Aneka Resep Wajik yang Legit, Lezat dan Praktis

Aneka Resep Wajik yang Legit, Lezat dan Praktis – Resep wajik kali ini bisa anda ikuti di rumah dengan mudah dan praktis. Ada resep wajik ketan gula merah, wajik ketan hitam, wajik durian dan wajik kacang hijau.

Resep dan Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah Lezat

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword Kue tradisional, Resep Kue Tradisional, Wajik
Waktu Persiapan 2 jam
Waktu Memasak 1 jam 30 menit
Porsi 8 porsi
Kalori 152 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 500 gram beras ketan putih
  • 250 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan
  • 250 ml santan kental
  • 1 sendok teh garam
  • 100 ml air

Langkah-langkah

Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah

  1. Pertama, silakan ambil beras yang sudah anda sediakan. Kemudian cuci hingga bersih dan rendam selama kurang lebih 2 jam.

  2. Selanjutnya silakan siapkan dandang atau panci kukusan. Lalu kukus beras yang sudah anda rendam tersebut selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, matikan api.

  3. Siapkan panci atau wajan. Lalu masukan bahan-bahan ke dalamnya seperti santan, gula merah, daun pandan, gula pasir, air dan garam. Rebus semua bahan-bahan tersebut. Aduk-aduk hingga mendidih.

  4. Beras ketan yang sudah dikukus silakan dimasukan ke dalam rebusan santan. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata dan masak hingga santannya habis, serta tekstur ketan menjadi berminyak.

  5. Setelah itu, silakan ketan wajik dipindahkan ke dalam wadah ataupun loyang. Lalu silakan dipadatkan, rapikan. Diamkan selama beberapa saat hingga dingin.

  6. Jika sudah, anda bisa memotong-motong wajik dengan ukuran sesuai dengan selera.

  7. Terakhir anda bisa menyajikannya untuk cemilan keluarga tercinta.

Tips Membuat Wajik

  1. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda sebaiknya memilih beras ketan yang berkualitas.
  2. Kemudian untuk gula merah, pilihlah gula yang memiliki warna coklat pekat.
  3. Ketika anda merebus santan, anda bisa menambahkan takaran gula sesuai dengan selera. Jika anda pecinta manis, anda bisa menambahkan lagi gula.

Sajian wajik ketan gula merah sudah selesai dibuat. Rasanya yang manis dan legit akan memanjakan lidah. Jika anda ingin cemilan manis tradisional untuk menemani minum teh, wajik sangat cocok anda buat.

Resep dan Cara Membuat Wajik Ketan Hitam Legit

Resep Wajik

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 200 gram ketan putih
  • 100 gram ketan hitam
  • 100 ml air panas
  • 75 ml santan kelapa
  • 100 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara membuat Wajik Ketan

  1. Jika bahan-bahan sudah siap semuanya, anda bisa langsung membuat wajik. Namun, pastikan ketan hitam dan ketan putih yang sudah disediakan anda rendam terlebih dahulu. Untuk ketan putih silakan direndam selama 1 jam. Sedangkan ketan hitam direndam selama 2 jam.
  2. Setelah itu, silakan siapkan kukusan. Lalu kukus beras ketan putih dan ketan hitam yang sudah anda rendam tersebut dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 15 menit.
  3. Jika sudah, silakan air panas dituangkan ke dalamnya sebanyak 50 ml. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata. Lalu kukus lagi selama kurang lebih 15 menit. Tuangkan lagi air panas sebanyak 50 ml ke dalamnya. Aduk-aduk lagi sampai merata. Lalu kukus lagi selama kurang lebih 10 menit.
  4. Langkah selanjutnya silakan siapkan panci atau wajan. Lalu masukan bahan-bahan ke dalamnya seperti santan, gula pasir, garam dan daun pandan. Rebus semua bahan-bahan tersebut hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
  5. Beras ketan yang sudah dikukus silakan dimasukan ke dalamnya. Aduk-aduk hingga tercampur merata dan matang.
  6. Ambil wadah atau loyang dengan ukuran 16x16x4 cm. Lalu silakan alasi dengan daun pisang.
  7. Kemudian adonan yang sudah dibuat silakan dituangkan ke dalamnya. Lalu padatkan.
  8. Tunggu selama beberapa saat hingga dingin. Jika sudah, silakan potong-potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
  9. Terakhir anda bisa menyajikannya pada tempat saji.

Kombinasi antara ketan hitam dan ketan putih akan membuat tampilan wajik terlihat lebih menarik. Untuk rasanya tentu sudah tidak bisa diragukan lagi, manis dan gurih akan terasa pada gigitan pertama. Nikmati dengan secangkir teh hangat supaya lebih sedap.

Resep dan Cara Membuat Wajik Durian yang Nikmat

Resep Wajik

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 500 gram beras ketan hitam
  • 130 ml santan kental
  • 250 gram gula aren
  • Garam sejumput
  • 250 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 gram daging durian

Cara Membuat Wajik Ketan Durian

  1. Apabila bahan-bahan sudah siap semuanya, sekarang anda bisa langsung mengolah wajik. Silakan cuci bersih terlebih dahulu ketan hitam yang sudah anda sediakan dengan menggunakan air mengalir. Jika sudah, rendam beras ketam selama semalaman atau setidaknya sekitar 3 jam. Jika sudah, silakan tiriskan terlebih dahulu.
  2. Siapkan kukusan. Kemudian kukus beras ketan yang sudah direndam hingga matang. Setelah matang, dinginkan terlebih dahulu.
  3. Siapkan panci dan masukan bahan-bahan ke dalamnya seperti air, garam, gula aren dan daun pandan. Rebus bahan-bahan ini sampai mendidih.
  4. Kemudian, silakan angkat. Lalu saring dan ampasnya dibuang. Sisihkan.
  5. Langkah berikutnya, siapkan wajan anti lengket. Lalu masukan santan dan air gula ke dalamnya. Rebus santan sampai mendidih sambil diaduk-aduk.
  6. Kemudian masukan daging durian. Aduk lagi hingga merata.
  7. Selanjutnya silakan nasi ketan yang sudah dikukus dimasukan ke dalam rebusan santan. Aduk hingga merata dan masak sampai matang dan airnya menyusut. Jika sudah seperti itu, silakan angkat dan dinginkan terlebih dahulu hingga tidak berasap.
  8. Sediakan loyang lalu alasi dengan menggunakan daun pisang. Jika tidak memiliki daun pisang, anda bisa menggunakan plastik sebagai alas. Lalu  masukan adonan ketan ke dalam loyang. Jika sudah, silakan ratakan dan padatkan memakai sendok nasi atau spatula. Diamkan beberapa saat dan tunggu hingga ketan dingin.
  9. Setelah dingin, silakan potong-potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Terakhir anda bisa menyajikannya untuk keluarga.

Wajik durian ini sangat pas dinikmati dengan secangkir teh hangat. Dinikmati saat sore hari, dijamin santai anda akan semakin menyenangkan.

Baca juga : Resep Konro

Resep dan Cara Membuat Wajik Kacang Ijo

Resep Wajik

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 250 gram kacang hijau
  • 800 gram gula pasir
  • 2 bungkus bubuk agar-agar
  • 1 sendok teh garam
  • 10 lembar daun pandan
  • 2 butir kelapa yang sudah diparut
  • Kertas minyak secukupnya

Cara Membuat Wajik Kacang Ijo

  1. Langkah pertama kali yang dapat anda lakukan yaitu mencuci kacang hijau. Silakan kacang hijau dicuci hingga bersih di bawah air yang mengalir. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya rebus kacang hijau sampai empuk. Ketika merebusnya pastikan anda tidak menggunakan air banyak. Anda bisa menambahkan air sedikit-sedikit saja jika kurang.
  3. Apabila kacang sudah empuk dan matang, anda bisa mengangkatnya. Lalu haluskan dengan memakai blender atau bisa diulek.
  4. Selanjutnya, silakan kelapa yang sudah anda parut disangrai hingga ringan.
  5. Kemudian daun pandan digunting-gunting. Lalu blender bersama dengan air matang setengah gelas.
  6. Setelah itu, siapkan wajan atau panci. Lalu masukan bahan-bahan ke dalam seperti air pandan, garam dan gula. Tambahkan air. Rebus  sambil diaduk hingga gula menjadi larut dan mendidih. Apabila adonan sudah berbusa dan busanya naik, anda bisa mendiamkannya agak lama sambil terus diaduk-aduk.
  7. Langkah berikutnya, silakan kelapa sangrai dimasukan. Aduk merata. Masukan juga kacang hijau yang sudah dihaluskan. Aduk merata.
  8. Lalu bubuk agar-agar ditaburkan, aduk dan masak menggunakan api sedang cenderung kecil hingga adonan menjadi kaku.
  9. Setelah itu, silakan bungkus wajik panas-panas dengan menggunakan kertas minyak yang sudah anda potong-potong.

Wajik kacang hijau yang lezat dan gurih sudah selesai dibuat. Anda bisa membuat cemilan wajik ini untuk acara-acara spesial sebagai suguhan.

Itulah aneka resep wajik yang lezat dan legit. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Rating Resep