Resep Tumis Tempe Kecap Manis Campur Cabai Gendot

Resep Tumis Tempe Kecap Manis Campur Cabai Gendot

Kreasi tumis tempe dengan cabai hijau adalah hidangan sederhana yang pembuatannya cukup praktis. Selain itu, tempe menjadi bahan masakan yang tentunya mudah ditemukan sehingga demikianlah sajian ini akan tentu bisa anda olah di rumah dengan mudah. Yuk, buat tumis tempe kecap manis campur cabai gendot kali ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword tempe, tempe cabe hijau, tempe tumis
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 30 menit
Porsi 4 Orang
Kalori 198 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe
  • 1/2 sendok teh garam
  • 6 butir bawang merah, diiris halus
  • 2 siung bawang putih, dicicang kasar
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sendok teh saus tiram
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 5 buah cabai gendot dipotong 1 cm
  • 100 ml air
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Tumis Tempe Kecap Manis Campur Cabai Gendot:

  1. Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan sebenarnya cukup sederhana. Langkah persiapan menjadi hal penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Karena pada dasarnya langkah ini berisikan beberapa langkah mengolah bahan-bahan yang caranya tidak dicantumkan pada resep. Untuk mengetahui seperti apa saja persiapan yang penting dilakukan mari simak dibawah ini.

  2. Bahan pertama yang akan dapat didahulukan dipersiapkan adalah tempe. Siapkan sebuah tatakan dan pisau kemudian potong-potong tempe dengan bentuk dadu kira-kira seukuran 1x1 cm. Setelah semua tempe dipotong dengan merata maka masukkan bahan ini kedalam wadah.

  3. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Lalu panaskan minyak dengan api yang sedang. Baru tuangkan potongan tempe kedalamnya dan goreng sajian ini sampai berkulit. Angkat dengan menggunakan serokkan dan tiriskan sementara minyaknya dengan merata agar tidak terlalu menggenang.

  4. Setelah semua persiapan dilakukan dengan merata maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mulai meracik bumbu untuk membuat hidangan kali ini. Mari simak dibawah ini. 

Cara Membuat Tumis Tempe Kecap Manis Campur Cabai Gendot:

  1. Untuk membuat sajian kali ini, silahkan siapkan wajan anda boleh menggunakan wajan bekas menggoreng tempe. Namun mungkin minyak sisa menggoreng tempe perlu anda tuangkan sebagian kedalam wadah lain karena yang kita butuhkan hanyalah sedikit minyak untuk menumis. 

  2. Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang merah bersama dengan bawang putih dengan merata hingga harum dan tercium bau yang enak. Kemudian setelah itu, tuangkan cabai hijau yang sudah dipotong-potong kedalamnya.

  3. Lalu aduk dengan merata semua sajian ini sampai tercampur dan merata hingga cabai menjadi lebih layu. Kemudian setelah itu, kucuri dengan kecap manis dengan merata.

  4. Tambahkan saus tiram kedalamnya dan aduk dengan merata menggunakan spatula. Pastikan agar bumbu yang anda masukkan merata dengan sempurna pada bahan-bahan yang anda masak.

  5. Setelah itu, baru tuangkan tempe kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata agar semua bumbu tercampur. Bubuhi bahan ini dengan menggunakan bumbu yakni gula pasir dan juga garam. Lalu aduk-aduk dengan merata semua sajian ini.

  6. Masukkan air kedalam tumisan dan aduk sajian ii sampai meresap dan merata. Lalu setelah itu, angkat hidangan ini dari wajan dan matikan kompor.

Catatan Resep

Setelah selesai maka tentunya hidangan ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat bersama dengan sepiring nasi hangat yang pulen.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons