Resep Tumis Tempe Bumbu Merah yang Nikmat dan Mudah

Resep Tumis Tempe Bumbu Merah yang Nikmat dan Mudah

Tempe adalah bahan makanan yang sudah tidak lagi asing ditelinga masyarakat Indonesia. Sajian yang dibuat dari bahan dasar kacang kedelai ini tentu menjadi bahan makanan yang sehat karena sumber protein yang ada didalamnya. Bagi para pelaku vegetarian dan non vegetarian, hidangan tempe akan bisa dijadikan makanan yang nikmat.

Apalagi bila dibumbui dengan benar dengan rasio bumbu yang pas. Maka tentu saja hidangan ini akan mampu menghasilkan sajian masakan yang enak dan lezat. Salah satunya adalah kreasi tumis tempe bumbu merah kali ini. Nah, bagi ibu yang ingin meniru resep ini di rumah maka mari simak informasi resepnya dibawah ini hanya untuk anda. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword Tempe bumbu merah, tempe tumis
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 25 menit
Total Waktu 35 menit
Porsi 4 Orang
Kalori 198 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 350 gram tempe
  • 1 sendok makan rebon
  • 1 sendok makan petai cina
  • 1 cm lengkuas memarkan
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun salam
  • 250 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Bumbu yang Ditumbuk:

  • 5 butir bawang merah
  • 1 cm kencur
  • 3 buah cabai merah besar
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keriting

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Tumis Tempe Bumbu Merah yang Nikmat dan Mudah:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan-bahan. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan pada resep yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum dicampurkan dan dimasak dengan sajian lainnya. 

  2. Bahan pertama pada resep yang perlu diolah adalah tempenya. Sajian ini dapat anda potong terlebih dahulu dengan bentuk kotak. Gunakan pisau dan lakukan diatas tatakan untuk memudahkan anda melakukannya.

  3. Setelah itu, panaskan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Panaskan dengan menggunakan api yang sedang kemudian masukkan potongan tempe kedalamnya dan goreng sampai berkulit.

  4. Bila sudah matang maka angkat dengan menggunakan serokkan dan sisihkan dalam wadah sebelum anda mencampurkan bahan ini dengan bumbu-bumbu lainnya.

  5. Selesai mengolah tempe, selanjutnya silahkan siapkan rebon dan nyalakan kompor. Lalu gunakan wajan yang baru dan panaskan dengan api kecil tanpa menggunakan minyak. Silahkan sangrai rebon dengan merata sampai matang dan kekuningan. Angka lalu sisihkan. 

Cara Membuat Tumis Tempe Bumbu Merah yang Nikmat dan Mudah:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah wajan boleh menggunakan wajan bekas menggoreng tempe. Hanya saja, gunakan minyak sedikit saja untuk menumis. Panaskan minyak dengan api yang sedang pada kompor.

  2. Lalu tumis bumbu tumbuk yang sudah anda siapkan. Masukkan pula rempah tambahan seperti daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Kemudian masak dan tumis sajian ini sampai harum dan layu. 

  3. Masukkan tempe kedalam tumisan dan tambahkan petai cina bersama dengan rebon yang sudah disangrai. Aduk dengan merata dan bumbui sajian ini dengan menggunakan garam dan juga tambahan gula pasir. Lalu aduk merata semua bahan ini sampai tercampur.

  4. Selanjutnya silahkan masukkan air agar bumbu yang baru saja dimasukkan menjadi lebih larut dan merata. Masak sampai bumbu meresap kedalam tempe dan kuahnya agak surut.

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka anda akan dapat mematikan kompor dan sajikan hidangan tempe kali ini dalam piring. Untuk lebih nikmat silahkan taburkan bawang goreng diatasnya dengan merata.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons