Resep Tahu Bakso Lezat

Resep Tahu Bakso Lezat – Ingin menyajikan cemilan yang lezat dan spesial untuk keluarga di rumah? Anda bisa menyajikan tahu bakso. Tahu bakso itu sendiri terbuat dari tahu dan kombinasi bakso. Rasanya enak dan gurih, serta teksturnya kenyal.

Ada banyak penjual tahu bakso, baik yang sudah matang atau tahu bakso frozen. Namun, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya mudah dan bahannya praktis.  Nah, berikut ini kami hadirkan resep dan cara membuat tahu bakso lezat untuk anda.

Lihat juga : Resep Tahu Bacem Nikmat

Resep Tahu Bakso Lezat

Tahu bakso terbuat dari bahan dasar daging giling dengan menggunakan campuran tepung, serta bumbu. Kemudian adonan baso dimasukan ke dalam tahu. Selanjutnya direbus hingga matang. Bisa disajikan langsung ataupun digoreng hingga matang.

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep tahu, resep tahu, tahu bakso
Waktu Persiapan 9 minutes
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 20 porsi
Kalori 192 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 20 biji tahu goreng
  • 500 gram daging sapi
  • 150 gram tepung tapioka
  • 5 biji ice cube

Bumbu yang Dihaluskan

  • 6 siung bawang putih
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • Garam secukupnya

Bumbu Untuk Air Rebusan

  • 2 siung bawang putih
  • ½ sendok makan garam
  • Air secukupnya

Langkah-langkah

Cara Membuat Tahu Bakso

  1. Pertama-tama, silakan giling daging yang sudah anda siapkan baik secara manual ataupun dengan menggunakan food processor. Giling daging sampai setengah halus.

  2. Selanjutnya masukan es batu, bumbu yang sudah dihaluskan dan tepung kanji. Giling lagi adonan hingga benar-benar halus.

  3. Selanjutnya ambil sendok berukuran kecil. Lalu ambil adonan bakso dengan sendok dan masukan ke dalam tahu. Anda harus mengisinya sampai benar-benar penuh.

  4. Lakukan langkah yang sama sampai semua tahu terisi. Jika sudah sisihkan terlebih dahulu.

  5. Setelah itu, silakan siapkan panci. Lalu masukan air ke dalamnya. Lalu didihkan air dengan bumbu untuk rebusan.

  6. Jika air sudah benar-benar mendidih, silakan masukan tahu. Rebus tahu selama kurang lebih 20 menit hingga tahu benar-benar matang dan mengapung.

  7. Apabila sudah seperti itu, silakan tahu diangkat dan tiriskan. Terakhir anda bisa menyajikannya ketika sudah dingin dengan tambahan sambal.

  8. Selain bisa disajikan langsung, anda juga bisa menyajikannya dengan cara digoreng. Silakan kocok telur sebanyak 1 butir.  Lalu tahu silakan dibalur dan gulingkan dalam telur tersebut.

  9. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng. Panaskan. Setelah minyak panas, masukan tahu dan goreng sebentar.

  10. Terakhir anda bisa langsung mengangkatnya.

Catatan Resep

Tips Menyimpan Tahu Bakso

Jika anda membuat tahu bakso dalam jumlah banyak, maka anda harus menyimpannya dengan cara yang benar agar tahan lama. Nah, berikut ini tips menyimpan tahu bakso yang dapat anda simak.

  • Tahu bakso yang sudah dikukus hanya bertahan selama satu hari jika disimpan dalam suhu ruang. Olah karena itu, anda bisa menyimpan tahu bakso dalam lemari es. Gunakan wadah yang kedap udara ataupun menggunakan plastik vakum untuk wadahnya. Ini dilakukan supaya tidak terkena tetesan air pada lemari es.
  • Selain disimpan dalam lemari es, tahu bakso juga bisa disimpan dalam freezer. Jika tahu bakso disimpan dalam freezer, maka akan bertahan selama 2 hingga 3 minggu. Untuk wadah yang digunakan, anda bisa memakai wadah seperti menyimpan tahu bakso dalam lemari es.

Demikian resep dan cara membuat tahu bakso, beserta tips menyimpannya yang baik dan benar. Selamat mencoba.

Baca Juga  Resep Bakso Goreng yang Gurih

Tinggalkan komentar

Rating Resep