Resep Talam Ubi Merah

Resep Talam Ubi Merah – Siapa yang tidak mengenal kue talam? Hidangan yang dikategorikan sebagai kue basah ini tentunya sudah sangat populer dan anda dapat menemukannya di pasar tradisional yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Kue talam sendiri merupakan kue tradisional yang berasal dari Betawi. Perpaduan umbi-umbian, santan, dan tepung sagu membuatnya memiliki tekstur kenyal yang sangat menggoda. Untuk cita rasanya, talam memiliki rasa manis yang dipadukan dengan rasa khas dari umbi-umbian seperti singkong ataupun ubi.

Selain itu, tampilan kue talam juga terlihat sangat menarik dengan beragam warna yang mencolok. Biasanya warna-warna tersebut dihasilkan dari pewarna alami atau buatan. Bentuknya yg kecil juga membuatnya terlihat lucu dan mudah untuk disantap.

Pada resep kali ini, kita akan membuat kue talam ubi merah. Sesuai dengan namanya, bahan baku utama yang akan kita gunakan adalah ubi sehingga resep ini sangat cocok untuk anda yang memiliki banyak stok ubi di rumah dan bingung untuk dibuat apa.

Langsung saja yuk kita simak resep talam ubi merah yang sangat menarik untuk dicoba di bawah ini!

Resep Talam Ubi Merah

Talam adalah salah satu kue tradisional dengan cita rasa manis dengan tekstur yang legit. Biasanya, anda dapat menemukan kue yang satu ini di pasar-pasar tradisional. Talam sangat cocok disajikan sebagai camilan yang ditemani dengan teh hangat. Selain itu, talam juga sering dijadikan sebagai salah satu hidangan dalam acara pesta atau syukuran.

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, resep kue talam, resep talam ubi, talam ubi merah
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

Bahan Baku Utama Talam:

  • 200 gram ubi merah
  • 200 ml susu cair
  • 70 gram tepung sagu
  • 30 gram tepung beras
  • 3 sendok makan gula halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • pewarna kue merah

Bahan Topping Talam

  • 180 ml santan kental
  • 15 gram tepung sagu
  • 30 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh garam

Langkah-langkah

Cara Pembuatan Talam

  1. Cuci dan kupas ubi merah hingga bersih.

  2. Potong ubi dengan potongan dadu berukuran kecil lalu kukus hingga matang. Selagi panas, haluskan ubi dengan menggunakan ulekan hingga halus dengan sempurna.

  3. Siapkan sebuah wadah besar, campurkan ubi yang telah dihaluskan, gula, susu cair, tepung beras, tepung sagu, dan garam. Gunakan kocokan kawat atau whisk untuk mencampurkan semua bahan.

  4. Setelah semua bahan tercampur dengan baik dan tekstur adonan kalis, tambahkan pewarna merah sesuai selera.

  5. Siapkan cetakkan kue talam yang berebntuk mangkuk-mangkuk kecil, olesi cetakan dengan sedikit minyak agar talam mudah terlepas.

  6. Tuang adonan talam ke dalam cetakan hingga memenuhi 2/3 bagian cetakan.

  7. Panaskan kukusan dan setelah cukup panas, susun cetakan talam lalu kukus sekitar 10 menit.

Cara Pembuatan Topping Talam

  1. Siapkan mangkuk, aduk semua bahan topping menjadi satu hingga merata dengan baik.

  2. Tuang campuran bahan topping ke atas adonan talam yang sudah dikukus tadi hingga memenuhi bagian cetakan, lalu kukus kembali selama sekitar 15 menit.

  3. Keluarkan talam dari cetakan lalu sajikan.

Talam merah biasanya disajikan sebagai cemilan atau suguhan pada acara-acara besar. Tentunya anda dapat menjadikan kue talam untuk teman cemilan anda sembari menikmati teh hangat.

Walaupun tegolong sebagai kue tradisional, talam ubi masih banyak digemari karena kelezatannya yang khas. Selamat mencoba membuat talam ubi merah di rumah!

(Baca juga: Resep Onde-Onde Ketawa)

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Lemper Abon Sapi Kukus yang Enak, Sederhana dan Spesial

Tinggalkan komentar

Rating Resep