memasak beras. Menggunakan perbandingan beras dan air yang tepat akan membuat beras empuk, tahan lama dan wangi.  Jika air yang digunakan terlalu banyak, maka akan membuat nasi menjadi lembek. Sedangkan jika air yang digunakan terlalu sedikit beras akan menjadi kering. Perhatikan tips berikut ini saat memasak beras.

  • Untuk beras dan air anda bisa menggunakan perbandingan 1:2. Artinya, beras sebanyak 1 gelas membutuhkan air sebanyak 2 gelas.
  • Sedangkan untuk jenis beras pera, sebaiknya anda menambahkan air dengan jumlah yang sedikit lebih banyak.

Tambahkan Bumbu Ekstra

Tips Memasak Nasi

Nasi dengan aroma dan rasa yang lebih nikmat tentu akan meningkatkan nafsu makan. Untuk membuat nasi beraroma dan memiliki rasa yang nikmat, diperlukan bumbu tambahan.

  • Caranya yaitu, jika anda menginginkan rasa nasi yang sedikit gurih anda bisa menambahkan sedikit garam atau minyak beberapa tetes. Minyak yang digunakan bisa minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Sedangkan untuk membuat nasi lebih wangi, anda bisa menambahkan cuka sedikit atau beberapa helai daun pandan.
  • Jika ingin nasi tidak mudah basi dan tahan lama, anda bisa menambahkan jeruk nipis ataupun lemon ketika memasak beras. Untuk beras sebanyak 1 liter bisa menggunakan ½ jeruk lemon atau nipis. Pada lemon dan jeruk nipis terkandung anti bakteri yang akan mencegah nasi basi lebih cepat.

Aduk Beras yang Dimasak

Tips Memasak Nasi

Tips selanjutnya yaitu mengaduk beras setelah dimasak selama 20 hingga 30 menit. Anda bisa perhatikan beberapa tips berikut ini.

  • Jika anda memasak menggunakan panci, beras dimasak dengan menggunakan api kecil selama sekitar 20 hingga 30 menit.
  • Jika sudah matang, diamkan terlebih dahulu selama 5 hingga 10 menit supaya beras yang berada di dasar panci matang dengan sempurna.
  • Sedangkan jika anda memasak dengan rice cooker, tunggu sampai tombol cook menjadi warm.
  • Selanjutnya nasi yang telah matang silakan aduk hingga merata. Ini dilakukan agar uap airnya keluar sehingga nasi tidak mudah basi. Uap air yang masih tertinggal pada nasi akan dapat menyebabkan nasi menjadi mudah basi.

Lihat juga :  Cara Agar Daging Cepat Empuk

Itulah beberapa tips memasak nasi agar tahan lama dan wangi. Selamat mencoba.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons