Tips Cerdas Siasati Agar Sayuran Hijau Tak Mudah Busuk

Dipungkiri atau tidak, menu sayuran dalam masakan sehari-hari memang penting untuk disertakan. Sebab selain memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik, menu sayuran biasanya adalah menu yang mudah dibuat dan asik untuk disantap. Bukan hanya itu, sayuran pun biasanya seringkali dijadikan stok bahan makanan yang selalu menyertai lemari es kita.

Tak lengkap rasanya menyantap aneka hidangan makanan tanpa menyertakan menu sayuran didalamnya. Khususnya untuk sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, lalapan, buncis dan masih banyak lagi. Serangkaian sayuran ini adalah jenis yang paling sering dijadikan stok.

Hanya saja sayangnya, ketika menyimpan sayuran hijau sebagai bahan stok makanan. Seringkali mereka mudah busuk atau layu sehingga ketika hendak diolah beberapa hari setelah membelinya. Sayuran ini sudah tidak lagi sesegar dulu. Lantas bagaimana menghadapi masalah seperti ini? Adakah solusinya? Tak perlu khawatir mari kita simak beberapa tipsnya dibawah ini.

Tips Cerdas Siasati Agar Sayuran Hijau Tak Mudah Busuk

Lakukan Pensortiran

Hal penting pertama yang akan dapat anda lakukan dalam mensiasati agar sayuran hijau yang anda simpan tidak mudah layu atau cepat busuk. Maka penting sekali untuk anda memperhatikan agar melakukan proses pensortiran pada bahan sayuran sebelum aneka makanan ini anda simpan kedalam tempat penyimpanan.

Dengan demikian, silahkan keluarkan bahan sayuran yang anda beli dan simpan dalam nampan guna memudahkan anda melakukan penyortiran. Pilih sayuran yang segar dan pisahkan dalam wadah yang lain. Sementara untuk bagian yang layu atau busuk maka buang bagian ini agar tidak merembet atau menjamur pada sayuran yang segar.

Baru setelah itu, anda akan dapat memasukkan bahan ini kedalam bahan penyimpanan. Selain itu, hindari membungkusnya dengan pembungkus yang kedap udara. Sebab hal ini akan membuat sayuran menjadi layu dan lembab. Sebaliknya, gunakan pembungkus yang memungkinkan udara keluar masuk dengan mudah.

Cuci Sayuran

Sebelum sayuran disimpan dalam tempat penyimpanan penting sekali bagi anda memperhatikan langkah pencucian untuk sajian sayuran kali ini agar tidak mudah busuk atau layu. Jadi demikian, setelah selesai mensortir semua sayuran yang baru saja anda beli. Maka langkah selanjutnya yang penting untuk anda perhatikan dengan baik adalah dengan mencuci bahan ini dengan merata.

Bawa sayuran yang segar yang sudah melalui proses pemilihan ke tempat cucian. Lalu bersihkan sajian ini dengan merata menggunakan air bersih yang mengalir. Hindari menggunakan pembersih atau sabun untuk membersihkan sajian ini. Sebab mungkin sayuran yang dimasak nanti akan berbau dan berasa kurang sedap dari sabun yang digunakan.

Cukup mengucurkannya dibawah air yang mengalir secara merata. Lalu pastikan bagian dalam sayuran pun dibersihkan dengan merata. Ketika sayuran bersih dengan merata dan terkena dengan air maka hal ini akan mencegah bakteri atau jamur yang menyebabkan sayuran mudah busuk bersarang didalamnya.

Perhatikan Cara Penyimpanan

Selain dua hal diatas, cara lain yang penting diperhatikan untuk menghindari sayuran hijau agar tidak mudah busuk adalah tata cara penyimpanan yang penting diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan menyimpan sayuran dengan sembarangan akan tentu membuat sayur mudah rusak dan bukan tidak mungkin hal ini membuat sajian ini busuk.

Untuk itu, mari kita simak beberapa tata cara penyimpanan yang baik agar sayuran berwarna hijau tidak mudah rusak atau busuk.

Letakkan sayuran berwarna hijau yang telah dibersihkan dan sudah disortir dengan merata dalam wadah penyimpanan. Hindari meletakkan sayuran didalam kantong plastik sebab mungkin hal ini malah akan membuat sayur cepat membusuk dalam waktu yang singkat. Usahakan gunakan baskom atau wadah dengan bagian permukaan yang terbuka

Setelah itu, tambahkan tisu kering pada bagian atas sayuran dengan merata. Hal ini dilakukan untuk menghindari sayuran dari suhu yang lembab agar tidak ada cairan. Dimana seperti yang kita ketahui cairan pada sayuran akan memicu pertumbuhan jamur. Nah, dengan meletakkan tisue diatasnya maka hal ini akan menjaga suhu sayuran tetap kering.

Bila perlu lapisi sayuran hijau dan lapisi dengan menggunakan kertas roti. Baru kemudian gulung sajian  ini dengan merata. Atau anda akan senantiasa dapat menggunakan handuk yang kering. Dimana kedua pelapis ini memiliki fungsi yang sama sebagaimana anda menyimpan tisu dibagian atas sayuran.

Jangan jejalkan sayuran dengan bahan-bahan lainnya pada saat anda selesai mengepak sayuran dengan merata. Sebab hal ini bisa mungkin membuat sayuran tertekan dan mudah rusak akibatnya ketika ada satu bagian yang layu maka hal ini akan menyebabkan bagian lainnya menjadi layu dan mudah busuk. Tata sayuran dengan merata dan pastikan bahwa anda menyimpannya dengan rapi bila dimasukkan bersama dengan bahan-bahan lainnya.

Keluarkan Sayuran yang Hanya Diperlukan

Pada saat anda hendak memasak dan mengolah sajian sayuran yang akan anda sajikan. Maka sebaiknya tidak mengeluarkan secara keseluruhan sayuran yang sudah anda tata dengan rapi. Sebab hal ini bisa mungkin membuat sayuran menjadi sulit disimpan seperti sediakala. Selain itu, hal ini pun akan tentu membuat sayuran yang anda keluarkan bila terlalu banya akan mungkin sayang dan akhirnya malah terbuang.

Untuknya, cukup ambil sebagian sayuran yang anda butuhkan dan cukup mengambil sejumlah yang anda butuhkan saja. Dengan begini maka anda tak perlu kerepotan membereskan sisa sayuran yang masih ada. Karena biasanya mengembalikan sayuran dalam packaging yang sama seperti sediakala setelah diacak-acak akan menjadi pekerjaan yang melelahkan.

Ganti Tisu dengan Rutin

Penggunaan tisu yang disimpan diatas sayuran bukan ditujukan untuk selamanya menutupi sayuran yang anda simpan. Hal ini dikarenakan adakalanya penggunaan tisu ini sudah tidak layak pakai dan patut untuk diganti. Nah, oleh karenanya penting sekali mengecek dan mengganti tisu penutup sayuran dengan rutin.

Untuk itu, lakukan pengecekan ke tempat penyimpanan apakah sayuran anda masih hijau? Lalu selanjutnya anda akan senantiasa dapat mengganti tisu yang sudah basah atau kotor dengan tisu baru yang kering. dengan begini maka tentunya sayuran yang anda simpan akan dapat terjaga dengan baik kesegarannya sebab anda amat memperhatikan proses penyimpanannya.

Simpan Pada Suhu yang Rendah

Pada suhu ruangan, sayuran yang disimpan selama beberapa saat akan mungkin mudah layu dan bahkan busuk.  Hal ini dikarenakan suhu ruangan atau suhu yang tinggi membuat sayuran kehilangan kesegarannya apalagi ketika tidak ada air yang menyertai sayuran.

Nah, oleh karena itu untuk menjaga agar sayuran hijau yang anda pilih tetap dalam keadaan yang segar maka penting sekali untuk senantiasa menyimpan bahan ini dalam suhu yang renah.

Minimal tempatkan sayuran hijau diatas suhu 18 derajat dan pastikan anda selalu memperhatikan dengan baik agar kebersihan sayur terjaga. Hal inilah yang akan menjadi kunci sayuran yang anda simpan tetap segar.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons