Resep Talam Keju

Resep Talam Keju – Sebagian besar dari anda tentunya sudah mengenal atau bahkan mencicipi kue talam. Kue yang satu ini memang merupakan salah satu jenis sajian tradisional yang banyak digemari dan mudah ditemukan dimana saja.

Perpaduan rasa manis dan gurih dari kue talam membuatnya sangat lezat. Terlebih teksturnya yang lembut dan bentuknya yang imut semakin memberikan sensasi yang nikmat saat anda menyantapnya.

Kue talam pada umumnya dijadikan sebagai cemilan yang sangat cocok untuk disajikan bersapa teh tawar hangat. Selain itu, kue talam juga sering dijadikan sebagai jamuan dalam berbagai acara.

Bahan baku utama yang dibutuhkan untuk membuat kue talam diantaranya yaitu tepung beras, santan, dan gula pasir. Kue talam juga sering dibuat dengan menambahkan pewarna alami untuk mempercantik tampilan dan memperkaya cita rasanya.

Pada resep kue talam kali ini, kita akan menggunakan keju sebagai salah satu bahan bakunya yang membuatnya cocok untuk anda yang ingin menikmati talam dengan cita rasa yang lebih modern. Cara membuatnya juga sangat mudah dan praktis.

Yuk kita simak resep talam keju di bawah ini!

Resep Talam Keju

Bagi anda penggemar kue basah atau jajanan tradisional, anda pasti sudah pernah mencicipi kelezatan kue talam. Ya, kue yang satu ini identik dengan bentuknya yang imut-imut dengan dua lapisan warna yang berbeda. Kue talam dapat memiliki cita rasa asin ataupun manis yang menjadikannya salah satu hidangan yang mudah dimodifikasi. Pada resep kali ini, kita akan menggunakan keju sebagai salah satu bahan baku untuk membuat kue talam yang memperkaya cita rasanya!

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, resep kue talam, resep talam keju
Waktu Memasak 1 hour 30 minutes
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

Bahan untuk lapisan bawah:

  • 100 gram tepung beras
  • 300 ml santan
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan untuk lapisan atas:

  • 50 gram tepung beras
  • 200 ml santan
  • 30 gram keju parut
  • 1/4 sendok teh garam

Langkah-langkah

Cara membuat lapisan bawah:

  1. Siapkan panci lalu rebus santan hingga mendidih. Tambahkan gula dan garam lalu aduk hingga semua bahan larut. Matikan api lalu biarkan dingin.

  2. Setelah cukup dingin, masukkan tepung beras dan pasta pandan lalu aduk hingga merata.

Cara membuat lapisan atas:

  1. Dalam panci terpisah, rebus santan untuk membuat lapisan atas hingga mendidih. Tambahkan keju parut dan garam lalu aduk sampai semua bahan tercampur. Biarkan hingga dingin.

  2. Setelah dingin, tambahkan tepung beras lalu aduk hingga merata.

Proses pembuatan talam:

  1. Panaskan kukusan dan olesi cetakan talam dengan minyak goreng secukupnya.

  2. Isi 3/4 bagian cetakan dengan adonan bagian bawah lalu kukus selama 15 menit.

  3. Setelah 15 menit, penuhi cetakan dengan adonan bagian atas lalu kukus lagi selama kurang lebih 35 menit hingga talam matang.

  4. Angkat talam dari kukusan setelah matang lalu biarkan dingin. Keluarkan talam dari cetakan, tata di atas piring lalu taburi dengan keju parut.

Demikianlah resep kue talam dengan inovasi penambahan keju sebagai bahan bakunya. Penggunaan keju tersebut tentunya semakin melezatkan sajian kue talam diatas apalagi dengan ditambahkan pasta pandan. Anda dapat menikmati perpaduan cita rasa modern dan tradisional dalam satu sajian.

Oleh karena, itu tunggu apalagi? Yuk kita coba buat kue talam keju di rumah yang sangat cocok untuk dijadikan cemilan hari ini!

(Baca juga: Resep Pastel Manis)

Baca Juga  Resep Pie Tanpa Panggang

Tinggalkan komentar

Rating Resep