4 Tips Agar Bumbu Pada Daging Ayam Meresap dengan Sempurna

Tips Agar Bumbu Pada Daging Ayam Meresap  РApakah anda pecinta ayam goreng? Ayam goreng memang sering dijadikan sebagai menu pilihan untuk makan. Rasanya yang gurih dengan daging yang garing dan lembut di bagian dalam akan memanjakan lidah. Apalagi jika disantap dengan tambahan sambal dan lalapan, tentunya selera makan anda akan semakin bertambah.

Kelezatan daging ayam tentunya akan semakin terasa jika bumbunya meresap hingga ke dalam-dalam. Untuk membuat ayam goreng dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan mulai dari memperhatikan potongan daging ayam, waktu merendam daging dalam bumbu hingga mengungkep ayam dengan cara yang benar. Nah, berikut ini beberapa tips agar bumbu pada daging ayam meresap dengan sempurna.

Baca juga : Tips Mengolah Ati Ampela Agar Tidak Bau Amis

Tips Agar Bumbu Pada Daging Ayam Meresap

Tips Agar Bumbu Pada Daging Ayam Meresap dengan Sempurna

Membuat ayam goreng dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam tidaklah sulit, anda bisa mencobanya dengan beberapa tips berikut ini.

Memotong Ayam Menjadi Beberapa Bagian

Tips Agar Bumbu Pada Daging Ayam Meresap

Setelah membeli ayam hal pertama kali yang harus anda lakukan yaitu memotong-motongnya menjadi beberapa bagian. Biasanya memotong ayam ukurannya disesuaikan dengan resep masakan yang akan anda buat.

Namun, jika ingin bumbu daging ayam lebih meresap, terlebih lagi jika akan diolah dengan cara digoreng, cara yang bisa anda lakukan saat memotong ayam yaitu memotongnya menjadi beberapa bagian kecil. Tidak hanya membantu membuat bumbu daging ayam meresap, namun cara ini juga akan membuat anda lebih mudah saat mengonsumsi daging ayam.

Daging Ayam Dikerat

Tips Agar Bumbu Pada Daging Ayam Meresap

Selain memotongnya menjadi beberapa bagian, cara lainnya yang bisa anda lakukan agar bumbu daging ayam meresap dengan sempurna yaitu dengan mengerat dagingnya.

  • Silakan kerat daging ayam yang sebelumnya telah anda bersihkan dengan memakai pisau yang tajam.
  • Anda bisa mengeratnya beberapa garis saja pada daging ayam supaya bumbunya nanti menjadi lebih meresap.
  • Namun, hindari mengerat daging ayam terlalu dalam ataupun terlalu banyak karena nantinya ayam akan menjadi cepat hancur saat diolah.

Rendam Ayam di Dalam Racikan Bumbu yang Sudah Anda Buat

Tips Agar Bumbu Pada Daging Ayam Meresap

Ayam mempunyai daging yang cukup tebal, sehingga hal itu membuat bumbu sulit meresap pada daging. Oleh karena itu, setelah ayam diberikan bumbu anda sebaiknya jangan langsung menggoreng atau mengolah ayam.

  • Caranya yaitu, diamkan terlebih dahulu dan simpan ayam yang telah dimarinasi dengan menggunakan berbagai bumbu di dalam kulkas. Anda bisa menyimpannya selama kurang lebih 30 hingga 60 menit.
  • Jika ayam semakin lama direndam dalam bumbu, maka bumbunya akan semakin meresap hingga ke dalam daging.

Sebelum Digoreng Ayam Diungkep Terlebih Dahulu

Tips Agar Bumbu Pada Daging Ayam Meresap

Selain itu, anda juga bisa mengungkep ayam sebelum diolah. Yuk simak caranya berikut ini.

  • Silakan ungkep ayam hingga semua permukaan ayam terendam oleh air.
  • Anda juga harus memperhatikan jumlah air yang digunakan untuk mengungkep ayam. Mengungkep ayam menggunakan air yang jumlahnya terlalu banyak justru akan membuat teksturnya menjadi tidak renyah saat digoreng, bahkan daging dapat hancur.
  • Ketika proses ungkep, anda dapat menggunakan api kecil selama kurang lebih 30 hingga 45 menit.
  • Selama proses ungkep ayam anda harus menutup panci supaya aroma ayam dan rasanya menjadi lebih terkunci.

Lihat juga : Tips Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau Prengus

Itulah beberapa tips agar bumbu pada daging ayam meresap dengan sempurna. Apabila anda mencoba tips di atas dengan baik dan benar, rasa ayam goreng yang anda buat dijamin akan menjadi lebih lezat dan gurih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons