Resep Tumis Tempe Kuah Cabai Hijau yang Segar dan Menggoda

Resep Tumis Tempe Kuah Cabai Hijau yang Segar dan Menggoda

Mantap dan segarnya hidangan tumis tempe kuah cabai hijau memang tidak ada tandingannya. Rasa pedas dan nikmat membuat sajian ini cocok sekali dinikmati pada saat siang hari. Nah, untuk anda yang ingin menyajikan hidangan ini di rumah dengan mudah maka tak perlu khawatir mari kita simak informasi menariknya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword tempe kuah cabai hijau, tempe tumis
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 25 menit
Total Waktu 35 menit
Porsi 8 Orang
Kalori 195 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 400 gram tempe
  • 1 1/8 sendok makan garam
  • 1000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 5 lembar kol
  • 2 buah tomat hijau dipotong-potong
  • 2 sendok makan bawang goreng untuk taburan
  • 1 sendok teh gula pasir

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 8 butir bawang merah dikukus
  • 4 buah cabai hijau besar dikukus
  • 4 siung bawang putih dikukus
  • 2 buah cabai hijau keriting dikukus

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Tumis Tempe Kuah Cabai Hijau yang Segar dan Menggoda

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan sebenarnya cukup mudah. Terlebih dahulu langkah persiapan menjadi langkah awal yang penting disimak sebab langkah ini berisikan tentang cara mengolah beberapa bahan yang tidak dicantumkan pada resep. Karena memang tata caranya perlu dijabarkan dengan jelas. 

  2. Adapun bahan pertama yang akan dapat anda buat pada resep kali ini adalah dengan mempersiapkan tempe sebagai bahan utama dari sajian kali ini. Silahkan siapkan pisau dan sebuah tatakan kemudian potong-potong tempe dengan ukuran yang lebih kecil berbentuk kotak. 

  3. Kemudian setelah itu, masukkan tempe kedalam wadah dan siapkan sebuah wajan diatas kompor. Lalu panaskan dengan api yang sedang dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. 

  4. Setelah minyak dalam wajan panas maka masukkan tempe kedalamnya. Lalu goreng sajian ini sampai berkulit dan angkat dengan menggunakan serokkan kemudian sisihkan sementara sebelum dicampur dan dimasak dengan bahan lainnya.

  5. Untuk kol, bahan ini akan dapat anda potong-potong dengan menggunakan pisau agar ukurannya lebih kecil dan lebih mudah dicampurkan dengan tempe. Bila sudah selesai dipotong maka bersihkan kol dengan merata dan angkat lalu tiriskan. 

Cara Membuat Tumis Tempe Kuah Cabai Hijau yang Segar dan Menggoda:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah panci diatas kompor. Kemudian masukkan santan kedalamnya dan tuangkan pula bumbu halus kedalamnya. Lalu aduk semua sajian ini dengan merata. 

  2. Setelah itu, masak sajian ini sampai bumbu matang yang ditandai dengan keluarnya aroma harum dari sajian rebusan yang anda masak.

  3. Lalu masukkan tempe kedalamnya dan ikuti dengan memasukkan bahan tambahan seperti kol dan juga tomat hijau. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata dan sempurna.

  4. Kemudian tuangkan bumbu kedalamnya untuk memberikan rasa dari hidangan kali ini. Bumbu tersebut adalah gula pasir dan aduk-aduk merata semua sajian ini. Masak hingga matang dan tempe mengambang ke permukaan. 

Catatan Resep

Nah, setelah sajian ini matang maka matikan kompor dan angkat hidangan ini dalam wadah. Untuk kemudian nikmati bersama dengan nasi hangat. Bila ingin lebih mantap anda bisa menambahkan taburan bawang goreng dibagian atasnya.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons