Resep Usus Crispy yang Gurih

Resep Usus Crispy yang Gurih – Selain dagingnya, jeroan ayam juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat, salah satunya usus ayam. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai teman makan nasi, usus ayam juga bisa diolah menjadi cemilan ringan untuk sehari-hari. Anda bisa mengolah usus ayam dengan cara digoreng crispy dengan cita rasa yang gurih. Tak hanya cocok untuk cemilan, namun bisa dijadikan lauk juga.

Nah, untuk anda yang ingin menyajikan usus ayam cripsy di rumah, mari simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini.

Resep Usus Crispy yang Gurih

Usus ayam crispy, diolah dengan cara dibalut terlebih dahulu dengan adonan tepung yang sudah dibumbui. Setelah itu, digoreng hingga kering dan matang. Baru dimasukan ke dalam toples jika sudah dingin untuk dinikmati.

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword Resep Usus, Resep Usus Ayam, Usus crispy
Waktu Persiapan 7 minutes
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 1 toples
Kalori 345 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 500 gram usus asam
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok makan garam
  • Air secukupnya

Bahan Untuk Pelapis

  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Langkah-langkah

Cara Membuat Usus Crispy

  1. Pertama-tama, silakan ambil usus yang sudah anda sediakan. Lalu bersihkan usus ayam tersebut. Cuci usus hingga bersih di bawah air mengalir. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu.

  2. Selanjutnya panaskan air pada panci. Lalu rebus usus hingga matang. Jika sudah matang, silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

  3. Langkah berikutnya silakan haluskan bahan-bahan seperti ketumbar, bawang putih dan garam. Lalu usus yang sudah direbus silakan lumuri dengan bumbu yang telah dihaluskan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

  4. Bahan-bahan pelapis yang sudah anda sediakan silakan campurkan menjadi satu. Usus yang telah dibumbui masukan ke dalam campuran bahan pelapis. Aduk-aduk hingga merata dan usus terbalut oleh tepung.

  5. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng dalam jumlah banyak untuk menggoreng usus. Panaskan.

  6. Jika minyak sudah panas, silakan masukan usus dan goreng hingga matang, kering dan warnanya menjadi kecoklatan.

  7. Setelah seperti itu, silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

  8. Jika usus sudah dingin, anda bisa menyimpannya dalam toples.

Catatan Resep

Cara Membersihkan Usus Ayam dengan Baik dan Benar Agar Bebas Bau

Yuk simak beberapa tips membersihkan usus ayam dengan benar agar tidak bau amis seperti berikut ini.

  • Untuk membantu membersihkan jeroan ayam, termasuk usus anda bisa memanfaatkan tepung kanji. Silakan siapkan tepung kanji dan garam pada wadah. Usus mentah yang akan dimasak masukan ke dalam campuran tepung. Remas usus selama kurang lebih 5 menit. Lalu bilas dengan air bersih hingga mengalir.
  • Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan cuka dan buah sitrus untuk membersihkan usus ayam. Anda bisa merendam usus ayam dalam air yang ditambahkan jeruk nipis, lemon atau cuka. Rendam selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, bisa dibilas dengan menggunakan air mengalir hingga bersih dan tidak bau amis lagi.
  • Kapur sirih juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan usus ayam. Caranya yaitu usus ayam dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Kemudian rendam di dalam air yang sudah dicampur kapur sirih. Diamkan selama kurang lebih 10 sampai 20 menit. Jika sudah, silakan bilas usus ayam dengan air hingga bersih.

Itulah resep dan cara membuat usus ayam crispy yang gurih untuk cemilan atau teman makan nasi. Agar usus ayam tidak bau amis, anda bisa mencoba membersihkannya dengan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Resep Ayam Judes Pedas Kreasi Master Rudy Choirudin

Tinggalkan komentar

Rating Resep