Resep Tempe Mendoan Sambal Kecap

Resep Tempe Mendoan Sambal Kecap

Nikmati lezatnya hidangan tempe mendoan bumbu sambal kecap yang enak dan sedap di rumah anda. Sajian nikmat ini akan tentu dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana sebab langkahnya terbilang cukup mudah dan sederhana. Nah, untuk anda yang penasaran ingin tahu seperti apa saja resep dari sajian tempe mendoan sambal kecap yang enak? Mari simak informasi menariknya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword mendoan tempe
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 8 Buah
Kalori 187 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 175 gram tepung terigu protein sedang
  • 300 gram tempe
  • 200 ml air
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 2 batang daun bawang, diiris halus

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 cm kencur

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Tempe Mendoan Sambal Kecap:

  1. Untuk membuat sajian kali ini, terlebih dahulu memperhatikan langkah persiapan untuk membuat sajian kali ini. Langkah persiapan akan memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini. Langkah persiapan akan memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini. Untuk itu, mari simak langkah persiapan dibawah ini.

  2. Persiapan pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mengiris tempe dengan melebar. Siapkan sebuah pisau dan sebuah tatakan kemudian siapkan pula sebuah wadah. 

  3. Setelah selesai kemudian masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

  4. Haluskan dengan merata bumbu yang perlu dihaluskan. Anda bisa menggunakan ulekan atau menggunakan mesin blender untuk menghaluskan semua bahan dengan merata. 

Cara Membuat Tempe Mendoan Sambal Kecap:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara siapkan sebuah wadah. Lalu kemudian anda akan senantiasa menuangkan tepung terigu kedalamnya bersama dengan air. Aduk-aduk dengan merata semua sajian ini dengan merata.

  2. Masukkan pula bumbu halus kedalamnya dan tuangkan pula daun bawang kemudian aduk-aduk dengan merata semua sajian ini. Pastikan anda bisa memeriksa kekentalan yang cukup dari adonan yang anda buat. 

  3. Setelah selesai silahkan siapkan sebuah wajan dan panaskan dengan api sedang pada kompor. Setelah panas kemudian anda akan dapat menuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai panas dan merata.

  4. Celupkan terlebih dahulu tempe kedalam campuran tepung terigu yang sudah anda buat sebelumnya. Kemudian tiriskan sedikit dan masukkan dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan merata.

  5. Jangan lupa dibulak balik agar sajian ini matang dengan merata. Setelah gorengan tempe setengah matang kemudian anda akan dapat mengangkat sajian ini dengan menggunakan serokkan secara merata. Tiriskan terlebih dahulu minyaknya agar tidak terlalu banyak pada mendoan yang anda masak. 

  6. Untuk membuat sambal kecap anda akan dapat menyiapkan sebuah cobek dan masukkan kedalamnya bawang merah dan bawang putih sedikit saja. Tuangkan pula cabai sesuai dengan selera dan sedikit potongan jahe. Berikan gula dan garam untuk memberikan rasa pada sajian sambal kali ini. 

  7. Ulek sampai halus dan merata. Baru kemudian anda akan dapat mengucurkan kecap kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua sajian ini agar merata dan tercampur. Kini anda akan dapat menghidangkan mendoan dalam sebuah wadah atau piring. 

Catatan Resep

Sajikan pula sambal kecap dalam cobek bersama dengan mendoan yang sudah jadi. Dinikmati ketika masih hangat agar terasa lebih nikmat dan sedap.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons