Tips Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Kotak Makan Si Kecil

    Membekali anak-anak dengan aneka ragam makanan rumahan tentu menjadi hal yang baik untuk ibu lakukan. Apalagi jika saat ini melihat banyaknya aneka jajanan yang kurang sehat dan aman untuk si buah hati, rasanya membuat pilihan memberikan bekal makanan dari rumah menjadi alternatif paling baik untuk menghindarkan mereka dari bahaya konsumsi makanan atau jajanan di sekolah yang kurang menyehatkan.

    Selain sehat, makanan yang ibu masak sendiri di rumah untuk dijadikan bekal makan si kecil ke sekolah. Tentu memberikan kesempatan ibu dapat memastikan si kecil mendapatkan asupan gizi yang mereka butuhkan.

    Apalagi namanya anak-anak di usia mereka saat ini tentunya mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Dimana fase ini menuntut ibu mampu memberikan asupan nutrisi dan gizi yang mereka butuhkan.

    Dengan demikian tumbuh kembang si kecil akan dapat terjaga dengan baik.

    Tips Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Kotak Makan Si Kecil

    Sayangnya, selain kebingungan dengan menu makanan yang terus diganti setiap harinya. Masalah lain yang akan mungkin ibu hadapi adalah permasalahan bau tidak sedap yang seringkali muncul pada kotak nasi si kecil.

    Aroma bau yang timbul dari sisa makanan yang tertinggal pada kotak bekal si kecil memang seringkali membuat ibu kebingungan membersihkannya. Namun tak perlu khawatir dibawah ini kami akan berikan beberapa tips penting hanya untuk anda.

    Atasi dengan Koran yang Diremas

    Cara pertama yang akan bisa anda lakukan untuk mengatasi bau tidak sedap dari kotak makan bekal si kecil adalah dengan menggunakan koran yang diremas. Dengan begini anda tidak perlu repot mencari dan menggali cara untuk dapat mengatasi bau amis atau tidak sedap ini pada kotak makan si kecil.

    Jadi demikian, ketika anda berlangganan koran di rumah maka jangan buang koran bekas yang sudah tidak lagi terpakai. Sebab barang ini akan dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah yang sedang ibu hadapi saat ini.

    Lantas mengapa koran? Hal ini dikarenakan koran dikenal sebagai salah satu barang tak terduga yang kaitannya erat untuk menyerap bau tidak sedap pada sebuah peralatan. Termasuk dengan bau tidak sedap yang ada pada kotak bekal si kecil.

    Caranya cukup mudah, anda hanya perlu untuk meremas koran bekas yang sudah tidak terpakai. Lalu masukkan dalam kotak nasi si kecil dan gosok-gosokkan dengan perlahan pada setiap sudutnya sampai bersih. Diamkan sementara dan tutupi kotak makan dengan tutupnya.

    Setelah beberapa saat anda akan mendapati kotak makan si kecil bisa dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring. Untuk mengecek berhasil atau tidaknya maka setelah dicuci anda bisa mencium bagian dalam kotak makan si kecil.

    Serap Bau dengan Arang

    Tahukah anda? Arang bukan hanya dapat bekerja untuk membersihkan kotoran dan menyerapnya dengan baik. Namun juga bau yang tidak sedap akan dapat diatasi dengan menggunakan arang. Cara yang satu ini akan tentu bermanfaat untuk anda yang tengah dirundung masalah dengan bau tidak sedap pada kotak makan si buah hati.

    Biasanya permasalahan mengatasi bau ini sulit sekali anda atasi. Nah, daripada mengganti kotak nasi dengan yang baru, mengapa tidak mencoba langkah mudah kali ini dengan menggunakan arang.

    Hanya saja, mempertimbangkan arang akan mungkin meninggalkan bekas hitam pada kotak nasi. Maka sebaiknya, lakukan percobaan terlebih dahulu apakah noda arang akan bisa dibersihkan dengan sabun pencuci piring atau tidak.

    Adapun cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menyimpan arang langsung didalam kotak nasi. Lalu tutupi bagian atasnya dengan menggunakan penutup. Baru setelah itu, diamkan selama beberapa saat atau seharian.

    Keesokan harinya anda akan dapat membersihkan kotak nasi dengan menggunakan sabun pencuci secara merata. Selanjutnya silahkan coba apakah cara ini berhasil atau tidak. Sebab biasanya untuk bahan plastik cara ini akan cukup efektif.

    Oleskan Baking Soda

    Mendapati kotak nasi si buah hati dihinggapi bau yang kurang sedap maka mungkin membuat ibu bingung dengan kondisi ini. Bila tidak diatasi dengan baik maka mungkin bau ini akan berimbas pada makanan yang anda masukkan kedalamnya.

    Bukan tidak mungkin makanan segar yang ibu masukkan kedalam kotak nasi si kecil mudah tercium bau akibat bau yang dibawa oleh kotak nasinya. Selain itu, sisa bau yang tersisa pada kotak nasi bisa mungkin menimbulkan makanan yang ibu masukkan kedalamnya menjadi mudah basi.

    Untuknyalah penting sekali mencari cara untuk dapat mengatasi masalah ini dengan baik. Nah, daripada kebingungan dengan membuang kotak nasi yang baru. Maka mungkin hal ini akan dapat menghamburkan uang yang banyak. Daripada dibuang mengapa tidak mengatasi masalah ini dengan baik?

    Salah satunya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda adalah salah satu bahan membuat kue yang umum dijumpai. Dengan begini maka anda akan lebih mudah untuk menemukan bahan yang satu ini dimana saja.

    Cara penggunaan bahan yang satu ini sebenarnya cukup mudah. ANda hanya perlu membentuk baking soda menjadi pasta. Caranya, campurkan baking soda dengan sedikit air dan aduk-aduk sampai bahan ini menjadi mengental.

    Baru setelah itu, oleskan pada bagian permukaan kotak nasi dan diamkan selama seharian agar manfaatnya dapat bekerja dengan baik dan merata dalam membersihkan bau pada kotak nasi si kecil.

    Gunakan Kopi

    Bahan lain yang akan dapat anda manfaatkan untuk mengatasi bau tidak sedap pada kotak nasi si buah hati adalah dengan menggunakan kopi. Bahan yang satu ini sudah sejak dulu dikenal sebagai bahan yang baik untuk dapat menyerap bau dari peralatan atau sebuah barang.

    Kandungan kafein pada kopi pun akan dapat anda manfaat dengan baik untuk membersihkan peralatan dari noda yang menempel. Untuk itu, maka bahan yang satu ini akan efektif anda gunakan dengan baik untuk mengatasi bau yang menyengat.

    Adapun jenis kopi yang dibutuhkan untuk dapat membersihkan bau dari kotak nasi si buah hati adalah kopi bubuk. Kopi hitam bubuk tanpa campuran gula atau campuran lainnya adalah jenis kopi yang efektif untuk mengatasi masalah bau pada kotak nasi.

    Untuk itulah, anda akan dapat menggunakan bahan ini dengan cara menaburkan kopi secara langsung pada kotak nasi lalu ratakan dengan menggunakan tangan. Atau anda bisa memasukkannya dengan cara mengaduk-aduk dan tutupi bagian atasnya secara merata.

    Tunggu selama kurang lebih seharian dan esok harinya anda akan dapat membersihkan sajian ini secara merata. Cuci bersih wadah nasi si kecil dengan menggunakan air dan bersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring.

    Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

    Sudah sejak lama bahan lemon atau jeruk nipis digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Baik pada makanan atau mungkin pada peralatan memasak, lemon menjadi bahan alami yang baik untuk mengatasi bau yang tidak sedap semacam ini. Untuk itulah tak heran bila bahan yang satu ini akan dapat anda manfaat dengan baik.

    Selain itu, bila kita jeli melihat ada banyak bahan pencuci piring yang menggunakan lemon atau jeruk nipis sebagai bahan utama produk pencuci piringnya. Hal ini seolah menjelaskan dengan gambling bahwa bahan ini akan sangat baik untuk membersihkan abu dan kotoran pada kotak nasi dan peralatan makan lainnya.

    Untuk itulah, anda akan bisa memanfaatkan bahan ini dengan baik untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada kotak makan si kecil. Caranya cukup mudah, anda hanya butuh satu sampai dengan dua buah jeruk lemon. Belah menjadi dua dan oleskan pada semua permukaan kotak nasi.

    Tunggu selama beberapa saat dan esok harinya anda akan dapat membersihkan kotak nasi si kecil seperti biasa dengan menambahkan sabun pencuci piring kedalamnya. Lalu gosok secara merata hingga kotoran dan lemak bisa dibersihkan dengan baik.

    Gunakan Ampas Teh

    Bahan lainnya yang akan bermanfaat baik untuk mengatasi bau amis pada kotak nasi dan peralatan makan lainnya yakni dengan menggunakan ampas teh. Terkadang menghadapi masalah seperti bau tidak sedap pada peralatan makan meski sudah dibersihkan dengan baik dan menggunakan sabun cuci piring. Namun bau yang ditinggalkan masih saja tercium kentara maka mungkin hal ini bisa menjadi hal yang sangat membingungkan.

    Namun tidak kali ini, bila anda memiliki ampas teh di rumah atau untuk anda yang seringkali menikmati teh celup. Maka mulai saat ini jangan buang ampas kantung teh yang anda gunakan. Sebab bahan ini akan dapat anda manfaatkan untuk mengatasi bau tidak sedap pada kotak makan si kecil.

    Caranya cukup mudah dan hampir mirip dengan beberapa langkah diatas yang kita praktikan dari beberapa bahan sebelumnya. Anda hanya perlu mengeluarkan ampas teh dari kantungnya dan perlahan aplikasikan secara menyeluruh pada bagian dalam kotak nasi.

    Termasuk pada bagian penutupnya secara merata. Selanjutnya tutup dengan rapat dan anda akan dapat membersihkan sajian ini esok harinya. Seperti biasanya anda akan dapat menggunakan sabun pencuci piring secara merata. Lalu bersihkan seperti biasanya. Dengan begini anda akan mendapati kotak makan si kecil terbebas dari bau yang menyengat.

    Manfaatkan Jahe

    Cara terkahir yang akan dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah bau pada kotak makan si kecil adalah dengan menggunakan jahe. Cara ini akan menjadi metode yang cukup mudah anda aplikasikan. Hal ini dikarenakan seperti yang kita ketahui bahwa jahe adalah salah satu bahan masakan yang selalu ada di dapur.

    Jadi demikian, untuk menggunakan metode yang satu ini maka anda akan bisa melakukannya dengan mudah tanpa harus mencari-cari jahe ke pasar atau ke supermarket terlebih dahulu. Selain itu, pengaplikasiannya pun cukup sederhana dan anda akan dapat melakukannya dengan cepat dan mudah.

    Caranya adalah dengan memotong jahe dengan menggunakan pisau. Lalu bagian yang sudah anda potong akan dapat anda oleskan pada seluruh permukaan kotak nasi si kecil secara merata. Lalukan cara ini pada bagian tutup makan si kecil.

    Tunggu selama beberapa saat sampai seharian, nah esok harinya anda akan dapat membersihkan kotak bekal ini dengan membersihkannya menggunakan sabun dan melakukannya seperti biasanya. Dengan begini maka bau amis dan bau kurang sedap lainnya akan dapat diatasi dengan baik.