Resep Tahu Crispy

Resep Tahu Crispy – Tahu bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, baik untuk menu makan ataupun cemilan. Salah satu cara sederhana dan paling mudah mengolah tahu yaitu dengan menggorengnya. Bahkan tahu goreng bisa dikreasikan untuk mendapatkan sajian yang lebih lezat, sebelum digoreng tahu bisa dilapisi dengan menggunakan campuran tepung terigu dan bahan lainnya agar hasilnya lebih crispy. Bisa anda jadikan sebagai teman makan nasi ataupun hanya cemilan ringan. Yuk buat tahu crispy di rumah, berikut resep tahu crispy yang dapat anda simak.

Tahu crispy dibuat dengan dilapisi menggunakan bahan lapisan dari tepung, tepung kanji, soda kue, garam dan penyedap rasa. Tahu direndam terlebih dahulu dalam air garam. Kemudian digoreng sampai setengah matang. Selanjutnya dilapisi menggunakan bahan pelapis, lalu digoreng lagi sehingga hasilnya lebih crispy dan enak.

Resep Tahu Crispy

Tahu crispy dibuat dengan dilapisi menggunakan bahan lapisan dari tepung, tepung kanji, soda kue, garam dan penyedap rasa. Tahu direndam terlebih dahulu dalam air garam. Kemudian digoreng sampai setengah matang. Selanjutnya dilapisi menggunakan bahan pelapis, lalu digoreng lagi sehingga hasilnya lebih crispy dan enak.

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep tahu, masakan tahu, resep tahu
Waktu Persiapan 10 minutes
Waktu Memasak 45 minutes
Porsi 1 porsi
Kalori 238 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 kotak tahu
  • ¾ gelas air
  • 1 sdm tepung kanji
  • 3 sdm tepung segitiga biru
  • Penyedap rasa secukupnya
  • ½ sdt soda kue
  • Garam secukupnya
  • Minyak

Langkah-langkah

Cara Membuat Tahu Crispy

  1. Setelah semua bahan siap, anda dapat langsung mengolah tahu crispy. Silakan ambil tahu yang sudah disediakan. Lalu potong membentuk dadu sesuai selera.

  2. Selanjutnya, ambil mangkuk dan tuangkan air ke dalamnya. Masukan garam secukupnya. Aduk merata hingga garam larut.

  3. Potongan tahu silakan direndam dengan menggunakan air garam selama kurang lebih 3 menit.

  4. Pada wadah yang berbeda silakan campurkan bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung terigu, penyedap rasa, soda kue dan air. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan merata.

  5. Setelah itu, siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng. Panaskan.

  6. Jika minyak sudah panas, anda bisa memasukan tahu yang sudah direndam dengan air garam. Goreng tahu hingga setengah matang. Setelah seperti itu, silakan angkat dan tiriskan.

  7. Tahu silakan dilumuri dengan menggunakan adonan bumbu hingga terbalut merata.

  8. Silakan goreng lagi tahu hingga kering.

  9. Jika sudah seperti itu, anda bisa mengangkat dan meniriskannya. Lalu sajikan pada tempat saji.

Catatan Resep

Tips Membuat Tahu Crispy

Ketika membuat tahu crispy, walaupun cara membuatnya mudah namun terkadang hasilnya tidak seperti yang diinginkan. Dimana tahu  tidak renyah atau crispy seperti yang diinginkan. Nah, agar sajian tahu crispy lebih enak dan tentunya lebih garing, anda bisa simak tipsnya di bawah ini.

  • Agar kadar air pada tahu berkurang anda harus menekan tahu. Anda dapat menggunakan piring datar. Pastikan tahu benar-benar kering agar nantinya tahu crispy dan garing. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan tisu dapur saat menekan tahu supaya kadar airnya berkurang. Supaya tahu tidak hancur, anda harus melakukannya dengan hati-hati.
  • Agar gorengan lebih tahan lama dan renyah, salah satu tipsnya yaitu dengan memakai tepung terigu protein sedang.
  • Selain memakai tepung terigu protein sedang, gunakan juga tepung tapioka untuk campuran bahan pelapis. Tepung tapioka akan membuat gorengan renyah lebih tahan lama meskipun sudah dingin. Selain itu, gorengan juga hasilnya akan menjadi berongga, serta bersarang.
  • Tips membuat tahu krispi lainnya yaitu dengan menggunakan baking powder dalam adonan bahan pelapis. Dengan bahan ini adonan akan menjadi bervolume dan hasilnya renyah.
  • Goreng tahu dengan menggunakan minyak yang banyak. Apabila sudah digoreng, tahu bisa ditiriskan pada rak kawat. Langsung menyimpan tahu crispy yang sudah digoreng akan membuat kerenyahan tahu berkurang.

Sajian tahu crispy sudah selesai dibuat. Anda bisa menikmatinya dengan saus sambal atau  bubuk cabai. Selain itu, anda juga bisa memadukannya dengan bumbu cabai garam. Selamat mencoba di rumah.

Lihat juga : Resep Batagor Bandung Enak

 

Baca Juga  Resep Pangsit Goreng yang Renyah, Gurih dan Lezat

Tinggalkan komentar

Rating Resep