Resep Tumis Kangkung Campur Teri yang Enak dan Cara Membuat yang Sederhana

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali jenis atau varian tumis kangkung yang biasa kita temukan atau yang biasa dibuat oleh para ibu rumah tangga.

Semua jenis kangkung tersebut tentunya memiliki keistimewaan tersendiri. Namun dari banyaknya jenis tumis kangkung tersebut, anda patut mencicipi salah satu tumis kangkung yang sederhana namn bercita rasa enak dan spesial. Ya tumis kangkung yang dimaksud yakni tumis kangkung yang dicampur dengan teri.

Tumis kangkung campur teri ini bisa dibuat dengan mudah di rumah. Bagi anda yang ingin membuatnya, di bawah ini kami sajikan resep dan cara membuat tumis kangkung campur teri yang enak.

Tumis kangkung teri

Nama Resep

Resep Tumis Kangkung Campur Teri yang Enak dan Cara Membuat yang Sederhana

4.8 198

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Tumis Kangkung Campur Teri yang Enak

Bahan Utama Tumis Kangkung Campur Teri

  • 250 gram kangkung
  • 75 gram teri nasi
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Tumis Kangkung Campur Teri Nasi

  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 3 buah cabai rawit
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok teh terasi goreng
  • 3 lembar daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • Gula merah sisir secukupnya

Cara Membuat Tumis Kangkung Campur Teri yang Enak

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Tumis Kangkung Campur Teri

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu, siangi kangkung yang telah disiapkan. Lalu cuci kangkung tersebut sampai bersih. Jika sudah tiriskan.
  2. Buang tulang daun jeruk nipis.
  3. Setelah itu satukan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai keriting dan terasi goreng pada cobek. Lalu tumbuk kasar bumbu-bumbu tersebut.

Cara Mengolah Teri

  1. Siapkan wajan di atas kompor. Lalu masukan minyak goreng secukupnya. Tunggu minyak goreng tersebut sampai panas.
  2. Jika telah panas, masukan teri nasi yang telah anda siapkan. Goreng teri nasi tersebut sampai matang.
  3. Apabila telah matang, angkat da tiriskan.

Cara Membuat/Memasak Tumis Kangkung Campur Teri

  1. Apabila bahan dan bumbu telah siap, maka langkah yang harus dilakukan yaitu siapkan wajan di atas kompor. Anda bisa menggunakan wajan yang sama seperti wajan yang digunakan untuk menggoreng teri. Manfaatkan minyak bekas menggoreng teri kurang lebih 3 sendok makan dan sisihkan sisanya. Atau anda pun bisa menggunakan minyak goreng baru. Panaskan minyk goreng tersebut. Jika minyak telah panas, masukan bumbu yang telah ditumbuk beserta daun jeruk. Aduk merata bumbu tersebut dan tumis sampai matang merata serta tercium harum.
  2. Apabila telah tercium harum, masukan kangkung yang telah disiangi dan dicuci. Aduk merata sampai kangkung layu dan menyatu dengan bumbu.
  3. Setelah itu, tambahkan air yang telah disiapkan. Tambahkan pula bumbu-bumbu seperti garam dan gula merah sisir. Aduk merata sampai bumbu larut.
  4. Masak kembali sampai semua bahan matang dan bumbu meresap.
  5. Menjelang diangkat, tambahkan teri nasi yang telah digoreng. Aduk kembali sampai teri tercampur sempurna atau merata. Jika sudah, anda bisa langsung mematikan kompor, mengangkat dan menyajikannya pada tempat saji yang tersedia.

Tumis kangkung teri ini sangat cocok disantap dalam keadaan hangat dengan nasi putih hangat. Dengan adanya tumis kangkung teri ini di meja makan, maka diharapkan nafsu makan anda beserta keluarga semakin bertambah.

Itulah resep dan cara membuat tumis kangkung campur teri nasi. Selamat mencoba di rumah dan semoga resep ini bermanfaat. Jika anda menyukai dengan resep tumis kangkung campur teri maka sudah sepatutnya jika anda membagikannya kepada orang yang ada di sekeliling anda, caranya dengan klik tonbol share yang tersedia.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons