Resep Tahu Bulat

Resep Tahu Bulat – Sesuai namanya, olahan tahu ini bentuknya bulat.

Ketika digoreng tahu ini akan mengembang dari ukuran asalnya. Rasanya gurih dan enak, apalagi jika dinikmati dengan nasi hangat. Selain itu, juga bisa dijadikan kudapan dengan tambahan bumbu bubuk. Yuk coba buat tahu bulat sendiri di rumah. Berikut resep tahu bulat dan cara membuatnya yang mudah.

Lihat juga : Resep Tahu Bacem Nikmat

Resep Tahu Bulat

Tahu bulat terbuat dari tahu putih yang dihancurkan. Kemudian tahu diperas dan ditambahkan aneka bahan dan bumbu. Lalu sebelum digoreng didiamkan selama beberapa saat dalam kulkas. Setelah itu tahu digoreng dalam minyak panas hingga mengembang.

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword Olahan Tahu Bulat, Resep Tahu Bulat, Tahu Bulat
Waktu Persiapan 15 minutes
Waktu Memasak 1 minute
Porsi 6 porsi
Kalori 35 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 10 buah tahu putih
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah

Cara Membuat Tahu Bulat

  1. Silakan ambil tahu yang sudah anda sediakan. Lalu tahu dicuci hingga bersih. Jika sudah, tiriskan.

  2. Kemudian hancurkan tahu dengan menggunakan garpu. Lalu peras tahu memakai serbet atau kain bersih hingga airnya keluar.

  3. Tahu yang sudah dihancurkan silakan campurkan dengan kuning telur, bubuk kaldu, baking powder dan lada bubuk. Aduk-aduk adonan tahu sampai tercampur dengan merata serta tahunya menjadi halus. Silakan anda cicipi dan sesuaikan rasanya.

  4. Adonan tahu yang sudah anda buat bentuk bulat menggunakan tangan sampai licin dan halus.

  5. Supaya ukuran tahu seragam, anda bisa menimbangnya terlebih dahulu masing-masing bulatan sebanyak 30 gram.

  6. Bola-bola tahu yang sudah dibuat silakan disimpan dalam wadah yang kedap udara. Lalu simpan dalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih 3 hingga 4 jam.

  7. Tahu dikeluarkan dan diamkan sampai suhunya naik sesuai dengan suhu ruangan.

  8. Siapkan wajan dan tuangkan minyak yang banyak dalam wajan, panaskan menggunakan api sedang.

  9. Setelah minyak panas, masukan bola-bola tahu dan goreng sambil dibolak-balikan sampai berubah warna menjadi kecoklatan.

  10. Jika sudah seperti itu, anda bisa mengangkat dan meniriskannya terlebih dahulu.

  11. Terakhir silakan sajikan pada tempat saji.

Catatan Resep

Tips Membuat Tahu Bulat Agar Mekar Sempurna

Yuk simak beberapa tips membuat tahu bulat agar mekar sempurna seperti berikut ini.

  • Tahu bulat terbuat dari tahu putih. Supaya tahu lebih mudah dibentuk menjadi bulatan, maka tahu harus dihancurkan dan airnya diperas sampai kering. Jika anda membeli tahu putih di pasar, tahu biasanya dibungkus dengan menggunakan kain putih. Dimana kain ini bisa anda manfaatkan untuk memeras tahu putih.
  • Dengan menggunakan kuning telur, tahu bulat dapat mengembang dengan sempurna. Akan tetapi, biasanya setelah dingin tahu bulat akan menjadi kempes. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan pengembang seperti baking powder.
  • Dengan tambahan kaldu bubuk, rasa dari tahu bulat memang sudah enak. Hanya saja, jika ingin rasa tahu bulat lebih kaya, anda bisa menambahkan aneka bumbu bubuk seperti bawang putih bubuk, merica bubuk, bawang merah bubuk dan lain sebagainya sesuai dengan selera.
  • Sebelum digoreng tahu dapat didiamkan terlebih dahulu dalam kulkas. Antara satu bulatan tahu dan bulatan lainnya tambahkan jarak.
  • Tahu bulat digoreng dengan menggunakan minyak yang banyak serta api sedang atau justru kecil. Ini dilakukan agar tahu dapat mengembang dengan perlahan dan tidak mudah kempes. Minyak panaskan dengan menggunakan api sedang. Saat minyaknya sudah panas silakan masukan tahu bulat. Agar matang dengan merata tahu bulat harus dibolak-balik saat digoreng. Biasanya proses menggorengnya selama sekitar 10 hingga 15 menit.
  • Apabila permukaannya warnanya sudah menjadi kecoklatan, tidak ada tanda-tanda kempes dan mengembang di permukaan minyak berarti tandanya isinya sudah kopong. Anda bisa langsung mengangkatnya.

Itulah resep dan cara membuat tahu bulat di rumah. Selamat mencoba.

Baca Juga  Aneka Resep Tofu yang Lezat dan Sedap Untuk Menu Makan

Tinggalkan komentar

Rating Resep